Home/Tips Bisnis/Ketahui Perbedaan Webinar dan Seminar
Total Views: 297|Daily Views: 1

Ketahui Perbedaan Webinar dan Seminar

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Tentunya Anda pernah melihat suatu iklan ataupun poster yang berisikan tulisan “Undangan Webinar” akan tetapi pada tulisan acaranya ditulis workshop dan pada link pendaftaran online ditulis “pelatihan”. Padahal ada perbedaan webinar dan seminar serta workshop karena ketiganya merupakan kegiatan yang berbeda.

Untuk menambah pengetahuan Anda maka berikut ini adalah pengertian diantara kegiatan tadi supaya perbedaan webinar dan workshop dapat diketahui dengan lebih jauh.

Perbedaan Seminar, Webinar, dan Workshop

Perbedaan diantara ketiganya dapat dilihat pertama dari pengertian dari masing-masing kegiatan tadi. Sehingga dengan mengetahui pengertian tersebut Anda lebih paham.

  • Pengertian Seminar

Seminar mungkin kegiatan yang berguna menyampaikan sebuah karya ilmiah dari pakar ataupun peneliti yang kemudian dipresentasikan ke peserta. Jalannya suatu seminar ini dipandu maupun dipimpin moderator.

Dalam seminar para pembicaranya yaitu para pakar serta ahli yang membahas masalah ataupun tema tertentu tadi. Peserta menjadi penyimak maupun penonton paparan dari narasumber yang diberikan kesempatan bertanya.

  • Pengertian Webinar

Webinar merupakan seminar yang dilakukan dengan cara online atau daring. Webinar ini merupakan singkatan website dan seminar. Kegiatan ini memerlukan bantuan berupa aplikasi Zoom dan aplikasi lain sejenis.

Webinar ini memungkinkan antara pengisi materi atau pembicara memberikan informasi yang dimiliki dengan jarak jauh melalui internet maupun media elektronik lainnya. Jadi perbedaan webinar dan seminar tergantung dari media yang digunakan.

  • Pengertian Workshop (Lokakarya)

Di dalam bahasa Indonesia workshop disebut dengan lokakarya yang merupakan sebuah pertemuan ilmiah kecil. Nanti di dalam lokakarya terdapat beberapa orang yang berkumpul guna memecahkan suatu masalah tertentu serta mencari solusinya.

Narasumber di dalam workshop akan menjelaskan teori serta menyatukan persepsi para peserta guna bersama dalam memecahkan suatu masalah melalui solusi.

Pentingnya Seminar Dan Workshop di Dunia Bisnis

Seminar ataupun webinar bisnis adalah sebuah event yang bisa membantu Anda dalam memulai sebuah usaha baru ataupun mengembangkan bisnis yang telah berjalan guna menjadi lebih baik dan besar dibandingkan sebelumnya.

Di dalam event seminar ataupun workshop tema dan topik seminar bisnis sudah ditentukan sebelumnya dengan jelas serta terperinci guna menentukan pemateri berpengalaman yang tentunya disesuaikan dengan tema ataupun topik dan dikonsepkan di seminar bisnis yang sudah digelar.

Walaupun begitu sayangnya banyak orang yang masih beranggapan jika kegiatan tersebut adalah sesuatu yang sia-sia. Hal tadi karena banyak pengusaha sukses yang mengatakan keberhasilannya pure dari modal nekat.

Memang benar jika dihitung terdapat beberapa pengusaha sukses yang berhasil karena pure modal nekat. Namun selebihnya banyak penguasa sukses yang meraihnya dengan strategi serta perhitungan matang guna mengembangkan usaha dan salah satunya dapat diperoleh melalui seminar ataupun workshop.

Baca juga:

Manfaat Mengikuti Seminar Bisnis

Bagi Anda yang masih ragu untuk mengikuti seminar ataupun workshop bisnis berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda ambil.

  • Memberikan informasi terbaru soal dunia bisnis

Hampir seluruh lembaga penyedia seminar bisnis akan memberikan informasi terbaru seputar dunia usaha serta peluangnya pada setiap pertemuan.  Tentunya ketika Anda mengikuti seminar usaha pada area tempat usaha atau bisnis beroperasi maka informasi terkait perkembangan bisnis tadi akan bermanfaat.

Melalui informasi tersebut Anda dapat menentukan langkah di dalam bisnis yang Anda jalankan. Hal itu karena informasi tadi adalah data Analisis perkembangan bisnis yang ada selama setahun belakang maupun lebih.

  • Memperoleh informasi, pengalaman, ilmu, dan inovasi baru

Seminar ataupun workshop tadi akan mendatangkan seorang pemateri sukses yang telah memiliki banyak pengalaman sesuai tema seminar yang sedang digelar. Pemateri dengan kualifikasi terpercaya tentunya ilmu serta pengalaman yang dibagikan dalam seminar tadi akan memberikan manfaat.

BACA  Manfaat dan Contoh Buku Besar Perusahaan Dagang

Dalam seminar bisnis maka nada yang namanya sesi tanya jawab sehingga Anda bisa menanyakan seluruh hal yang Anda belum pahami soal dunia bisnis ini pada pakarnya secara langsung.

Persiapan Melakukan Seminar

Setelah mengetahui Bedanya webinar dan seminar tentunya sebagai salah satu langkah untuk mengembangkan bisnis dengan mengadakan promosi produk. Tentunya dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini Anda bisa melakukan seminar secara online atau yang dikenal dengan sebutan webinar.

Webinar adalah salah satu pilihan terbaik karena pertemuan dilakukan secara online namun bisa menghadirkan banyak orang untuk ikut berpartisipasi walaupun lokasinya berbeda-beda. Tentu saja dalam hal jangkauan akan lebih luas dibandingkan pertemuan fisik.

Untuk Anda yang tertarik mengembangkan bisnis melalui webinar maka terdapat beberapa tahapan yang perlu dijalankan seperti berikut ini.‍

  • Menentukan topik

Ini adalah sebuah langkah penting yang perlu dilakukan. Penentuan topik pembahasan dapat Anda ambil melalui beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan para audiens soal usaha yang tengah dijalani.

Hal ini tentunya memiliki tujuan supaya banyak audiens yang berpartisipasi guna menumbuhkan rasa percaya kepada perusahaan.

  • Memilih perangkat penunjang

Berbagai peralatan penunjang yang penting yaitu koneksi internet dan komputer. Hal lain yang perlu dipertimbangkan perihal daya tampung audiens, biaya, kemudahan untuk mengakses perangkat tadi yang mana direncanakan secara matang supaya acara bisa berlangsung dengan maksimal.

  • Merancang materi

Setelah Anda menentukan topik yang nantinya akan dibahas maka Anda harus memikirkan bagaimana topik tadi bisa tersampaikan secara baik untuk para audiens. Terdapat banyak tipe yang dapat Anda lakukan yaitu presentasi, diskusi, dan memakai sistem tanya jawab. Tentunya masing-masing tipe harus dipersiapkan dengan matang

  • Tentukan waktu pelaksanaan

Waktu adalah hal penting lainnya yang dapat diperhatikan. Sekiranya Anda bisa menentukan perihal waktu event yang mana para audiens bisa memiliki waktu senggang supaya lebih banyak yang datang berpartisipasi.

Berbicara mengenai waktu tentunya lebih fleksibel dan ini menjadi perbedaan webinar dan seminar yang perlu diketahui.

  • Mempromosikan webinar

Setelah semuanya berhasil direncanakan secara baik maka sudah saatnya mempromosikan event Anda ke banyak orang. Kalian dapat membuat iklan maupun brosur yang bisa dipromosikan ke banyak platform.

Jangan lupa memastikan semua informasi terkait webinar tadi terpampang jelas seperti topik, waktu, sampai pemateri di dalam event.

  • Persiapkan rencana cadangan

Tentunya Anda tidak mengetahui perihal situasi serta kondisi yang ada di depan. Jadi untuk menghindari suatu kondisi yang tidak Anda inginkan maka sebisa mungkin untuk selalu mempersiapkan rencana cadangan.

  • Evaluasi

Setelah menyelesaikan acara tersebut sebaiknya jangan pernah dilupakan begitu saja kecuali ada tanggapan oleh para audiens soal event yang telah dilaksanakan. Jangan lupa untuk meminta feedback setelah acara selesai dilakukan dan bisa lakukan evaluasi.

Jadi itulah informasi yang perlu Anda ketahui terkait perbedaan webinar dan seminar melalui pengertian diatas dan juga mengenai workshop.

Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.

OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!

banner hitoko