Home/Tips Bisnis/Tujuan Segmentasi Pasar untuk Perkembangan Bisnis
Total Views: 195|Daily Views: 1

Tujuan Segmentasi Pasar untuk Perkembangan Bisnis

tujuan segmentasi pasar

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Memetakan pasar merupakan hal yang sangat penting di dalam bisnis. Setelah pasar dipetakan, maka selanjutnya Anda perlu membaginya atau melakukan segmentasi. Namun, apakah Anda sudah mengetahui tujuan segmentasi pasar tersebut?

Banyak pebisnis yang belum atau keliru memahami tujuan dari membagi pasar ke dalam beberapa segmentasi. Hal ini membuat kegiatan ini menjadi tidak memberikan manfaat terhadap kemajuan bisnis di masa mendatang.

Tentu Anda tidak ingin mengalami hal ini bukan? Maka simak penjelasan mengenai tujuan membagi pasar ke dalam beberapa segmentasi berikut ini.

Pengertian Segmentasi Pasar

Sebelum membahas mengenai tujuan membagi pasar ke beberapa segmentasi, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai segmentasi pasar itu sendiri.

Sebab, segmentasi bukan hanya kegiatan membagi pasar ke beberapa segmentasi secara sembarangan. Lebih daripada itu, kegiatan ini merupakan bagian dari strategi bisnis yang perlu dilakukan seorang pebisnis.

Segmentasi merupakan kegiatan untuk mengelompokkan pasar ke dalam kategorisasi tertentu seperti jenis kelamin, umur, pekerjaan dan sebagainya.

Tujuan dari Segmentasi Pasar

tujuan segmentasi pasar

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa segmentasi pasar adalah salah satu strategi penting di dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, kegiatan ini memiliki beberapa tujuan penting yaitu sebagai berikut:

1. Memahami Kondisi Pasar

Dengan membagi pasar ke dalam beberapa segmen, Anda akan lebih mudah untuk memahami kondisi pasar. Kondisi yang dimaksud seperti potensi pasar, daya beli pasar, kecenderungan pasar, perilaku pasar dan sebagainya.

2. Menentukan Target Pasar

Tidak ada produk yang akan disukai oleh semua orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk membagi pasar berdasarkan kategorisasi tertentu sehingga mampu menentukan target pasar secara tepat.

3. Memahami Calon Konsumen

Keberhasilan sebuah bisnis sangat ditentukan oleh kemampuan untuk memahami calon konsumen. Semakin sesuai pemahaman terhadap calon konsumen, maka Anda akan semakin mudah menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Dengan melakukan segmentasi, Anda akan lebih mudah untuk memahami calon konsumen. Sebab Anda bisa mengelompokkan calon konsumen berdasarkan karakteristik dan kebutuhan yang sama.

Manfaat Segmentasi Pasar dalam Bisnis

tujuan segmentasi pasar

Selain tujuan di atas, kegiatan membagi pasar ke dalam beberapa segmentasi juga akan memberikan manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat segmentasi pasar untuk bisnis.

1. Membantu Menentukan Strategi Terbaik

Dengan memahami pasar, Anda bisa menentukan strategi terbaik untuk mendapatkan perhatian mereka. Hal ini akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan produk.

2. Membantu Mengenali Kompetitor Bisnis

Membagi pasar ke dalam beberapa segmentasi akan membantu Anda untuk mengenali kompetitor. Sebab Anda bisa melihat bisnis lain yang juga memiliki target pasar serupa dengan Anda.

3. Membuka Peluang Pertumbuhan Bisnis

Dengan membagi pasar berdasarkan segmentasi tertentu, Anda bisa mengetahui peluang bisnis di masa mendatang. Misalnya dengan mengembangkan produk baru yang lebih sesuai dengan segmentasi pasar tertentu.

Jenis-jenis Segmentasi Pasar

Proses membagi pasar ke dalam segmentasi terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis segmentasi pasar yang dapat Anda lakukan.

1. Demografis

Segmentasi demografis adalah membagi pasar berdasarkan aspek demografi meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan dan lain sebagainya.

2. Psikografis

Segmentasi psikografis adalah membagi pasar berdasarkan aspek psikologis. Untuk bisa melakukan hal ini, Anda perlu memahami pasar dengan lebih mendalam.

3. Perilaku

Segmentasi perilaku adalah membagi pasar berdasarkan perilaku belanja. Hal ini meliputi respon terhadap produk tertentu, kebiasaan belanja dan lain sebagainya.

Syarat Menentukan Segmentasi Pasar

tujuan segmentasi pasar

Terdapat beberapa syarat dalam membagi pasar ke beberapa segmentasi yaitu sebagai berikut.

  1. Kelompok pasar dapat terukur
  2. Kelompok pasar dapat dibedakan
  3. Logis serta mampu bisnis Anda jangkau
  4. Skala yang cukup besar atau luas untuk menjadi target pasar
  5. Berpotensi memberikan keuntungan pada bisnis

Cara Menentukan Segmentasi Pasar

Setelah memahami kegunaan segmentasi pasar, maka sekarang Anda perlu mengetahui caranya. Sebenarnya untuk melakukan kegiatan ini tidak begitu sulit.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami pasar secara umum terlebih dahulu. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk hal ini seperti menggunakan survei, wawancara, menggunakan data dan lain sebagainya.

Setelah memahami pasar secara umum, maka selanjutnya Anda bisa melakukan analisis. Anda dapat membagi pasar ke dalam beberapa kelompok sesuai kebutuhan.

Setelah itu, Anda bisa menentukan segmentasi yang sesuai dengan bisnis Anda. Contoh segmentasi pasar jika Anda menjual produk berupa baju bayi adalah Ibu-ibu muda berusia 25 – 35 tahun yang baru memiliki anak.

Manfaatkan Analisis Segmentasi dengan Omnichannel

tujuan segmentasi pasar

Proses segmentasi akan membantu Anda dalam melakukan analisis SWOT. Contoh Anda mengincar segmentasi pengguna berbagai marketplace. Maka, Anda bisa memanfaatkan produk omnichannel untuk memasarkan produk kepada mereka.

Sebab melalui omnichannel seperti HiToko, Anda bisa memberikan layanan dari berbagai toko di banyak marketplace hanya melalui satu wadah. Dengan begitu, pasar Anda akan semakin luas dan potensi keuntungan semakin besar.

Apalagi Anda bisa melakukan registrasi gratis di HiToko untuk menikmati kemudahan tersebut. Maka, tidak ada alasan lagi yang membuat Anda ragu bergabung dengan HiToko.

Dengan HiToko, Anda bisa membidik seluruh segmentasi pasar pengguna marketplace tanpa perlu merasa ribet.

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!