Home/Tips Bisnis/Tujuan Penetapan Harga, Strategi dan Keuntungannya
Total Views: 293|Daily Views: 1

Tujuan Penetapan Harga, Strategi dan Keuntungannya

HiToko.co.id– Halo sahabat HiToko! Sudahkah kalian tau apa yang dimaksud dengan harga? Harga ialah suatu mekanisme untuk pengendalian jumlah besaran mata uang yang perlu dibayarkan oleh konsumen untuk bisa mendapatkan suatu produk dan jasa.

Saat menentukan besaran harga diperlukan suatu strategi penetapan harga yang baik. Disini kami akan membahas mengenai tujuan penetapan harga, strategi, dan keuntungan dari adanya penetapan harga yang baik.

Komponen Dalam Penentuan Harga Jual

Sebelum kita membahas mengenai tujuan penetapan harga, maka kita perlu mengetahui komponen harga jual terlebih dahulu. Adapun yang dimaksud harga jual ialah nominal harga dari seorang penjual atau sejumlah uang yang perlu dibayarkan oleh seorang pembeli. Harga biasanya bisa ditukar dengan produk ataupun jasa dalam berat, jumlah, dan ukuran tertentu.

Dalam menentukan harga jual setidaknya ada beberapa komponen penting yang harus diperhatikan. Adapun beberapa komponen penting tersebut, diantaranya adalah:

  • Biaya tetap

Biaya tetap adalah biaya yang harus tetap dikeluarkan, terlepas dari besar atau kecilnya produksi biayanya akan selalu tetap. Contoh dari biaya tetap seperti biaya pajak, biaya sewa gedung, dan lain sebagainya.

Pemilik usaha perlu mengeluarkan biaya ini, oleh karena itu banyak pelaku usaha yang bekerja keras agar bisa membayar biaya tetap ini. Hal ini juga mengingat biaya tetap yang angkanya sering kali cukup besar. Untuk dapat mengatasi pengeluaran biaya tetap ini biasanya seorang pebisnis harus bisa mengupayakan dengan sebaik mungkin.

  • Biaya variabel

Selain biaya tetap, komponen lainnya ialah biaya variabel. Biaya variabel sendiri merupakan jenis biaya yang jumlahnya bisa berubah-ubah berdasarkan jumlah produksi. Untuk biaya variabel sendiri jumlahnya akan semakin besar jika produksi yang dilakukan juga banyak.

Biaya variabel ini bisa kita hitung melalui berbagai hal, seperti biaya pembelian produk, biaya pengiriman, biaya transportasi, dan biaya lainnya. Selain itu, kita juga perlu menghitung biaya variabel lainnya seperti:

  1. Biaya tenaga kerja
  2. Biaya bahan baku
  3. Intensif untuk tim penjualan
  4. Biaya perlengkapan produksi
  • Margin profit

Komponen penting lainnya yaitu margin profit. Setiap usaha akan melakukan penjualan dengan tujuan mendapatkan untung. Biaya profit perlu ditambahkan ketika kita sudah menghitung dan mengetahui biaya variabel.

Dengan adanya margin profit ini akan membantu kita dalam melakukan perhitungan dari total keuntungan, dengan begitu kita bisa menentukan harga jual di pasaran.

Baca juga:

Tujuan Dari Menentukan Harga Jual

Tujuan penetapan harga cukup penting dalam dunia bisnis. Adapun beberapa 3 kategori tujuan penetapan harga, berikut ini adalah sebutkan tujuan penetapan harga, diantaranya adalah:

  • Menghindari terjadinya perang harga

Tujuan penetapan harga yang pertama ialah untuk mendapatkan harga yang stabil tidak mudah naik ataupun turun. Dengan begitu, maka kita akan menghindari terjadinya perang harga. Kondisi perang harga ini bisa saja terjadi apabila permintaan sedang menurun, dengan permintaan yang menurun maka pembeli dengan terpaksa harus menurunkan harganya untuk dapat menarik pembeli.

Maka dengan adanya penetapan harga menjadikan harga stabil, dan jika produk tersebut mengalami penurunan peminat kita tidak perlu menurunkan harganya. Hal ini dikarenakan harga yang ada sudah sesuai dan pas dengan harga jual yang seharusnya.

  • Memaksimalkan keuntungan

Tujuan dari penetapan harga selanjutnya ialah untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan keuntungan yang cukup besar sangat bagus untuk modal dalam rangka meneruskan operasional usaha.

Jika diperhitungkan dengan baik, laba sebesar 1 juta rupiah hanya akan cukup dipakai untuk belanja produksi dan operasional saja, akan tetapi jika besarnya laba mencapai 2 juta maka kita bisa menggunakan keuntungan tersebut untuk meningkatkan produksi, mengembangkan usaha serta melakukan promosi.

BACA  Daftar Online Shop Internasional, Transaksinya Aman!

Selain itu, penjual juga bisa meningkatkan penjualannya. Hal ini dikarenakan untuk mempertahankan eksistensi dari usaha yang sedang dijalani, kita juga membutuhkan suatu kebijakan salah satunya ialah mengenai penentuan harga. Dimana untuk menentukan harga kita tidak diperbolehkan untuk asal-asalan.

  • Langkah paling tepat untuk menyikapi persaingan

Tujuan lainnya ialah merupakan suatu langkah yang paling tepat untuk dapat menyikapi persaingan pasar. Kita bisa memperhatikan apakah produk yang kita jual memiliki kualitas yang lebih baik dari pesaing untuk harga yang sama, atau kita perlu menurunkan harga untuk bisa menarik para pembeli.

Dengan adanya penetapan harga secara tepat juga tidak akan adanya selisih harga yang terlalu tinggi, karena biasanya setiap harga jual yang ditetapkan akan disesuaikan dengan biaya produksi sampai dengan dihasilkan produk.

Strategi Menetapkan Harga Jual

Strategi penetapan harga jual merupakan salah satu metode untuk menentukan harga yang nantinya digunakan dalam sebuah bisnis ataupun perusahaan. Adapun untuk strategi penetapan harga terdiri dari 5 metode. Adapun ke 5 metode tersebut, diantaranya adalah:

  • Mark up

Strategi pertama adalah mark up. Mark up sendiri merupakan salah satu metode dalam penetapan harga yang sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan harga pokok dari suatu produk.

Dengan menggunakan strategi ini biasanya seseorang akan melihat harga awal produk lalu dinaikkan beberapa persen nya untuk keuntungan.

  • Menetapkan biaya untuk harga plus

Strategi selanjutnya adalah menentukan biaya dengan harga plus. Metode ini berpatokan pada keseluruhan biaya yang digunakan untuk membuat suatu produk. Selanjutnya ditambah biaya laba sebagai keuntungan yang akan kita dapatkan.

  • Menetapkan harga berdasarkan adanya pesaing

Pilihan strategi dalam penetapan harga selanjutnya ialah karena adanya persaingan harga. Metode ini dilakukan dengan melihat harga dari kompetitor, setelah itu kita bisa memberikan harga terhadap produk kita dibawah harga dari kompetitor untuk dapat bersaing serta menarik pembeli.

  • Berdasarkan permintaan di pasar

Selain melakukan riset harga kompetitor, kita juga bisa menggunakan strategi penetapan harga berdasarkan permintaan di pasar. Dimana kita bisa menyesuaikan harga berdasarkan permintaan harga dari konsumen dan lain sebagainya.

  • Menetapkan Break Even Point atau BEP

Strategi selanjutnya adalah berdasarkan perhitungan nilai BEP atau break even point. Break even point sendiri merupakan pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan sama dengan modal yang telah dikeluarkan. Dengan kata lain perusahaan tersebut tidak mendapatkan keuntungan dan juga tidak mengalami kerugian.

Keuntungan Dari Menetapkan Harga Jual Yang Tepat Untuk Bisnis

Salah satu tujuan penetapan harga ialah untuk mendapatkan harga yang tepat dan mampu bersaing. Selain itu masih banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menetapkan harga jual yang tepat. Adapun beberapa keuntungannya bagi bisnis, diantaranya adalah:

  1. Bisnis dapat masuk ke pasar dengan mudah
  2. Bisnis dapat terbantu mengembangkan suatu produk yang lebih berkualitas
  3. Meningkatkan nilai serta image dari brand
  4. Mempromosikan loyalitas pelanggan
  5. Meningkatkan fokus pada pelayanan pelanggan
  6. Membuktikan data kesediaan konsumen

Demikianlah beberapa informasi terkait tujuan penetapan harga beserta fungsi, komponen dan strategi yang bisa dilakukan untuk melakukan penetapan harga secara tepat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca serta menambah wawasan mengenai ilmu bisnis satu ini.

Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.

OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!

banner hitoko