Home/Tips Bisnis/Tugas Call Center dan Fungsinya dalam Bisnis
Total Views: 285|Daily Views: 1

Tugas Call Center dan Fungsinya dalam Bisnis

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Siapa yang tidak tahu istilah Call Center? Hampir semua orang mengetahuinya. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan pasti memiliki Call Center yang dapat dihubungi oleh klien. Adanya Call Center dalam suatu perusahaan dapat menunjukkan eksistensi dari perusahaan tersebut.

Nah, disini kami akan memberikan informasi terkait dengan tugas Call Center serta beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan Call Center, berikut penjelasan secara detailnya!

Pengertian Call Center

Sebelum membahas mengenai tugas Call Center, maka alangkah baiknya jika kita mengetahui pengertian dari Call Center. Call Center merupakan sebuah layanan informasi yang disediakan oleh pihak perusahaan untuk dapat memberikan suatu informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Adanya Call Center ini akan sangat membantu para customer dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara lengkap.

Call Center bisa melakukan banyak hal seperti melakukan pelayanan mengenai informasi konsumen, keluhan, serta saran yang terkait dengan jasa maupun produk yang ada pada perusahaan. Mengingat pentingnya Call Center ini menjadikan hampir semua perusahaan selalu mencantumkan informasi yang berkaitan dengan layanan konsumen di kemasan produknya.

Baca juga:

Tugas dan Fungsi Call Center

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa Call Center ini memiliki tugas yang sangat penting dalam perusahaan. Apa saja tugas dan fungsinya? Sebelum membahas tugas Call Center, kita terlebih dahulu membahas mengenai fungsi dari Call Center itu sendiri. Adapun beberapa fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Untuk meningkatkan citra perusahaan

Adanya Call Center dalam perusahaan berfungsi untuk dapat meningkatkan citra dari perusahaan. Call Center sendiri merupakan salah satu ujung tombak dari perusahaan yang berhubungan dengan konsumen secara langsung. Dengan membangun Call Center yang baik, ramah, disiplin, dan responsif akan dapat meningkatkan pula nilai perusahaan dimata konsumen maupun pelanggan.

Terlebih lagi jika Call Center yang ada bisa menyelesaikan berbagai kendala yang dialami oleh pelanggan, hal ini tentunya akan semakin meningkatkan kepercayaan dari pelanggan, sehingga tidak menutup kemungkinan jika pelanggan tersebut akan merekomendasikan produk kita kepada orang lain.

  • Untuk meningkatkan peluang penjualan

Fungsi lainnya ialah untuk dapat meningkatkan peluang dari penjualan. Hal ini dikarenakan pada saat Call Center sedang menerima panggilan masuk, Call Center juga bisa sekaligus memperkenalkan produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan.

  • Sebagai retensi pelanggan

Retensi pelanggan merupakan fungsi utama dari seorang Call Center, maksud dari retensi pelanggan ialah seorang Call Center dapat memastikan agar pelanggan akan menjadi pembeli setia dari produk perusahaan.

Retensi pelanggan ini sangat penting bagi bisnis kita, karena dengan adanya retensi pelanggan dapat menjaga alur keuangan suatu perusahaan. Selain itu, dengan memanfaatkan peran Call Center secara maksimal dapat membantu perusahaan dalam menghemat biaya untuk iklan dan promosi. Perusahaan juga akan memiliki banyak pelanggan sehingga pertumbuhan perusahaan kita bisa semakin pesat.

Selain memiliki banyak fungsi yang penting, Call Center juga memiliki tugas khusus. Adapun beberapa tugas dari Call Center seperti tugas Call Center Bank, diantaranya adalah:

  1. Menerima apabila ada panggilan masuk dari konsumen melalui saluran Call Center
  2. Menerima dan menjawab semua pertanyaan dari para pelanggan
  3. Melakukan panggilan keluar kepada para konsumen untuk dapat menyelesaikan panggilan masuk sebelumnya, atau bisa juga untuk suatu kepentingan telemarketing.
  4. Membantu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para pelanggan sampai sejelas mungkin
  5. Membantu memberikan solusi terbaik mengenai beberapa kendala yang dihadapi oleh para pelanggan
  6. Memberikan dukungan secara teknis untuk para pelanggan. Sebagai contoh yaitu memberikan cara dalam penggunaan produk
  7. Mencatat serta menampung masukan, saran dan kritikan dari pelanggan
  8. Melakukan riset atau survei kepada para pelanggan, contohnya menanyakan tingkat kepuasan pelanggan pada layanan yang tersedia di perusahaan.

BACA  Barang yang Harus Dipersiapkan Saat Mudik Lebaran

Itulah beberapa fungsi dan tugas Call Center yang cukup penting dalam suatu perusahaan. Itulah sebabnya Call Center juga ternyata dinilai cukup penting bagi kalian yang sedang memulai suatu bisnis.

Call Center untuk Bisnis Online

Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan dan dikembangkan secara online, oleh karena itu biasanya bisnis tersebut memerlukan seorang yang bertugas sebagai Call Center. Adapun beberapa manfaat dari Call Center sangat bagus untuk mendukung bisnis kita, berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya ialah:

  • Menghemat biaya

Manfaat pertama Call Center bagi bisnis online yang pertama ialah dapat menghemat biaya. Hal ini dikarenakan perusahaan sudah secara langsung melakukan komunikasi dengan para pelanggan dan memberikan solusi terhadap masalah yang mereka alami. Dengan begitu maka pihak perusahaan telah memberikan pelayanan yang cukup baik, sehingga tidak perlu lagi melakukan effort lainnya seperti menjangkau pelanggan yang dimungkinkan dapat menambah biaya pengeluaran.

  • Memahami pelanggan

Walaupun hanya sebagai bisnis online, akan tetapi kepuasan pelanggan tetap di nomor satukan. Adanya Call Center dalam bisnis online dapat dijadikan sebagai media perusahaan untuk dapat memahami apa saja yang menjadi kebutuhan dari para pelanggan.

Adanya Call Center juga dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan akses data dari pelanggan, seperti informasi pribadi ataupun pembelian layanan dan produk perusahaan.

  • Menjadi penguat produktivitas

Pada umumnya Call Center memiliki fitur intuitif seperti alat pemantauan, autodialer, penentuan prioritas, time routing serta matriks panggilan. Selain itu, Call Center juga bisa mengukur tingkat produktivitas dari karyawan.

  • Meningkatkan hubungan dengan pelanggan

Manfaat lain Call Center bagi bisnis online lainnya yaitu untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Hal ini dikarenakan cara kerja dari Call Center ialah fokus pada saluran telepon yang menghubungkan pihak perusahaan dengan para pelanggan secara langsung untuk dapat memberikan kebutuhan pelanggan.

Ketika Call Center dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara baik, maka disitu akan tercipta loyalitas dari pelanggan sehingga dapat meningkatkan hubungan yang baik dengan pelanggan.

Berapa Gaji Seorang Call Center?

Besaran seorang Call Center biasanya disesuaikan dengan tugas Call Center, semakin banyak job desk yang diberikan maka semakin besar pula gajinya. Berikut ini ialah gaji dari masing-masing Call Center, diantaranya adalah:

  • Call Center dari Assistant manager    : Rp 5.000.000
  • Call Center Supervisor            : Rp 5.000.000
  • Call Center Team Leader            : Rp 4.550.000
  • Coordinator dari Call Center        : Rp 3.300.000
  • Call Center dari Quality Control dan Admin: Rp 3.500.000
  • Call Center officer            : Rp 4.000.000
  • Marketing dan Call Center        : Rp 3.000.000

Beberapa gaji di atas hanyalah sebuah kisaran saja. Hal ini dikarenakan perolehan dari gaji Call Center juga nantinya akan bergantung dari tempat kerja, UMR setempat, kemampuan, serta pengalaman bekerja.

Nah, itu dia beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Tugas Call Center serta berbagai hal yang terkait dengan Call Center. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca khususnya bagi kalian yang tertarik menjadi seorang Call Center.

Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.

OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!

banner hitoko