Home/Strategi Marketing/Tips Strategi Promo Buy 1 Get 1 Untuk Keberhasilan Bisnis
Total Views: 441|Daily Views: 1

Tips Strategi Promo Buy 1 Get 1 Untuk Keberhasilan Bisnis

Promo buy 1 get 1

Halo sahabat HiToko! Dalam dunia bisnis, terdapat beberapa bentuk strategi promosi dalam penjualan produk. Salah satu yang paling populer adalah promo buy 1 get 1. Secara umum strategi promosi ini dilakukan sebagai upaya untuk menghabiskan stock produk.

Apakah Anda sebagai pebisnis tertarik untuk menggunakan strategi promosi ini? Sebelum menerapkan strateginya, pahami dulu apa itu promosi buy 1 get 1 dan apa saja manfaatnya untuk bisnis?

Mengenal Apa Itu Strategi Buy 1 Get 1

Banyak perusahaan berlomba-lomba untuk melakukan promosi dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan. Salah satu jenis promosi yang paling populer adalah dengan memberikan penawaran buy 1 get 1.

Buy 1 get 1 atau beli satu gratis satu merupakan strategi ketika pelanggan membeli suatu barang, maka mereka akan mendapatkan satu barang lagi tanpa harus membayarnya. Jadi pelanggan cukup membayar untuk satu produk saja.

Biasanya promosi ini memiliki batasan waktu tertentu, tujuannya agar calon konsumen segera melakukan pembelian. Misalnya promo buy 1 get 1 XXI yang memiliki waktu periode promosi yaitu setiap hari Minggu dari 3 April sd 31 Desember 2022.

Manfaat Strategi Promo Buy 1 Get 1

Tidak hanya untuk menghabiskan stok produk saja, promo ini memberikan manfaat lain bagi laju bisnis, yaitu:

1. Meningkatkan Penjualan

Promo buy 1 get 1

Banyaknya stok produk yang terjual akan berbanding lurus dengan meningkatnya penjualan produk. Hal tersebut juga berkaitan dengan peningkatan keuntungan bisnis.

2. Menjaring Konsumen Baru

Promo buy 1 get 1

Umumnya pelanggan akan suka dengan berbagai penawaran diskon atau promo menarik dari sebuah brand atau perusahaan. Begitupun dengan promo beli satu gratis satu, strategi ini sangat bisa Anda gunakan sebagai cara untuk menjaring konsumen baru sebanyak-banyaknya.

Dengan demikian maka jaringan bisnis Anda akan semakin meluas.

3. Mendapat Respon Baik dari Konsumen

Promo buy 1 get 1

Jenis promosi buy 1 get 1 merupakan strategi pemasaran yang memberkan keuntungan baik bagi penjual maupun pembeli. Hasil riset yang dilakukan oleh AMG menyebutkan bahwa 67% pembeli lebih menyukai penawaran buy 1 get 1 dibandingkan dengan promo diskon potongan harga.

4. Memperkenalkan Produk Baru

Promo buy 1 get 1

Strategi promosi ini juga bermanfaat bagi perusahaan yang hendak memperkenalkan produk baru pada calon konsumen.

Misalnya Anda bisa membuat promo beli 1 produk lama gratis 1 produk baru. Sehingga calon konsumen akan mengetahui bahwa terdapat produk baru yang dijual di perusahaan Anda.

Untuk bisa mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, Anda perlu melakukan strategi dalam menjalankan promo buy one get one. Apa saja strateginya?

Tips Menerapkan Strategi Promosi Buy 1 Get 1

Agar strategi promosi Anda menjadi lebih efektif, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Lakukan Riset Pasar

Setiap jenis promosi dalam pemasaran tentu tidak lepas dari aktivitas melakukan riset pasar, begitupun dengan promosi buy 1 get 1. Salah satu tujuan dari riset pasar adalah agar Anda bisa memilih dan menentukan target pasar dengan tepat.

Target pasar yang tepat dapat menjadi salah satu penunjang utama dalam keberhasilan bisnis Anda. Karena akan percuma apabila Anda membuat strategi promosi yang menarik, apabila target pasarnya tidak sesuai.

2. Lakukan Publikasi yang Tepat

Anda memiliki penawaran yang sangat menarik, tetapi para calon konsumen tidak mengetahui hal tersebut karena Anda tidak mengkomunikasikannya dengan tepat.

Misalnya Anda memberikan penawaran promo beli satu gratis satu, tetapi informasi penawaran tersebut Anda simpan di dalam toko dengan lokasi yang tidak strategis. Maka besar kemungkinan para calon konsumen tersebut tidak akan mengetahui bahwa Anda sebenarnya sedang memberikan penawaran yang menarik.

Di era digital saat ini Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi promo tersebut.

3. Gunakan Strategi FOMO

Apakah Anda sudah mengetahui apa FOMO (fear of missing out)?   

Promo dengan strategi FOMO ini biasanya melakukan dorongan kepada pelanggan untuk segera melakukan pembelian. Caranya adalah dengan memberikan batas waktu promosi. Semakin sempit batas waktunya, maka pelanggan pun akan semakin “tergesa-gesa” untuk membeli produk Anda.

Misalnya Anda memberikan penawaran dengan narasi “promo hanya berlaku hari ini”

Selain memberikan Batasan waktu, Anda juga bisa memberikan dorongan dengan cara menunjukan stok produk yang semakin menipis. Dengan demikian maka aktivitas promosi Anda akan lebih maksimal.

Contohnya kode promo buy 1 get 1 tix id, dengan penawaran promosi “Kuota Harian Terbatas” dengan demikian maka pelanggan akan segera membeli tiket karena khawatir akan kehabisan kuota promosinya.

Itulah pengertian, manfaat hingga bagaimana strategi dalam melakukan promo buy 1 get 1. Untuk jenis-jenis strategi promosi lainnya, bisa Anda konsultasikan langsung dengan Omnichannel.

Sebagai wadah terbaik untuk memaksimalkan bisnis, Omnichannel dapat membantu Anda untuk pengelolaan bisnis dari mulai promosi hingga penjualan.

Anda bisa mengakses Omnichannel dengan cara yang mudah melalui HiToko.

Segera kembangkan bisnis Anda sekarang juga dengan mendaftar di sini!

banner hitoko