Ingin Komplain JNE? Berikut Syarat dan Caranya
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Komplain JNE diperlukan ketika Anda mengalami kendala pengiriman. Jika ada kendala pengiriman, maka kepuasan konsumen akan berkurang.
Namun, pihak JNE tidak bisa menanggapi semua komplain dengan cepat. Sebenarnya, Anda dapat mengajukan komplain melalui customer service. Namun sayangnya, masih banyak keluhan yang tidak ditanggapi dengan sigap.
Lalu, bagaimana cara mengajukan JNE komplain? Berikut ini adalah syarat dan cara komplainnya:
Syarat Pengajuan Komplain ke JNE
Sebelum mengajukan komplain, Anda harus mengecek nomor resinya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa melihat status barang pada saat itu. Berikut adalah cara mengecek nomor resi di laman resmi JNE:
- Pertama, Anda bisa mengunjungi laman JNE di https://www.jne.co.id/id/beranda.
- Jika sudah, maka Anda akan melihat kolom ‘Lacak Kiriman.’
- Selanjutnya, Anda tinggal masukkan nomor resinya dan klik ‘Tracking.’
- Terakhir, status pengiriman akan muncul.
Selain itu, Anda juga bisa melihat informasi mengenai kurir yang mengirim barang tersebut. Syaratnya, paket tersebut sudah berada di tangan kurir.
Keluhan yang Menjadi Penyebab Komplain
Ada beberapa keluhan yang menjadi penyebab komplain JNE lambat. Umumnya, konsumen mengalami beberapa keluhan status pengiriman berikut:
- Barang tidak sampai tepat waktu.
- Paket tidak sampai ke alamat tujuan.
- Barang mengalami kerusakan atau hilang.
- Tidak ada informasi terbaru mengenai lokasi barang.
- Barang dikirimkan ke alamat yang salah.
- Konsumen tidak puas dengan pelayanan jasa ekspedisi.
- Status paket sudah sampai alamat tujuan, tetapi barang belum diterima oleh konsumen.
Meski konsumen sering mengalami kendala di atas, tetapi JNE akan bertanggung jawab dan memberikan solusinya. Konsumen pun bisa mengajukan komplain kepada JNE jika ada kendala pengiriman paket.
Persiapan Sebelum Komplain
Sebelum mengajukan komplain kirim paket, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:
1. Lacak Nomor Resi Pengiriman
Pertama, cek nomor resinya agar mengetahui lokasi paket. Jika status pengiriman berubah menjadi barang hilang, rusak, atau belum dikirim, maka Anda bisa mengajukan komplain.
2. Catat Kendala yang Dialami
Setelah itu, catat beberapa keluhan yang Anda alami. Dengan begitu, Anda bisa menyampaikannya kepada pihak JNE. Misalnya, paket belum terkirim, rusak, hilang, atau mengalami keterlambatan pengiriman. Pastikan Anda menyiapkan data nama pengirim, penerima, alamat asal, tujuan, dan lainnya.
Cara Komplain JNE
Jika sudah melakukan persiapan di atas, maka Anda tinggal mengajukan komplain. Untuk pengajuan komplain, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:
1. Customer Service
Anda dapat mengirimkan keluhan melalui e-mail customercare@jne.co.id. Untuk langkahnya, Anda bisa ikuti cara ini:
- Buka aplikasi Gmail di HP atau laptop.
- Lalu, klik pilihan ‘+ Tulis’ di laman utama Gmail.
- Kemudian, isi beberapa kolom yang terdapat di bagian form e-mail.
2. Call Center
Selain CS, Anda juga bisa mengajukan komplain melalui Call Center JNE. Cara ini juga menjadi solusi paling cepat. Anda bisa menghubungi Call Center melalui 021-29278888. Jadi, Anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari pihak Call Center.
3. Media Sosial
Selanjutnya, Anda dapat menggunakan media sosial untuk komplain. Anda bisa mengajukan komplain lewat Twitter, Facebook, dan Instagram. Caranya, Anda tinggal kirimkan pesan ke salah satu media sosial JNE tersebut. Lalu, sampaikan keluhan yang Anda alami.
4. Gerai JNE
Cara lainnya adalah mengunjungi gerai JNE di dekat tempat tinggal Anda. Jika Anda tinggal di Tomang, maka bisa mengunjungi Head Office Logistics JNE di Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat. Sebelumnya, Anda dapat menghubungi (62-21) 566 5262 terlebih dahulu.
5. Ask Joni
JNE juga menyediakan laman khusus bernama Ask Joni. Ask Joni juga menerima pengajuan komplain. Berikut adalah cara komplainnya:
- Kunjungi laman https://www.jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni.
- Selanjutnya, isi beberapa informasi untuk keperluan pengiriman, seperti nama lengkap, alamat, dan nomor HP.
- Saat masuk ke kolom ‘Subject’, Anda bisa pilih ‘Customer Service.’
- Terakhir, isi pesan komplain Anda sesuai kebutuhan.
Pastikan Anda sudah menyertakan nomor resi, nama pengirim, dan penerima. Anda perlu melakukannya agar pihak JNE bisa melacak paket Anda dengan mudah. Anda juga bisa menggunakan asuransi dan garansi JNE untuk mencegah adanya barang yang rusak dan hilang.
Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Komplain
Umumnya, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan konsumen. Apalagi, jika paketnya belum sampai ke alamat tujuan. Berikut adalah pertanyaan yang sering diajukan:
- Kenapa status pengiriman JNE tidak berubah?
- Kenapa status pengiriman JNE on process terus?
- Komplain JNE kemana ya?
- Apa yang harus dilakukan jika paket JNE tidak sampai?
- Kenapa JNE trucking lama?
- Kenapa barang lama sampai?
- Kenapa paket saya di pending?
Beberapa pertanyaan di atas seringkali diajukan oleh para konsumen. Jadi, Anda bisa mengajukan komplain melalui beberapa cara di atas.
Jika Anda ingin meningkatkan bisnis online, maka platform produk omnichannel HiToko adalah solusinya. Anda bisa mengintegrasikan seluruh stok dan pesanan melalui satu channel saja.
HiToko menyediakan berbagai fitur eksklusif untuk meningkatkan bisnis Anda. Jadi, Anda tidak perlu berpindah channel untuk membalas pesan chat konsumen dan mengirim barang.
Komplain JNE bisa dilakukan dengan beberapa langkah di atas. Namun, pastikan Anda sudah mencatat keluhannya sebelum komplain. Untuk registrasi gratis, Anda bisa mengunjungi laman resmi HiToko.