Mengenal Apa Itu SWOT dan Kegunaannya
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Dalam merancang bisnis, tidak sedikit orang yang menggunakan analisis SWOT untuk memetakan berbagai faktor yang ada di sekitar sekaligus memudahkannya dalam menghadapi berbagai permasalahan bisnis. Lantas, apa itu SWOT dan kegunaannya?
Apa Itu SWOT?
Analisis SWOT dapat diartikan sebagai suatu teknis perencanaan dan strategi dalam suatu bisnis sekaligus penyelesaian berbagai masalah. Adapun SWOT kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, serta Threats.
Metode analisis ini menekankan pada pentingnya faktor internal maupun eksternal yang akan digunakan dalam menyusun berbagai strategi, perencanaan, sekaligus merealisasikan berbagai ide bisnis. Berikut penjelasan dari 4 komponen SWOT yang juga penting dalam kehidupan sehari-hari.
1. Strengths
Bicara mengenai apa itu strengths tentu tidak dapat dipisahkan dari pengertian dan konsepnya. Strength dapat diartikan sebagai kekuatan atau kelebihan dalam bisnis yang Anda jalankan. Dari sini, dapat dilihat seberapa besar faktor yang akan menjadi kekuatan bisnis Anda jika dibandingkan dengan bisnis lain yang ada di sekitar bisnis tersebut.
2. Weakness
Mengetahui apa itu SWOT juga tidak dapat terlepas dari komponen Weakness. Komponen yang dapat diartikan sebagai kelemahan ini bisa Anda gunakan untuk melihat seberapa besar faktor yang membuat produk Anda lemah di mata konsumen.
Kendati demikian, pengertian mengenai apa itu weakness tidak hanya berfokus pada kekurangan produk. Anda juga bisa aware dengan apa yang akan dilakukan guna memperbaiki kelemahan tersebut menjadi sesuatu yang inovatif.
3. Opportunities
Analisis SWOT juga tidak dapat terlepas dari komponen opportunities. Lantas, apa itu opportunities? Sejatinya, komponen yang dapat diartikan sebagai peluang atau kesempatan ini memicu kita untuk melihat seberapa besar peluang yang ada dalam bisnis atau proyek yang sedang dikerjakan.
Besarnya peluang akan menjadikan Anda untuk tahu apa saja hal-hal yang akan mendukung suatu penjualan maupun perkembangan suatu bisnis. Tentunya peluang ini dapat dibaca dari berbagai sudut pandang, termasuk permintaan pasar maupun bisnis milik kompetitor.
4. Threats
Dalam sebuah bisnis, dapat dilihat juga mengenai apa itu threats alias ancaman atau hambatan. Threats dapat merujuk pada berbagai hal yang akan menghambat perkembangan dan penjualan suatu produk bisnis. Ancaman tersebut tidak hanya terjadi karena faktor persaingan, namun juga berbagai hal lain seperti regulasi atau faktor eksternal yang tidak terduga.
Kegunaan Analisis SWOT
Setelah mengetahui apa itu SWOT dan berbagai komponennya, tentu tidak lengkap jika tidak mengetahui kegunaan hingga tujuan analisis tersebut. Sejatinya, berbagai metode analisis di atas akan mempermudah para pebisnis dalam merencanakan usaha yang dirintis. Secara detail, berikut beberapa kegunaan penting dalam suatu analisis SWOT.
1. Mudah memetakan faktor penting
Keempat komponen dalam analisis SWOT akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam mengetahui sekaligus memetakan faktor apa saja yang penting untuk membuat suatu rencana atau strategi. Dengan adanya analisis ini, Anda akan tahu apa saja kelebihan dan kelemahan perusahaan sekaligus peluang dan hambatan apa saja yang bisa terjadi.
Analisis SWOT tentunya juga dapat mencegah berbagai kemungkinan terburuk karena kelemahan atau ancaman suatu bisnis. Anda juga akan memaksimalkan keuntungan dengan cara mengedepankan kualitas produk sembari membaca opportunity yang ada.
2. Memprediksi masalah yang mungkin timbul
Dengan mengetahui berbagai potensi masalah dari analisis tersebut, Anda tentu juga akan jeli dengan berbagai kemungkinan masalah yang akan terjadi di masa mendatang. Sebagai contoh, Anda melakukan analisis SWOT usaha makanan, kelebihan dari makanan tersebut adalah menggunakan bahan-bahan impor berkualitas tinggi, namun kelemahannya memiliki harga yang mahal.
Dengan begitu, jika pasar Anda adalah masyarakat kelas menengah, tentu akan kurang cocok dengan harganya. Untuk menyiasatinya, Anda tetap dapat menjual makanan dengan harga terjangkau, namun dari segi bahan baku dipilih dari bahan lokal yang tetap mempertahankan kualitas terbaik.
3. Mempermudah pengambilan keputusan
Pada akhirnya, semua analisis SWOT yang digunakan akan senantiasa memudahkan Anda dalam mengambil suatu keputusan, terutama dalam menyelesaikan berbagai permasalahan bisnis. Gunakan saja semua analisis di atas untuk berbagai pengambilan keputusan yang sifatnya krusial.
Sebagai contoh, keputusan terkait pembukaan cabang baru, inovasi produk, bahkan penentuan harga. Dengan cara tersebut, Anda juga dapat menentukan skala prioritas perusahaan secara lebih bijak demi keuntungan bersama.
Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan apa itu SWOT, apa saja komponennya, hingga tujuan dan manfaat dari analisis yang dilakukan. Tentunya, analisis SWOT tidak hanya berkaitan dengan produk perusahaan, namun juga berbagai hal pendukung lainnya.
Termasuk di antaranya seperti promosi, penyediaan stok, hingga pelayanan konsumen. Untuk itu, Anda memerlukan suatu produk Omnichannel terbaik guna mempermudah pekerjaan Anda. HiToko pun hadir dengan berbagai fitur terkini untuk menjawab kebutuhan supaya Anda tidak lagi ribet berpindah platform untuk mengatur pesanan dan produk. Yuk, registrasi gratis sekarang!