5 Strategi Pemasaran Digital Untuk Bisnis
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Seiring dengan kemajuan teknologi, kini kebutuhan dan cara berpikir manusia juga berubah termasuk dalam hal melakukan strategi pemasaran. Kini strategi pemasaran digital sudah biasa dilakukan. Jika dulu pemasaran hanya dilakukan dengan menyebar selebaran atau hal lainnya yang dilakukan secara konvensional.
Kini dengan memanfaatkan teknologi, beberapa kemudahan bisa didapatkan selain itu pemasaran dengan cara digital juga akan membuat produk Anda lebih menarik di mata konsumen. Namun apakah Anda tahu apa yang dimaksud pemasaran digital?
Apa Itu Pemasaran Digital?
Pemasaran digital adalah sebuah pemasaran suatu produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital seperti internet, media sosial, smartphone dan media digital lainnya. Pemasaran digital ini juga secara umum meliputi berbagai strategi pemasaran misalnya pemasaran media sosial, SEO atau pemasaran email.
Jika dibandingkan dengan metode pemasaran yang tradisional yaitu media cetak atau papan reklame, pemasaran digital tentu memiliki beberapa kelebihan sehingga perlu dipertimbangkan untuk dipilih. Salah satu contohnya kini sudah banyak beberapa platform periklanan digital yang populer dan sudah menyediakan akses untuk laporan kampanye.
Jadi pemasaran ini bisa melakukan analisis data yang komprehensif, berdasarkan gabungan antara internet dengan teknologi, pemasaran digital ini mampu menganalisis data dengan cara melihat adanya perilaku pelanggan yang berbeda.
Tips Sebelum Mulai Menerapkan Strategi Pemasaran Digital
Berikut bisa Anda simak beberapa tips sebelum mulai menerapkan strategi pemasaran digital.
1. Tetapkan tujuan
Tips yang pertama pastikan Anda sudah menetapkan tujuan, selain itu Anda juga bisa menentukan target pasar ataupun pilihan produk yang akan dibagikan kepada konsumen. Jadi ketika Anda sudah tahu tujuan beserta target pasar yang Anda tentukan Anda pasti kemudian akan berpikir kira-kira produk apa ya yang cocok untuk menjadi solusi target tersebut.
2. Riset audiens
Setelah menentukan target dan produknya, Anda bisa lanjut melakukan riset audiens. Hal ini tentunya penting dan akan sangat bermanfaat bagi pemilihan produk yang telah dilakukan.
3. Analisa posisi bisnis
Hampir mirip dengan melakukan riset audiens, tips penting selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menganalisa posisi bisnis Anda di pasaran, contohnya sedang dimana posisi bisnis Anda berada? Misalnya berada di posisi yang baik maka Anda harus mempertahankan serta mengembangkan agar bisa terus berkembang.
Namun ketika melakukan analisa ini ternyata posisi Anda berada di tempat yang kurang baik maka strategi yang harus dilakukan bukan untuk mempertahankan. Namun hal yang harus Anda lakukan adalah mengetahui kesalahan yang dilakukan terlebih dahulu kemudian memperbaiki dan selanjutnya bisa meningkatkan posisi bisnis ke tujuan yang lebih baik.
4. Merumuskan masalah
Setelah itu analisis masalah bisa dilakukan agar Anda bisa mengetahui kesalahan yang telah dilakukan lalu memiliki solusi serta mengenali kesalahan tersebut agar bisa diperbaiki ke depannya.
Beberapa Strategi Pada Pemasaran Digital Untuk Bisnis
Di bawah ini merupakan beberapa strategi yang bisa diterapkan pada pemasaran digital khususnya di bidang bisnis. Adapun diantara strategi di bawah ini ada yang dilakukan oleh influencer loh.
1. Social media marketing
Contoh yang pertama yaitu social media marketing strategy, salah satu strategi yang bisa dilakukan agar berjalan efektif adalah dengan cara Anda harus bisa selalu mengikuti perkembangan tren yang ada. Jadi ketika Anda bisa menciptakan beberapa konten yang kreatif pasti akan ada yang melirik proses pemasaran bisnis Anda.
2. Search Engine Marketing (SEM)
Contoh selanjutnya yaitu SEM, pemasaran yang satu ini termasuk ke dalam strategi bisa dilakukan dengan menjalankan sebuah bisnis. Pada SEM ini yang dilakukan adalah dengan menampilkan sebuah website di halaman pertama pada hasil pencarian.
3. Iklan online
Contoh pemasaran selanjutnya yaitu iklan online, jika dahulu iklan yang biasa Anda lihat hanya di TV, majalah atau koran. Kini strategi yang sangat mendukung perkembangan abad 21 ini adalah dengan cara membuat iklan online. Jadi iklan yang dilakukan itu menggunakan internet dalam pelaksanaan strategi pemasarannya.
4. Content marketing
Content marketing adalah teknik pemasaran yang dilakukan dengan cara menciptakan atau mendistribusikan sebuah konten yang relevan dan memiliki harga yang menarik. Bisa berupa video pendek seperti reels untuk platform Instagram.
5. Influencer marketing
Strategi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan influencer sebagai sarana marketing untuk usaha Anda atau lebih dikenal dengan istilah endorse. Dengan begitu, usaha Anda akan dipromosikan oleh influencer kepada para followersnya dan harapannya semakin banyak yang mengenal atau membeli/menggunakan produk atau usaha milik Anda nantinya.
Bagaimana, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran seputar strategi pemasaran digital ini? Nah, khusus buat Anda yang memiliki beberapa bisnis online di beberapa platform yang berbeda dan merasa kesulitan untuk mengelolanya maka Anda bisa mencoba layanan dari HiToko yaitu Omnichannel.
Jadi dengan produk Omnichannel ini memungkinkan Anda untuk mengelola toko-toko online milik Anda hanya melalui satu platform Omnichannel karena layanan ini akan mengintegrasikan semua toko Anda ke dalam satu channel. Ayo segera registrasi gratis dan kunjungi platform ini untuk informasi lebih lanjut.