Home/Tips Bisnis/Inilah Strategi dan Manfaat Bauran Pemasaran Pada Bisnis
Total Views: 57|Daily Views: 1

Inilah Strategi dan Manfaat Bauran Pemasaran Pada Bisnis

pengertian bauran pemasaran

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Pengertian bauran pemasaran merujuk pada sekumpulan variabel pemasaran. Setiap variabel tersebut memiliki peran untuk meningkatkan keberhasilan bisnis.

Bauran pemasaran juga bisa disebut sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan penjualan produk. Itulah mengapa bauran pemasaran memiliki peranan yang penting dalam bisnis.

Seperti yang diketahui bahwa sebagus apapun produk yang Anda buat, apabila Anda memasarkannya dengan cara yang salah maka akan menjadi sia-sia.

Untuk itu artikel ini akan mengulas secara lengkap mengenai bauran pemasaran, agar Anda bisa mengaplikasikannya dalam bisnis.

Pengertian Bauran Pemasaran

pengertian bauran pemasaran

Bauran pemasaran adalah kombinasi dari berbagai variabel ataupun unsur pemasaran yang diterapkan oleh para pengelola bisnis dengan tujuan untuk mencapai target penjualan.

Bauran pemasaran (marketing mix) juga bisa berarti sebagai serangkaian tindakan oleh para pelaku bisnis untuk mencapai berbagai tujuan. Beberapa tujuan bauran pemasaran tersebut seperti meningkatkan penjualan, membangun citra produk positif, hingga memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Dalam konsep bauran pemasaran, terdapat tujuh variabel atau unsur yang melengkapinya. Apa saja unsur-unsur tersebut? berikut penjelasannya.

Unsur-Unsur Strategi Bauran Pemasaran

pengertian bauran pemasaran

Awalnya konsep bauran pemasaran hanya merujuk pada empat unsur saja atau yang dikenal sebagai marketing mix 4P. Kemudian ahli pemasaran Boom dan Bitner menambahkan tiga unsur lainnya, hingga saat ini dikenal sebagai marketing mix 7P.

Apa saja 7P tersebut?

1. Product (Produk)     

Produk dalam hal ini adalah sesuatu yang Anda jual, baik berupa barang maupun jasa. Agar produk bisa diterima oleh target pasar, maka pastikan Anda membuat produk yang bisa menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain itu produk Anda juga harus memiliki nilai lebih, agar bisa bersaing dengan produk-produk serupa milik kompetitor.

2. Price (Harga)

Harga menjadi aspek yang tidak kalah penting dalam memasarkan suatu produk. Hal ini karena harga merupakan salah satu faktor yang menjadi bahan pertimbangan para konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.

Sehingga penting bagi perusahaan untuk menentukan harga sesuai dengan nilai dari produk itu sendiri.

3. Place (Tempat)

Komponen bauran pemasaran yang selanjutnya adalah place atau tempat. Ini merujuk pada lokasi tempat Anda memasarkan produk.

Tempat Anda memasarkan produk juga ikut andil dalam menunjang keberhasilan bisnis, terlebih lagi bagi bisnis konvensional. Untuk itu pastikan Anda memiliki tempat strategis agar mudah dikunjungi oleh pelanggan.

4. Promotion (Promosi)

Promosi merupakan upaya dari perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada target market.

Dalam praktiknya, Anda bisa melakukan promosi dengan cara yang sangat beragam. Secara konsep, ada empat cara promosi yang bisa Anda lakukan yaitu, advertising, sales promotion, direct marketing, dan public relations.

5. People (Orang)

Ini merujuk pada SDM yang terlibat dalam proses pemasaran produk. Seperti karyawan, tim promosi, hingga influencer yang terlibat dalam kampanye promosi.

Komponen ini masuk ke dalam strategi bauran pemasaran karena kualitas serta ketepatan dalam memilih SDM bisa mempengaruhi keberhasilan bisnis.

6. Process (Proses)

Proses merujuk pada seluruh aktivitas dalam pemasaran produk. Mulai dari riset, perencanaan, hingga implementasinya. Setiap proses ini tentu bisa memberikan pengaruh dalam keberhasilan program pemasaran.

Itulah pentingnya untuk memantau serta menjalankan setiap proses dalam pemasaran dengan baik.

7. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Unsur ataupun komponen yang terakhir ini merujuk pada segala bentuk perangkat yang Anda gunakan untuk menunjang berjalannya sebuah bisnis.

Adanya pengaplikasian bauran pemasaran dalam bisnis tentu memberikan manfaat tersendiri, seperti beberapa manfaat di bawah ini:

Manfaat Bauran Pemasaran

pengertian bauran pemasaran

Secara umum alasan perusahaan menerapkan strategi bauran pemasaran adalah untuk mencapai target yang mereka inginkan. Namun selain itu terdapat manfaat lain dari bauran pemasaran, yaitu:

  • Membantu membuat perencanaan bisnis dengan matang, baik berkaitan dengan produk, harga, hingga perencanan promosinya.
  • Membantu perusahaan untuk mengetahui nilai unggulan apa yang ada dalam produk, sehingga bisa bersaing dengan produk kompetitor.
  • Bauran pemasaran juga bisa membantu perusahaan dari mulai tahapan perencanaan, riset, hingga pelaksanaannya.
  • Perusahaan dapat mengetahui produk atau layanan apa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Selain itu dengan adanya bauran pemasaran juga bisa membantu perusahaan untuk mengetahui kapan dan bagaimana mempromosikan produk yang tepat kepada pelanggan.
  • Bauran pemasaran juga membantu perusahaan untuk mengetahui apa saja aspek pemasaran yang penting dan dapat menunjang keberhasilan bisnis.

Itulah informasi lengkap mengenai bauran pemasaran yang bisa Anda aplikasikan.

Namun perlu Anda ketahui bahwa meskipun sebuah perusahaan telah menerapkan strategi dalam pemasarannya, tetap saja dalam menjalankan sebuah bisnis Anda tidak akan bisa lepas dari yang namanya “masalah”

Ada beragam masalah yang bisa Anda temui dalam bisnis, seperti kesulitan dalam mengelola pesanan, adanya resiko kerusakan atau kehilangan barang, tidak mampu mengikuti trend pemasaran terkini, dan lain-lain.

Apabila Anda menemui berbagai permasalahan tersebut, maka tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan produk Omnichannel dari HiToko sebagai solusi permasalahan bisnis Anda.

Omnichannel merupakan suatu wadah terbaik yang bisa memaksimalkan keberhasilan bisnis Anda.

Beberapa fitur terbaik dari Omnichannel seperti manajemen produk, manajemen stok, laporan analisa, manajemen pelanggan, dan fitur-fitur lainnya bisa Anda nikmati hanya dengan cara registrasi gratis sekarang juga!

Banner HiToko