Solusi Kenapa Tidak Bisa Login Shopee Seller Center
Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Sedang bingung kenapa tidak bisa login Shopee Seller Center sebagai penjual? Pemakaian marketplace Shopee dalam berbisnis di Indonesia sendiri sudah sangat berkembang dan meluas. Siapapun bisa berjualan melalui Shopee dengan beraneka ragam jenis produk.
Sayangnya, terkadang ada beberapa masalah umum yang sering dijumpai penjual. Salah satunya tidak bisa masuk atau login di Shopee Seller Center. Tentu masalah tersebut mengganggu aktivitas berbisnis.
Alasan Kenapa Tidak Bisa Login Shopee Seller Center
Pada dasarnya Shopee akan memberi notifikasi mengenai alasan mengapa tidak bisa login. Biasanya langsung muncul di halaman. Contohnya saat Anda salah memasukan password, serta kesalahan memasukan alamat email atau nomor telepon.
Beberapa penyebab mengapa tidak bisa masuk ke akun Shopee Seller Center meliputi:
1. Salah Memasukan Password
Seperti yang sudah dibahas, kesalahan memasukan password jadi alasan yang paling sering terjadi. Anda harus memastikan password yang dimasukan sudah benar. Apabila lupa apa password akun Anda, klik fitur ‘Lupa Sandi’, lalu masukan alamat email atau nomor HP.
Nantinya Shopee secara otomatis akan memberi tautan ke email, maupun nomor HP untuk pengaturan ulang password.
2. Gagal Verifikasi Data
Password sudah benar tapi tetap kenapa tidak bisa login Shopee Seller Center atau akun tetap tidak bisa dibuka? Penyebab lain bisa karena gagalnya verifikasi data.
Verifikasi data ini berhubungan dengan Shopeepay yang mana Anda harus menunjukan wajah dan melakukan verifikasi. Ikuti arahan yang tertulis dan pastikan kamera mampu mengambil gambar dan video yang baik.
3. Gagal Masukan Kode OTP
Selain gagal verifikasi, gagal memasukan kode OTP akibat sudah kadaluwarsa juga bisa membuat Anda tidak bisa login. Kode OTP biasanya dikirim melalui WA atau juga SMS ke nomor HP yang sudah terdaftar.
4. Adanya Pembatasan Akun
Mendapat pemberitahuan bahwa akun Anda dibatasi? Masalah ini sering muncul karena Shopee membaca ada penggunaan akun yang mencurigakan. Seperti login di banyak device, transaksi tidak normal, dan lain-lain.
5. Masalah Teknis
Berikutnya, penyebab tidak bisa masuk ke Shopee Seller Center adalah karena sedang ada masalah teknis. Misalnya, jaringan internet yang sedang tidak stabil.
Sedang ada perbaikan sistem atau gangguan sistem dari pihak Shopee pun bisa saja terjadi, sehingga membuat para pengguna kesulitan mengakses akun.
Langkah-Langkah Mengatasinya
Bila Anda mengalami kesulitan masuk ke akun seller, sebelum hubungi pihak Shopee, lakukan beberapa langkah berikut untuk coba mengatasinya. Dekatkan ponsel Anda ketika memulihkan akun menggunakan PC.
1. Atur Ulang Password
Pilih dan rangkai password yang bersifat kuat, tapi mudah diingat. Gunakan huruf kapital dan huruf kecil yang dikombinasikan. Lebih baik juga memasukan simbol-simbol dan angka.
2. Pastikan Verifikasi Data Sudah Benar
Saat ini sistem verifikasi data menjadi tahapan sangat penting bagi banyak aplikasi yang mana berkaitan dengan penggunaan e-wallet atau berhubungan pada transaksi jual-beli.
3. Pastikan Memori HP Cukup
Membuka aplikasi marketplace membutuhkan pemakaian RAM dan memori tidak sedikit. Pastikan HP Anda mendukung. Anda bisa rutin menghapus cache setiap harinya setelah membuka banyak aplikasi. Termasuk aplikasi Shopee.
4. Hubungi CS Shopee
Masih alami kesulitan? Silakan hubungi customer service Shopee melalui chat atau telepon untuk tahu masalah apa yang sebenarnya terjadi di akun Anda. Shopee akan membantu mencarikan solusi.
Pastikan Anda menghubungi CS Shopee resmi untuk menghindari penipuan. Jangan berikan informasi atau data pribadi bila menghubungi CS yang tidak terdaftar resmi.
Bagi pengguna yang masih bertanya mengenai kenapa tidak bisa login Shopee Seller Center bisa juga mengecek kembali aktivitas akun Anda. Apakah sebelumnya ada kendala atau ada aktivitas yang berisiko membuat akun ditutup.
Nah, itu tadi solusi kenapa tidak bisa login Shopee Seller Center. Jika Anda ingin mengelola bisnis Anda, Anda dapat menikmati layanan dari HiToko. Salah satunya adalah omnichannel. Layanan omnichannel dari HiToko adalah layanan yang mengintegrasikan semua produk dan pesanan toko Anda dari berbagai channel penjualan online maupun offline. Selain itu, keuntungan dari layanan ini yaitu Anda dapat mengelola pesanan, mengelola chat dari marketplace yang berbeda-beda, hingga mengelola persediaan barang. Menarik bukan? Yuk, coba gratis sekarang juga!