Home/Tips Bisnis/6 Skill Customer Service untuk Bisnis Online
Total Views: 66|Daily Views: 1

6 Skill Customer Service untuk Bisnis Online

Skill customer service

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Skill customer service yang mumpuni dan handal memiliki peran penting bagi bisnis. Mengingat posisi satu ini sering menjadi ‘wajah’ perusahaan, mereka harus dapat benar-benar menginterpretasikan visi dan misi perusahaan.

Tidak jarang, customer service ini menjadi ujung tombak rantai marketing yang sangat krusial peranannya. Oleh karena itu, dengan skill yang baik, maka seorang customer service bisa membantu melejitkan bisnis secara optimal.

Pengertian Customer Service

Skill customer service

Customer service adalah posisi atau layanan yang perusahaan siapkan untuk menangani pelanggan sesuai dengan SOP atau Standar Operasional Prosedur yang ada. Baik itu sekadar pertanyaan, keluhan, hingga penjualan.

Jadi, pelanggan atau konsumen yang datang bisa puas dan nantinya mau terus menggunakan jasa atau produk dari perusahaan. Customer service ini akan berinteraksi dengan konsumen lewat telepon, chat, video call, atau bertatap muka secara langsung.

Oleh karena itu, peranannya sangat penting untuk menjadi jembatan antara perusahaan dengan end user atau konsumen. Lalu, bagaimana cara menjadi customer service yang baik untuk bisnis?

Customer Service untuk Pebisnis atau Pengusaha

Skill customer service

Selain penjelasan di atas mengenai customer service, ternyata ada peran dan value lain dari layanan tersebut untuk bisnis. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Memberikan pengalaman menyenangkan bagi konsumen agar merasa nyaman.
  • Meningkatkan kepercayaan publik dan image perusahaan.
  • Memberikan interaksi yang hangat, sehingga menciptakan customer loyalty.
  • Menjadi ujung tombak after sales service yang nyaman dan memuaskan konsumen.
  • Memasarkan produk atau jasa dari brand secara langsung ke konsumen sehingga tingkat selling bisa naik.
  • Menciptakan ekosistem yang sehat bagi bisnis, sehingga lebih objektif dan optimal ketika meluncurkan suatu kebijakan tertentu.

Nah, terbayang kan betapa krusial peran layanan customer service ini untuk bisnis? Terlebih bagi Anda yang berkecimpung di bisnis online, peranannya sangat Anda butuhkan untuk melejitkan bisnis. 

Skills Customer Service untuk Meningkatkan Pelayanan Bisnis Usaha Online

Skill customer service

Mungkin, masih ada yang terjebak dalam stereotype bahwa seorang customer service haruslah berpenampilan menarik. Nyatanya, skill customer service adalah penentu utama untuk mengisi posisi tersebut.

Sebab dalam bisnis online, seorang customer service terkadang tidak perlu memperlihatkan fisik. Simak deretan skill yang wajib dimiliki agar menghasilkan performa yang optimal.

1. Paham Target Market

Dengan memahami siapa yang akan membeli atau mengambil keputusan, customer service akan lebih mudah closing atau mengarahkan konsumen sesuai dengan ketentuan yang ada.

Misalnya seorang customer service paham jika yang menjadi target market adalah ibu-ibu, maka tutur penyampaiannya pun berbeda dengan kalangan remaja. Hal ini disebabkan setiap target market memiliki karakteristik tersendiri untuk memenangkan hatinya.

2. Product Knowledge

Tidak lucu jika customer service tidak paham produk. Oleh karena itu, memahami apa yang dijual atau sedang ditangani akan membuat konsumen merasa lebih puas. Apalagi dengan bahasa yang meyakinkan, tingkat kepercayaan pelanggan pun dapat semakin bertambah.

3. Komunikasi

Pilar utama adalah komunikasi. Baik secara langsung maupun dengan teks, seorang customer service harus bisa menampilkan intonasi, mimik, juga smiling text yang menenangkan.

Memahami juga bagaimana membaca kepribadian dengan cepat, akan menjadi skill yang luar biasa. Misalnya, menghadapi orang dengan karakter dominan haruslah mengalah dan bertutur dengan padat serta runut. Akan berbeda jika menghadapi jenis karakter lainnya.

4. Responsif

Semakin cepat customer service membalas atau tanggap dengan keluhan, pertanyaan, atau pesanan konsumen, maka semakin baik pula angka kepuasaan maupun closing yang dihasilkan.

Kebanyakan akan hilang minat atau teralihkan keinginannya jika customer service lambat membalas. Apalagi untuk bagian penjualan, maka lead yang masuk haruslah segera ditangani dengan baik agar tidak kehilangan momen.

5. Listening

Konsumen butuh untuk didengarkan dengan tenang dan sabar, sehingga semua keluhan atau pertanyaannya bisa tersampaikan. Jika sudah merasa terdengar, maka akan lebih mudah juga untuk mengedukasi dan menjawab keluhannya agar lebih bersabar.

6. Attitude

Konsumen dapat benar atau salah. Namun sebagai seorang customer service, tetap harus memperlakukannya dengan baik dan sopan. Tidak boleh terbawa emosi negatif dan juga penilaian personal terhadap pelanggan.

Dalam kondisi terdesak pun, seorang customer service harus tetap tenang, bijak, dan berhati-hati dalam mengambil keputusan. Mengingat yang dihadapi adalah konsumen langsung, maka bersikap sabar dan penuh pengertian akan menjadi keterampilan yang menguntungkan.

Nah, terbayang kan skill customer service yang mana saja yang harus Anda optimalkan agar capaian bisnis memuaskan. Terlebih bagi bisnis online, kehadiran customer service yang handal mampu menaikkan omzet secara signifikan.

Ketika kondisi bisnis sudah sesuai rencana, maka perang penentunya ada di customer service. Mengenai pengelolaan barang, jangan khawatir. Percayakan saja pada HiToko.

Di HiToko, ada produk omnichannel yang bisa Anda pakai untuk melakukan pengelolaan pesanan dari berbagai kanal. Sehingga, manajemen stok menjadi lebih cepat dan arus pesanan pun lebih efisien. Tunggu apalagi? Segera registrasi gratis sekarang.

banner hitoko