Shipping Fee Subtotal : Pengertian & Strategi Pemasarannya
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Pada kesempatan kali ini, kami dari HiToko akan memberitahukan kepada sobat untuk apa itu pengertian dari Shipping fee subtotal, serta Shipping fee subtotal artinya apa. Nah, jika kamu sering menggunakan platform belanja online, atau bahkan menggunakannya sebagai pengembangan bisnis, maka artikel ini pastilah akan membantu anda.
Pasti anda sudah sering dong melakukan belanja online? Baik dari menggunakan platform belanja online seperti Shopee, atau Tokopedia, pasti anda sering kali mendengar istilah mengenai Shipping fee subtotal, terutama jika anda salah satu vendor, atau orang yang menjual barang mereka dalam platform e-commerce. Apa itu arti Shipping fee dan bagaimana cara mendapatkan keuntungan darinya?
Terkadang juga pasti kamu pernah mendengar seputar barang gratis ongkir, promo ongkos kirim gratis dari toko untuk daerah tertentu, dan waktu tertentu. Nah, sekarang, kita akan membahas segala seluk beluk dari ongkir itu sendiri atau Shipping fee, serta strategi gratis ongkir atau free shipping dari toko yang banyak dijumpai di berbagai platform belanja online kekinian layaknya Shopee dan Tokopedia.
Pengertian dari Shipping Fee Subtotal
Shipping fee subtotal artinya adalah subtotal biaya pengiriman, atau jika kata bahasa gaul, Ongkir, atau ongkos kirim. Shipping fee subtotal ini adalah sebuah biaya pengiriman yang kerap kali diberlakukan oleh pihak ekspedisi atau jasa pengiriman. Terkadang, shipping fee ini yang menjadi faktor para pelanggan untuk membeli, atau tidak jadi beli produk dari toko online.
Apa saja yang mempengaruhi besarnya shipping fee? Pada dasarnya, ada tiga hal yang mempengaruhi, yakni beratnya barang yang dikirimkan, jarak pengiriman, serta beda jasa pengiriman atau beda ekspedisi. Beberapa jasa ekspedisi mematok biaya lebih banyak, namun dengan fitur lebih cepat sampai, atau seperti yang sudah kita ketahui, paket kilat.
Shipping fee subtotal ini biasanya akan dikenakan kepada barang yang akan dikirim melalui ekspedisi, dengan ketentuan biaya yang berbeda dari masing-masing ekspedisi. Beberapa jasa ekspedisi memberikan biaya yang lebih mahal untuk kualitas dan kecepatan pengiriman paket yang cepat, atau terkadang bisa juga dengan biaya yang lebih murah.
Sebagai seorang penjual, shipping fee subtotal artinya adalah sebuah biaya tambahan yang dikeluarkan oleh pembeli yang bisa menjadikan barang anda dibeli, atau tidak jadi dibeli. Terkadang, ada juga cara menonaktifkan shipping fee subtotal menjadikan biaya ongkir dari barang nol, atau gratis ongkir. Tentu anda pasti sudah tidak asing dengan belanja gratis ongkir bukan?
Baca juga:
Strategi Free Shipping Untuk Toko Online
Jika anda seorang penjual atau vendor online pasti seringkali mencari cara agar bisa mempromosikan toko online, dan membuat penjualan toko online lebih banyak, dan laris. Ada berbagai strategi yang bisa digunakan agar toko online lebih laris, mulai dari strategi mengatur harga, customer services care, dan strategi free shipping.
Strategi free shipping adalah sebuah strategi yang bisa digunakan untuk platform jualan online yang cukup ampuh untuk menarik pelanggan, dikarenakan strategi ini memberlakukan free shipping fee, atau artinya gratis ongkir. Umumnya, pelanggan akan lebih puas dan senang jika mendapatkan suatu barang gratis ongkir, sehingga akan lebih laris, dan menarik dilihat pelanggan.
Prinsip dari strategi ini adalah untuk memberikan fasilitas dan fitur gratis ongkir, namun hanya terbatas pada area pengiriman tertentu, dan jarak jangkauan yang ditetapkan. Jade, sebagai seorang vendor, anda bisa menentukan untuk wilayah mana yang bisa anda tetapkan free shipping, dan wilayah mana yang tetap menggunakan jasa ekspedisi ongkir.
Selain bisa meningkatkan margin keuntungan, dengan free shipping strategy juga bisa menarik lebih banyak pengunjung ke toko anda, serta meningkatkan rating dari toko anda. Namun terkadang strategi ini bisa menjadi efek negatif ke toko, karena toko akan menanggung biaya pengiriman itu tersendiri, jadi tidak bisa sembarang diterapkan, jadi anda juga harus paham akan hal ini.
Nah, dalam strategi free shipping fee untuk toko online ini, ada banyak loh keuntungan yang bisa didapat untuk penjual, jadi tidak hanya menguntungkan bagi sang pembeli saja. Jika tidak berhati-hati penjual akan bisa merugi jika sembarangan melakukan strategi free shipping, tetapi di satu sisi, free shipping bisa menarik minat pengunjung lebih banyak.
Keuntungan dan Kerugian Dari Shipping Fee untuk Penjual
Nah, ada beberapa keuntungan serta kerugian tersendiri dari strategi free shipping untuk penjual, dalam hal ini, kita akan membahas keduanya.
-
Keuntungan dari Free Shipping untuk Penjual
Keuntungan yang paling jelas adalah dengan adanya produk yang free shipping pada toko anda, penjual akan bisa menarik lebih banyak pelanggan ke toko. Selain itu, free shipping juga bisa memilih untuk daerah mana yang akan diterapkan gratis ongkir, sehingga penjual bisa memilih untuk daerah yang lebih murah untuk ditanggung biaya pengirimannya.
Selain itu, rating toko online juga akan lebih meningkat, dikarenakan pengguna yang melihat produk free shipping lebih banyak, dan lebih menyukainya. Hal ini bisa menjadi sebuah investasi jangka panjang untuk meningkatkan kualitas dari toko, dan rating dari toko di platform online seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli.
Selain itu, produk anda akan dinilai lebih baik oleh para pelanggan, mendapatkan rating produk yang baik, serta dicari banyak pelanggan. Selain itu, produk anda juga akan berkesempatan untuk tampil dan masuk menjadi produk highlighted Shopee, menjadikan produk anda tampil di paling atas pada pencarian produk yang serupa dalam Shopee.
-
Kerugian dari Free Shipping untuk Penjual
Nah, untuk kerugiannya, penjual harus menanggung biaya pengiriman, jadi tentu akan meningkatkan biaya yang keluar dari sang penjual, serta mengurangi sedikit margin keuntungan penjual. Hal inilah yang perlu diperhatikan agar penjual tidak sampai merugi terlalu banyak.
Ada cara menonaktifkan shipping fee subtotal serta anda juga harus paham untuk cara menonaktifkan fitur gratis ongkir. Selain itu penjual juga harus pintar untuk memilih area pengiriman ditetapkan untuk gratis ongkir, minimal pembelian, serta bobot dari barang juga perlu dipertimbangkan. Semakin berat dari sebuah barang yang dikirimkan, sehingga semakin banyak biaya yang ditanggung.
Selain itu, Free Shipping juga bisa membuat margin keuntungan menjadi berkurang, tentu karena biaya pengiriman yang ditambahkan. Selain itu, pertanggung jawaban atas keterlambatan pengiriman barang juga terkadang akan menjadi tanggung jawab dari penjual, karena itulah harus disiplin dalam memaketkan dan mengirimkan barang.
Shipping Fee Subtotal yang Gratis
Shipping fee subtotal artinya sebuah biaya yang dikenakan untuk pengiriman paket. Namun, dengan adanya strategi free shipping, artinya toko tidak akan mengenai biaya pengiriman apapun, dan biaya pengiriman paket akan ditanggung oleh pihak penjual. Hal ini bisa menguntungkan maupun merugikan kedua belah pihak baik pembeli maupun penjual.
Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.
OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!