Home/Tips Marketplace/Manfaat dan Cara Daftar Seller Center Lazada
Total Views: 617|Daily Views: 1

Manfaat dan Cara Daftar Seller Center Lazada

Seller center Lazada

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Pernah tidak bertanya-tanya, memangnya apa sih Seller Center Lazada? Apa fungsinya? Sebelum Anda mengenalnya lebih dalam, Anda perlu tahu beberapa hal.

Di tahun 2021, seller Lazada meningkat hingga 3 kali lipat. Sedangkan di kuartal I 2022, Lazada berhasil merangkak naik ke posisi ketiga sebagai e-commerce yang paling sering dikunjungi.

Seller center Lazada

Dengan pengunjung sebanyak itu, tentu Lazada perlu menyediakan fitur yang layak untuk penggunanya. Salah satu fitur untuk penjual Lazada adalah Lazada seller center. Untuk selengkapnya, cek informasi berikut ini.

Pengertian Seller Center Lazada

Seller Center Lazada Indonesia merupakan platform online khusus dari Lazada untuk mempermudah seller Lazada di Indonesia. Dengan adanya fitur ini, diharapkan penjual atau seller Lazada mampu meningkatkan produktivitasnya. 

Fitur seller center ini bisa Anda akses baik lewat aplikasi untuk iOS ataupun Android. Karena hal tersebut, Anda sebagai penjual bisa mengakses seller center dari Lazada di manapun dan kapanpun Anda mau.

Fungsi dan Manfaat Lazada Seller Center untuk Penjual

Seller center Lazada

Pada dasarnya, seller center milik Lazada memiliki fungsi untuk membantu penjual agar bisa meningkatkan produktivitasnya dan memudahkan pengelolaan toko. Jika dijabarkan, ada beberapa fungsi dan manfaat dari seller center Lazada yaitu:

  • Mengatur kegiatan jual beli
  • Melakukan manajemen produk
  • Menentukan harga dan promosi
  • Memproses pesanan
  • Mendapatkan laporan keuangan dari aktivitas penjualan
  • Memperoleh dan mengolah data dari penjualan

Jadi, jika Anda merupakan salah satu atau calon penjual di Lazada, Anda wajib memahami seller center-nya.

Fitur Lazada Seller Center

Seller center memiliki fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan penjualan Anda. Misalnya seperti Lazada University untuk panduan jualan dan upgrade skill jualan di Lazada. Selain itu, ada beberapa fitur lain di seller center yang perlu Anda tahu.

1. Produk

Fitur produk berisi informasi seputar produk yang ada di toko Anda. Di fitur produk, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas berikut ini:

  • Mengedit deskripsi produk
  • Upload produk, serta foto dan videonya
  • Membuat daftar produk
  • Menambahkan banner di toko online Anda

Kalaupun Anda seorang pemula sebagai seller Lazada, Anda setidaknya wajib menguasai fitur inventori ini sebelum berjualan.

2. Pesanan

Di seller center, ada fitur untuk mengatur semua pemesanan yang terjadi di toko Lazada yaitu pesanan. Mulai dari status produk, status pesanan dan pengiriman, hingga produk mana yang sudah pembeli bayar dan yang harus Anda kirim.

3. Pusat Pemasaran

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur pemasaran yang ada di Lazada. Mulai dari campaign, promosi, fitur trafik, dan promosi berbayar. Jadi, kalau Anda ingin menggunakan atau melakukan promosi, maka Anda harus cek fitur ini.

4. Wawasan Data

Fitur wawasan data memungkinkan Anda, sebagai seller, mengetahui perkembangan pada toko Anda. Misalnya, berapa produk yang sudah terjual di bulan ini. 

Ada 2 fitur yang bisa Anda cek di wawasan data, yaitu bisnis analis dan kesehatan toko. Jadi secara menyeluruh, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Pengelolaan data penjualan
  • Mengetahui data tentang produk yang mengalami return
  • Memantau promosi yang Anda terapkan
  • Mengecek ketersediaan stok
  • Cek traffic dan ranking produk

Dari aktivitas tersebut, Anda bisa melakukan evaluasi penjualan agar penjualan selanjutnya bisa lebih baik.

5. Keuangan

Di bagian ini, Anda bisa mengetahui serba serbi tentang pendapatan atau pengeluaran Anda selama menjadi seller di Lazada, termasuk penarikan dana hasil penjualan.

Tools di Seller Center Lazada

Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan di seller center Lazada, di antaranya:

  • Tambah produk
  • Atur produk
  • Campaign
  • Promosi gratis ongkir
  • Atur ulasan
  • Bisnis analisis
  • Service marketplace
  • Diskon LazCoin
  • Forum diskusi
  • Program affiliasi seller
  • Berbagi voucher
  • Murah Pol

Cara Daftar dan Menggunakan Lazada Seller Center

Seller center Lazada

Untuk menggunakan layanan seller center, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Bagaimana cara daftar seller center Lazada? Ada beberapa tahapan untuk mendaftar di seller center Lazada, yaitu:

  • Buka Seller Center Lazada lewat aplikasi atau website, lalu pilih Daftar Sekarang.
  • Anda bisa pilih ingin menjadi seller, penjual di LazMal, atau penjual secara global. Misalnya untuk seller Lazada Indonesia. 
  • Masukkan nomor HP Anda dan Lazada akan mengirimkan kode OTP yang harus Anda masukkan.
  • Pilih cara daftar yang Anda inginkan, bisa dengan nomor ponsel, Facebook, Gmail, atau Lazada Buyer App.
  • Isi data yang diminta, termasuk nomor telepon yang valid, KTP, serta nama toko dan produk.
  • Tunggu proses verifikasi dari Lazada.
  • Jika sudah, Anda bisa memulai sebagai seller dan atur password yang lebih kuat.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mulai dari Lazada University atau langsung upload produk baru untuk toko Anda.

Jika Anda kerepotan mengelola banyak toko, tenang, ada HiToko yang akan membantu Anda. Mulai dari mengecek stok barang hingga jualan di Lazada menjadi lebih praktis dan efisien. 

Mau melewatkan kesempatan menggunakan produk omnichannel yang praktis, mudah, dan lengkap? Tentu tidak bukan? Jadi, optimalkan penjualan lewat seller center Lazada dengan registrasi gratis sekarang juga.

banner hitoko