Home/Tips Bisnis/Pengertian Salesman Serta Skill dan Tugasnya
Total Views: 228|Daily Views: 2

Pengertian Salesman Serta Skill dan Tugasnya

salesman adalah

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Menawarkan sebuah produk menjadi tugas utama salesman. Pengertian lebih luas dari salesman adalah orang yang melakukan kegiatan penjualan, pemasaran dan penawaran suatu produk pada konsumen secara langsung agar tertarik untuk membelinya.

Apa Itu Salesman?

Perlu Anda ketahui bahwa salesman adalah istilah lain pedagang. Salesman berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata sell dan men. Dalam bahasa Indonesia, Sell memiliki arti menjual, sedangkan man memiliki arti pria atau laki-laki. Sehingga, seseorang yang berdagang atau menjual suatu produk adalah salesman.

Syarat menjadi salesman tentunya harus memiliki kemampuan dasar berjualan atau memasarkan sebuah barang. Namun sales akan dibekali ilmu atau keahlian tambahan sebelum benar-benar bekerja.

Tugas Salesman

Salesman memiliki posisi penting dalam suatu perusahaan. Tugasnya krusial karena menjadi garda terdepan pemasaran produk. Saat penjualannya naik, benefit akan didapatkan sales sebagai imbalan dari tugas yang dikerjakan dengan baik.

1. Kuasai Produk yang Dimiliki Perusahaan

Saat bekerja menjadi salesman pada suatu perusahaan, hal yang harus dikuasai adalah produknya. Sebab, produk tersebut yang akan dijual atau dipasarkan pada konsumen agar mereka tertarik untuk membeli. Saat konsumen ingin membeli suatu barang, pastinya mereka akan menanyakan banyak hal untuk meyakinkan diri membeli barang tersebut.

Jika penguasaan produk yang dimiliki tidak baik, konsumen pasti akan ragu-ragu membeli produk. Usahakan untuk terus meningkatkan penguasaan produk agar pengetahuan Anda berkembang. Cari tahu pertanyaan yang sering diajukan konsumen tentang produk Anda agar dapat memberikan jawaban memuaskan.

2. Mencapai Target Penjualan Produk

Pada setiap pekerjaan pasti ada target yang harus dicapai. Begitu pun dengan menjadi salesman yang memiliki target penjualan. Biasanya, tiap bulan target ini akan direkap untuk menjadi laporan performa kerja salesman management.

Semakin banyak penjualan mencapai target, semakin baik pula performa kerja sales sehingga pendapatannya juga lebih banyak. Target yang dicapai ini berguna untuk menaikkan penghasilan perusahaan. Selain itu tujuan bisnis perusahaan juga dapat tercapai.

3. Mengelola Administrasi Konsumen

Selain penjualan atau penawaran, tugas salesman adalah mengelola administrasi konsumen. Misalnya data diri pelanggan, bukti jual beli dan segala hal yang berhubungan dengan administrasi konsumen. Keperluan ini bertujuan sebagai laporan perusahaan untuk mengetahui proses jual beli dengan pelanggan. Jika sewaktu-waktu ada hal tidak diinginkan, dokumen tersebut dapat dijadikan bukti valid.

4. Selalu Menjaga Nama Baik Perusahaan

Mengingat tugas salesman langsung menghadapi pelanggan, tentunya tanggung jawab yang harus dilakukan adalah selalu menjaga nama baik perusahaan. Contohnya dengan tidak menyebarkan hal buruk tentang perusahaan dan berbagai kekurangan yang dimiliki.

BACA  Buka Bisnis dengan Modal Minim Lewat 7 Usaha Anak Muda Ini

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Salesman

Percaya diri menjadi modal penting seorang salesman. Namun percaya diri saja terkadang tidak cukup, karena untuk meyakinkan hati konsumen tentu saja perlu memiliki skill dan trik mumpuni. Berikut beberapa skill lain yang perlu dikuasai.

1. Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi adalah hal yang sehari-hari kita lakukan untuk menyampaikan sesuatu pada lawan bicara. Namun dalam penjualan, komunikasi perlu dilatih agar meyakinkan para konsumen untuk membeli barang yang dijual. Skill dasar ini sangat penting dimiliki salesman guna menarik perhatian para pelanggan dengan apa yang diucapkannya tentang barang yang dipromosikan.

2. Kemampuan Dalam Bernegosiasi

Skill selanjutnya yang perlu dimiliki adalah mampu bernegosiasi. Dengan kemampuan ini sales dapat melakukan kesepakatan terkait proses jual beli dengan pelanggan. Kesepakatan yang baik membuat penjualan berjalan lancar.

3. Kemampuan Menghitung

Menghitung juga menjadi kemampuan yang perlu dimiliki salesman. Saat melakukan penjualan tentu saja mereka perlu berpikir cepat dan mengkalkulasikan harga jual produk. Sehingga saat barang tersebut dibeli, mereka bisa menjumlahkan seluruh harga dengan perhitungan cepat.

4. Kemampuan Closing Tawar Menawar Dengan Pembeli

Kemampuan utama yang harus dimiliki seorang sales yakni closing. Mengapa demikian? Saat proses tawar menawar sudah dilakukan, sales harus menggiring pelanggan untuk deal dalam pembelian. Jika closing penjualan terjadi maka target perusahaan dapat terpenuhi.

Perhitungan Produktivitas Salesman

Berikut cara menghitung produktivitas salesman:

Gunakan Average Sale Cycle

Average Sale Cycle atau siklus rata-rata penjualan dapat dilihat dari total hari kerja yang diperlukan tim sales untuk melakukan konversi pembayaran dari pelanggan. Berikut cara penghitungannya.

Average Sale Cycle = Jumlah hari yang diperlukan untuk penjualan

Jumlah total closing pembeli

Hitung Dengan Average Win Rate

Average Win Rate dapat diartikan sebagai jumlah transaksi yang sukses. Cara penghitungannya sebagai berikut.

Average Win Rate = Jumlah memenangkan peluang

peluang menang + kalah

Memahami tentang salesman adalah harapan dari pembahasan di atas. Selain itu strategi pemasaran online lainnya juga punya peranan penting dan seorang salesman harus tahu strategi pemasaran yang tepat supaya bisa meningkatkan penjualan.

Nah, ada kabar gembira buat Anda yang mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi. Kini hadir layanan Omnichannel dari HiToko.

Dengan menggunakan Omnichannel dari HiToko maka akan memudahkan Anda sebab semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu melalui produk Omnichannel ini. Jadi langsung saja registrasi gratis sekarang juga!

Banner HiToko