Saldo Refund Tokopedia: Cara Pengecekan dan Penarikan Saldo
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Istilah refund tentunya sering Anda temukan pada saat berbelanja online yang mana tersedia pilihan refund yang dilakukan ketika pembelian barang dan salah satu marketplace yang menyediakan layanan tadi adalah Tokopedia sehingga Anda akan menemukan saldo refund Tokopedia.
Refund merupakan pengembalian dana oleh penjual kepada pembeli atau buyer dikarenakan oleh beberapa alasan. Beberapa penyebabnya seperti pembatalan transaksi dan dengan adanya fitur tersebut akan mempermudah pembeli dalam memperoleh uangnya kembali.
Apa Itu Refund?
Refund ini pengembalian di dalam konteks penggantian ataupun kelebihan pembayaran. Untuk konteks luas biasanya refund dipergunakan penjual untuk mengeluarkan pengembalian uang ke pembeli dikarenakan pembeli merasa kurang pas akan barang ataupun jasa yang dibeli.
Tentunya pengembalian dana ini harus sesuai dengan aturan serta kebijakan yang berlaku. Pengembalian dana ini harus sesuai dengan jumlah uang yang dikeluarkan pembeli.
Cara Mengajukan Refund Tokopedia
Tentunya sebagai konsumen ingin semua proses transaksi berjalan lancar sehingga tidak perlu diadakan yang namanya refund. Jika mengalami kondisi yang mengharuskan untuk refund berikut ini adalah cara pengajuannya.
-
Cara Pengajuan Refund ketika Barang Belum Sampai
Ketika barang pesanan belum diterima sampai estimasi waktu yang diberikan kurir maka Anda dapat melakukan pengajuan refund berdasarkan pada status resi pengiriman.
-
Status resi masih di dalam pengiriman
Ketika pesanan Anda tidak sampai dalam 5 hari maka Anda bisa mengajukan klaim refund dan berikut adalah caranya.
- Klik “Notifikasi” dan klik “Status Pemesanan”.
- Pilih barang serta masalah yang ingin dikomplain
- Klik “Belum sampai”.
- Nantinya akan keluar form komplain yang harus dilengkapi. Isikan form secara detail mengenai permasalahan yang dihadapi serta alasan kenapa melakukan pengajuan komplain. Anda juga bisa menginformasikan seputar jumlah barang yang akan dikomplain.
- Kemudian klik “Simpan” dan jika ada lebih dari satu barang yang akan dikomplain maka Anda pilih simpan dan pilih barang lainnya. Untuk selanjutnya Anda perlu mengisi form komplain lagi.
- Selanjutnya pilih solusi berupa ingin uang dikembalikan.
- Input nominal dari dana yang ingin dikembalikan.
- Kemudian “Buat komplain” dan jika barang lebih satu maka pilih barang lain lalu isikan form komplain lagi.
- Ketika penjual menyetujui mengenai solusi yang Anda ajukan dan komplain dianggap telah selesai dan secara otomatis masuk ke dalam saldo refund Tokopedia. Ketika penjual tidak ingin menyetujui hal tersebut maka tim dari Tokopedia akan membantu mencarikan solusi terbaik.
-
Status resi terkirim namun barang belum sampai
Ketika status resi pengiriman tadi sudah terkirim namun pesanan belum tiba maka berikut adalah cara pengajuan refundnya.
- Klik “Notifikasi” dan pilih “konfirmasi Penerimaan”
- Pilih barang serta masalah yang ingin Anda komplain
- Klik “Belum Sampai”.
- Nantinya keluar form komplain yang harus dilengkapi dan isi sedetail mungkin mengenai permasalahan serta alasannya. Bahkan Anda juga dapat menginformasikan mengenai jumlah barang yang akan dikomplain.
- Jika sudah klik “Simpan” dan jika masih ada barang lain klik “Pilih Barang Lain” dan lakukan pengisian form kembali.
- Pada bagian solusi pilihlah opsi ingin uang kembali.
- Selanjutnya input nominal dana yang diinginkan
- Lalu klik “Buat Komplain” jika lebih dari satu barang maka pilih “Pilih Barang Lain” selanjutnya isikan form kembali.
- Jika permintaan disetujui maka Anda akan memperoleh saldo refund Tokopedia. Namun jika tidak maka akan dicari solusi terbaik bagi kedua pihak.
-
Cara Refund Tokopedia Ketika Barang Sudah Tiba
Terkadang barang yang Anda pesan telah sampai namun diterima dalam keadaan yang rusak, tidak sesuai, kurang, dan kendala pada harga barang ataupun ongkos kirim maka Anda bisa melakukan klaim untuk nantinya dana pengembalian dimasukkan ke Saldo refund Tokopedia dan Gopay.
- Pilih ‘Notifikasi’
Klik simbol yang berbentuk lonceng pada akun Anda dan pilih “Status Pemesanan”.
- Klik ‘Komplain’
Pilih komplain untuk pesanan yang mengalami kendala dan pilih barang serta permasalahan yang ingin Anda keluhkan.
- Klik ‘Sudah Sampai
Nantinya akan keluar form komplain yang harus dilengkapi. Form tadi berisikan detail masalah yang sedang dihadapi serta alasan kenapa Anda mengajukan komplain. Nantinya Anda bisa menginformasikan seputar jumlah barangnya.
- Klik ‘Simpan’
Setelah menyimpan form tadi pilihlah solusi guna meminta uang Anda kembali dan nominalnya. Jangan lupa unggah bukti dan keterangan untuk memperkuat komplain Anda.
Baca juga: Langkah Mudah Daftar Power Merchant Tokopedia
Cek Melakukan Pengecekan Saldo Refund
Tentu Anda bertanya-tanya kemana dimana saldo refund Tokopedia tersebut berada. Sebelum itu perlu diketahui jika Anda melakukan pembatalan transaksi memakai metode pembayaran seperti retail, transfer bank, pembayaran virtual serta debit online maka saldo akan kembali di hari itu juga. Berikut ini adalah cara pengecekannya.
- Klik menu yaitu tiga garis vertikal yang posisinya di pojok kanan atas
- Klik profil akun Anda
- Nantinya Anda klik “Saldo & Points” maka pilih “Saldo Tokopedia”
- Nantinya akan keluar saldo refund Tokopedia yang sudah Anda terima.
Cara Tarik Saldo Refund
- Buka aplikasi Tokopedia
- Klik menu yang berupa tiga garis vertikal posisinya di pojok kanan atas
- Klik profil Anda
- Masuk ke “Saldo & Point” dan pilih “Saldo Tokopedia” selanjutnya “Tarik Saldo”.
Untuk bahan informasi sebelum penarikan saldo refund Tokopedia pastikan jika Anda sudah memiliki nomor rekening terdaftar. Penarikan memakai rekening Mandiri, CIMB, BSI, BNI, BRI, dan BCA memerlukan waktu sekitar 1×24 jam.
Bank lain selain yang sudah disebutkan diatas memerlukan waktu dua hari kerja. Kalian bisa melakukan pengecekan secara berkala untuk melihat saldo refund Tokopedia dan Ovo sudah masuk atau belum. Jika ditanya apakah ada biaya untuk penarikannya tentu saja ada yaitu Rp1.000 untuk bank BRI.
Baca juga: 4 Cara Tarik Saldo Tokopedia ke OVO, Mudah dan Praktis!
Apakah Saldo Refund Bisa Digunakan?
Anda tentunya bertanya-tanya kemana masuknya saldo refund tadi dan apakah bisa dipergunakan lagi? Maka jawabannya iya. Umumnya saldo refund tersebut akan masuk ke saldo Tokopedia yang bisa Anda lakukan pengecekan di bagian akun profil.
Tidak hanya akan masuk ke saldo Tokopedia saja namun rekening bank lain yang Anda sudah daftarkan.
Namun terkadang ada beberapa orang mengalami kondisi bahwa saldo refund tidak bisa digunakan. Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu.
Perhatikan masalah syarat serta ketentuan dari promo yang Anda ikuti apakah bisa memakai saldo refund atau tidak.
Pembayaran memakai saldo refund tidak bisa lewat “Fitur Beli langsung” namun acara khusus yang harus Anda pahami.
Berbicara mengenai metode pembayaran Tokopedia tidak terbatas pada saldo Tokopedia saja namun ada beberapa cara yang dapat Anda ketahui.
- Saldo Tokopedia
- Virtual akun
- Transfer bank
- E-Wallet (Gopay, OVO, DANA, Link Aja, dll)
- Cicilan kartu kredit / non-kartu kredit
- COD atau cash on delivery
Jadi itulah yang bisa diketahui mengenai apa itu refund hingga bagaimana cara penarikan saldo refund Tokopedia.
Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.
OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!