Home/Tips Bisnis/Perencanaan Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya
Total Views: 120|Daily Views: 1

Perencanaan Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya

Perencanaan bisnis

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Untuk memulai suatu usaha, ada banyak strategi yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan membuat perencanaan bisnis.

Tahapan perencanaan ini memiliki peranan yang sangat penting. Pasalnya tanpa perencanaan yang baik dan matang, maka sudah bisa dipastikan laju usaha Anda akan terhambat. Lalu, sebenarnya apa itu perencanaan bisnis dan bagaimana cara yang tepat untuk membuatnya?

Artikel ini akan mengulas secara lengkap seputar perencanaan bisnis, dari pengertian, manfaat, alasan mengapa perencanaan sangat penting dalam bisnis, hingga bagaimana tahapan membuatnya.

Pengertian Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis

Perencanaan bisnis atau business plan merupakan salah satu tahapan yang tidak boleh Anda lewatkan. Pada tahapan ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal yang berkaitan dengan laju sebuah bisnis. Rencana yang Anda buat sebaiknya tercatat dalam dokumen tertulis.

Pengertian Perencanaan Bisnis Menurut Para Ahli

Richard L. Daft menyebutkan bahwa business plan merupakan dokumen yang berisi rincian detail terkait hal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha baru.

Hampir selaras dengan pengertian tersebut, Hisrich & Peter menyebutkan bahwa perencanaan bisnis merupakan dokumen yang berisi penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan eksternal maupun internal untuk menunjang dalam merancang usaha Anda.

Apakah perencanaan bisnis sangat penting? Jawabannya adalah iya. Pentingnya perencanaan bisnis ini dikarenakan dengan membuat perencanaan, maka Anda akan mengetahui apa saja hal-hal yang dapat menunjang keberhasilan bisnis ataupun sebaliknya.

Dengan adanya perencanaan, Anda juga bisa menentukan strategi terbaik untuk bisnis sehingga segala tujuan dan target Anda akan lebih mudah tercapai. Membuat business plan tentu memberikan manfaat bagi usaha Anda. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut penjelasannya.

Manfaat dan Tujuan Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis

Dengan membuat perencanaan yang matang, maka usaha Anda akan mendapatkan beberapa manfaat di bawah ini:

1. Membantu Mengelola Pertumbuhan Bisnis

Manfaat perencanaan bisnis yang pertama adalah untuk membantu Anda dalam pengelolaan laju usaha. Karena dengan adanya perencanaan, Anda akan memiliki panduan serta mengetahui tujuan dan target usaha Anda tersebut seperti apa sehingga pengelolaannya pun akan lebih mudah.

2. Membantu Menetapkan Strategi Pemasaran

Dengan adanya rincian perencanaan, maka Anda akan mengetahui strategi pemasaran apa yang paling pas untuk jenis dan karakteristik bisnis Anda. Penerapan strategi yang tepat tentu akan membantu bisnis Anda untuk survive dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

3. Membantu Mendapatkan Modal

Business plan yang Anda buat secara matang akan menarik perhatian investor untuk mendukung usaha Anda.

4. Menentukan dan Memantau Tujuan Bisnis

Dengan adanya perencanaan, Anda bisa menentukan tujuan bisnis. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memantau apakah bisnis sudah berjalan sesuai tujuan atau tidak sehingga bisnis Anda akan berjalan lebih sistematis.

5. Meningkatkan Keuntungan

Perencanaan yang matang pada akhirnya akan berpengaruh juga pada keuntungan perusahaan Anda. Karena ketika semua tahapan bisnis Anda berjalan sesuai rencana, maka target bisnis pun akan tercapai atau bahkan bisa melebihi target.

Berikut tahapan dalam membuat perencanaan bisnis.

Tahap Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis

Adapun tahapan-tahapan terbaik dalam perencanaan bisnis adalah sebagai berikut:

1. Buat Identitas dan Visi Misi Perusahaan

Komponen perencanaan bisnis yang pertama yang Anda harus mempersiapkan adalah identitas perusahaan, surat izin usaha, dan juga rancangan visi dan misi agar Anda mengetahui arah dan tujuan bisnisnya nanti akan seperti apa.

2. Tentukan Target Pasar

Poin ini juga penting, Anda harus menentukan siapa target pasar bisnis. Tujuannya agar produk yang Anda pasarkan bisa sampai ke target pasar yang tepat.

3. Buat Rincian Produk

Pada tahapan perencanaan, Anda juga harus membuat rincian produk seperti nama produk, deskripsi, harga, hingga komposisinya dan lain-lain. Dengan demikian, produk yang Anda buat akan semakin ideal untuk dipasarkan.

4. Buat Rencana Pemasaran

Setelah membuat rincian produk, maka selanjutnya Anda harus membuat rencana pemasaran. Tujuannya agar perusahaan mengetahui metode pemasaran yang terbaik untuk jenis dan karakteristik produk yang akan Anda jual.

5. Hitung Biaya Operasional

Poin ini juga tidak kalah penting, yaitu agar Anda mengetahui berapa banyak modal yang perlu Anda persiapkan untuk memulai bisnis.

6. Hitung Profitabilitas

Perencanaan ini berisi perkiraan profit yang akan Anda peroleh, dengan memperhitungkan biaya operasional.

7. Buat Analisis Persaingan dan Strategi

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak hanya harus mengenal perusahaan Anda saja tetapi juga perlu memahami pihak eksternal. Anda harus mengetahui siapa kompetitor Anda dalam bisnis, sehingga Anda bisa membuat rancangan strategi dengan tepat agar bisa bertahan dalam persaingan yang ketat sekalipun.

Itulah penjelasan lengkap mengenai business plan. Setelah ini, Anda sudah bisa membuat perencanaan yang matang untuk memulai bisnis. Namun setelah membuat perencanaan bisnis, Anda juga perlu merancang strategi lanjutan untuk pengelolaan dan pengembangan bisnis.

Untuk tips bisnis lainnya dan juga strategi lain untuk mengembangkan usaha, Anda bisa konsultasikan langsung dengan omnichannel karena produk omnichannel seperti manajemen produk, manajemen pesanan, hingga membuat laporan analisis dan beberapa produk lainnya dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis.

Omnichannel bisa Anda akses dengan mudah melalui HiToko. Segera rancang strategi bisnis terbaik Anda, dan maksimalkan keberhasilannya dengan registrasi gratis!

Banner HiToko