Produk Baru: Pengertian dan Tahap Pengembangannya
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Sebuah gagasan baru mempunyai peranan yang penting guna menjadikan produk bisa terus beradaptasi mengikuti perkembangan pasar. Itulah kenapa inovasi produk perlu menjadi sebuah prioritas pada pengembangan bisnis.
Pasar terus berubah serta pelanggan cenderung memiliki produk dengan nilai lebih guna memenuhi kebutuhannya salah satunya ditempuh melalui pembaharuan produk hasil dari inovasi produk tadi.
Maka dari itu pemilik usaha harus dapat mengetahui mengenai inovasi produk serta bagaimana cara untuk mengimplementasikan pada usaha yang tengah dijalankan.
Apa Itu Produk Baru?
Inovasi produk menghasilkan suatu produk yang baru, namun sebenarnya tidak betul-betul baru. Produk baru adalah produk yang tidak sepenuhnya baru akan tetapi berbeda pada tahap kebaruannya.
Hal tersebut bisa hasil dari modifikasi produk yang sudah ada maupun perluasan dari lini produk, penambahan mode produk atau imitasi produk dan hal tersebut dipandang baru bagi perusahaan namun tidak bagi pasar.
Bahkan produk yang dihasilkan tersebut tidak ada kaitannya dengan produk perusahaan tersebut sekarang (produk baru atau original). Jadi sebuah produk dikatakan itu baru tergantung soal bagaimana pasar menerimanya.
Inovasi Produk & Fungsinya Untuk Perusahaan
Produk yang baru tadi dihasilkan dari inovasi produk. Inovasi produk ini merupakan suatu upaya oleh pelaku usaha guna membuat produk untuk perbaikan, peningkatan, dan pengembangan produk yang telah diproduksi selama ini.
Inovasi yang dilakukan supaya timbul minat masyarakat untuk mencoba produk yang Anda hasilkan karena ini merupakan salah satu strategi pemasaran.
Fungsi lainnya yaitu agar usaha tidak gulung tikar tergerus oleh perkembangan yang ada. Tidak dipungkiri bahwa perkembangan zaman terus menuntut pemilik usaha agar terus melakukan inovasi supaya terus bertahan dan tidak ditinggalkan.
Baca juga:
Proses Pengembangan Dari Produk Baru
Pengembangan akan produk yang baru tentu saja bukan hal mudah untuk perusahaan karena akan dihadapkan oleh banyak masalah. Berikut ini adalah proses pengembangan atau tahap pengembangan produk baru yang perlu dilakukan supaya pengembangannya berjalan baik.
-
Pencetusan gagasan
Pencarian gagasan tersebut haruslah dilakukan secara baik serat sistematis. Terkadang dalam proses pencarian akan muncul banyak gagasan yang sebenarnya kurang sesuai usaha yang digeluti. Maka Anda harus pintar dalam memilih ide tadi dan melihat secara teliti sebenarnya produk seperti apa yang diinginkan serta pangsa pasarnya.
Banyak sumber yang bisa dijadikan sumber gagasan seperti sumber internal, pesaing, pelanggan, pemasok, distributor, dan lainnya.
-
Penyaringan Gagasan
Setelah Anda menciptakan atau mencetuskan sebagian besar ide ataupun gagasan maka tahapan lainnya yaitu melakukan penyaringan gagasan serta memilih yang paling baik dan pas dengan sumber daya perusahaan terhadap produk baru.
-
Pengujian & Pengembangan Konsep
Gagasan yang sudah lolos penyaringan dan menjadi sebuah konsep produk nantinya kembangkan serta dilakukan pengujian.
Pengembangan konsep menjadi sebuah alternatif dari konsep terbaik dan dirancang sedemikian rupa jadi bisa diketahui reaksi para pelanggan pada masing-masing produk yang baru tadi.
-
Pengembangan Strategi pemasaran
Tahapan ini dilakukan guna memperkenalkan produk baru ke pasaran. Strategi pemasaran mengalami berbagai perbaikan serta penyempurnaan di dalam proses selanjutnya.
-
Analisis Bisnis
Setelah konsep produk dikembangkan serta strategi pemasaran diterapkan maka Anda dapat melakukan evaluasi mengenai daya tarik dari usulan bisnis. Nantinya diperlukan proyeksi penjualan, biaya, target yang hendak dicapai yang mana itu harus disesuaikan dengan tujuan dari perusahaan.
-
Pengembangan Produk
Tahapan pengembangan ada tiga langkah yang perlu dilakukan seperti pembuatan model, pengujian fungsional, dan pengujian konsumen sehingga dapat mengembangkan sebuah produk baru yang sesuai kebutuhan masyarakat dan sesuai anggaran dari perusahaan.
-
Pengujian Pasar
Pengujian pasar adalah proses yang mana produk serta program pemasaran masuk di kondisi yang lebih nyata.
Melalui tahapan ini Anda akan bisa mendapatkan pengalaman yang berkaitan dengan pemasaran produk. Tujuan dari tindakan ini yaitu menguji produk pada situasi yang sebenarnya dan hasil yang diperoleh akan dipergunakan untuk pembuatan perakitan penjualan serta laba lebih baik.
-
Komersialisasi
Pengujian pasar menentukan apakah produk tadi siap dikomersialisasi ataukah tidak. Banyak keputusan yang perlu untuk dipertimbangkan di tahap ini seperti kapan, kemana wilayah pemasaran, untuk siapa, dan caranya bagaimana.
Proses Launching Untuk Produk Baru
Banyak yang beranggapan jika proses launching sangat mudah untuk dilakukan padahal kenyataannya tidak. Terdapat beberapa proses yang perlu untuk dilalui sebagai berikut.
-
Melakukan Riset Pasar
Riset pasar memiliki tujuan mengetahui harga dari produk serupa di pasaran, potensi produk, dan siapa yang akan menjadi target pemasarannya.
Riset pasar tadi menjadi dasar untuk berbagai hal yang nanti akan dilakukan selanjutnya. Ketika hasilnya menunjukkan produk memiliki potensi menjanjikan maka bisa segera dilakukan persiapan launching produk.
-
Ciptakan Nilai Unik Produk
Produk serupa namun memiliki nilai unik tentunya akan lebih menarik bagi para konsumen. Contoh produk baru yaitu air mineral, memang di Indonesia banyak jenisnya namun Anda bisa menambahkan nilai unik dengan mengklaim produk tadi berbeda dan sebutkan keunikan tari untuk branding.
-
Lakukan Promosi
Kegiatan promosi dikenal juga dengan brand awareness yaitu kesadaran akan merk. Promosi bisa melibatkan banyak elemen salah satunya strategi promosi.
Strategi promosi baik tidak sebatas pada penunjukan kualitas serta keunggulan produknya akan tetapi bisa menjangkau target pasar dengan tepat
-
Manfaatkan Media Sosial
Tidak dipungkiri hadirnya internet membuat kegiatan promosi menjadi lebih mudah bahkan melalui media sosial Anda dapat membangun suatu hubungan lebih personal kepada calon konsumen. Untuk biaya tergolong lebih murah ketika akan mempromosikan produk baru dibandingkan dengan cara konvensional.
-
Pelayanan Pasca Penjualan
Pelayanan yang baik akan memberikan banyak keuntungan seperti menumbuhkan kepuasan pada konsumen, memungkinkan pengembangan produk dari permasalahan yang dimiliki konsumen, dan pelayan bisa menambah kesetiaan para pelanggan.
Tahukah Anda jika konsumen sudah merasa puas akan melakukan komunikasi getok tular atau word-of-mouth dan ini akan berpotensi mendatangkan banyak konsumen baru bagi perusahaan.
Evaluasi Pada Produk
Tentu saja sebelum melakukan launching resmi Anda harus melakukan evaluasi terhadap produk yang dimiliki salah satunya dengan uji pemasaran (skala kecil). Kalian paham saat pengembangan suatu produk baru tidak bisa secara langsung dikomersialisasikan.
Kalian perlu melakukan uji pemasaran secara aktual dengan skala kecil. Tujuannya supaya perusahaan bisa memperoleh gambaran aktual melalui pemasaran produk tadi. Pengujian ini juga berguna untuk menguji pemasaran awal serta produk tadi.
Program pemasaran tadi mencakup strategi promosi, target pasar, dan lainnya. Tentunya dengan evaluasi yang benar tadi Anda bisa melakukan investasi lebih maksimal.
Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui soal produk baru mulai dari pengertian, tujuan, pengembangan, tahapannya, dan evaluasinya. Jadi ketika akan mengeluarkan suatu produk jangan tergesa-gesa sebaiknya lakukan pengembangan dengan baik dari segi produk serta strategi pemasarannya agar maksimal hasilnya.
Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.
OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!