Home/Strategi Marketing/Pentingnya Logo dalam Proses Branding, Ini 5 Manfaatnya
Total Views: 388|Daily Views: 1

Pentingnya Logo dalam Proses Branding, Ini 5 Manfaatnya

Apa yang Sahabat HiToko pikirkan ketika melihat logo centang pada sepatu Nike? Anda langsung percaya bahwa sepatu tersebut punya kualitas yang bagus, bukan? Begitulah peran logo branding, yaitu untuk menguatkan identitas brand. 

Mari kita bahas tentang logo branding, mulai dari perbedaannya dengan identitas brand, tujuan dan manfaat, serta informasi lainnya.

Tentang Logo Branding dan Identitas Brand

Brand identity atau identitas brand berfungsi untuk membuat usaha Anda lebih unik dan sebagai pembeda usaha Anda dengan perusahaan lainnya. Identitas brand dibentuk dari kumpulan elemen yang diciptakan perusahaan. Salah satu elemennya adalah sebuah logo.

Logo adalah alat yang digunakan dalam aktivitas branding berupa simbol grafis. Logo umumnya dibuat mewakili perusahaan. Perbedaan logo branding dan identitas brand ada pada prosesnya dan tentu menghasilkan hal yang berbeda pula. 

Jadi, bisa dikatakan bahwa identitas brand lebih luas dari logo branding. Identitas brand mencakup bentuk fisik dan non fisik, sementara logo pasti punya bentuk fisik.

Tujuan dan Manfaat Logo Branding

Sebagai alat untuk branding, logo punya tujuan dan manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan kesadaran merek

Logo membantu khalayak mengingat perusahaan atau produk yang dihasilkan hanya dalam beberapa detik.

2. Menarik perhatian masyarakat

Berkaitan dengan meningkatkan kesadaran merek, logo bisa menarik perhatian masyarakat hanya dalam dua detik. 

3. Membuat identitas yang kuat

Membuat logo yang solid bisa membuat konsumen menilai bisnis Anda dari penampilan. Oleh sebab itu, logo perlu dibuat sedemikian rupa untuk merepresentasikan perusahaan.

4. Dasar dari pembentukan identitas brand

Warna, corak, penggunaan jenis tulisan menentukan cerita yang ingin diceritakan perusahaan sebagai identitas brand. Bisa dikatakan sebagai dasar dari narasi identitas brand.

5. Menumbuhkan loyalitas merek

Logo yang tumbuh bersama kesadaran merek akan membuat konsumen percaya dan loyal terhadap perusahaan.

Baca juga: 7 Cara Membuat Brand Tagline Menarik dan Contoh-contohnya

Apa Bedanya Logo Branding dan Logo Desain?

Desain logo digunakan untuk melakukan aktivitas logo branding. Aktivitas logo branding dilakukan untuk meningkatkan kesadaran merek sehingga membentuk identitas brand. Jadi, logo desain bisa ditempatkan pada setiap aset yang dimiliki perusahaan. Misalnya di kemasan produk, website, media sosial, proposal bisnis iklan, serta aset lainnya. Makin sering terlihat, maka desain logo akan makin familiar. Brand perusahaan juga akan lebih dikenal.

Lakukan Hal Ini dalam Membuat Logo Branding

Tujuan logo branding adalah membentuk identitas brand. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pembuatan logo branding.

1. Kenali brand perusahaan Anda

Adna perlu memahami visi, misi, dan tujuan perusahaan ke depannya, bahkan mengenal karakter konsumen saat membuat logo branding. Mengenali brand perusahaan bisa membantu membuat desain logo yang tepat untuk logo branding.

2. Desain aplikatif

Menggunakan logo dengan desain yang akpilatif bisa membuat logo terlihat jelas dan menarik saat diaplikasikan ke berbagai alat promosi. Pastikan bahwa nama dan susunan hurufnya bisa terbaca oleh oleh masyarakat ketika logo dipasang di berbagai instrumen promosi.

3. Tentukan instrumen promosi

Anda perlu punya bayangan ini menempatkan logo di instrumen promosi apa saja. Misalnya di papan iklan besar atau media yang lebih kecil. Hal ini memengaruhi penggunaan format logo serta desain logo yang lebih sederhana dan fleksibel.

Demikian artikel tentang logo branding. Sebagai pelaku bisnis, sebaiknya pikirkan matang-matang proses pembuatan logo desain dan aktivitas logo branding karena akan sangat berdampak terhadap pembentukan identitas brand.

Dapatkan tips membangun bisnis, terutama bagi UMKM, dan solusi kemudahan mengelola bisnis di HiToko, omnichannel yang bisa membantu Anda mengelola banyak toko hanya dengan satu dashboard. 

Anda juga bisa mengetahui terkait sifat kewirausahaan  agar dapat menjalankan bisnis dengan baik. Salah satu hal yang perlu diperharikan dalam branding dan memulai bisnis terkait memperhatikan customer retention agar konsumen terus melakukan pembelian pada bisnis anda.  Anda juga dapat menggunakan layanan Omnichannel dari HiToko yang dapat membantu Anda dalam mempermudah managemen bisnis anda.

Untuk Anda bisa menggunakan layanan OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga!

Daftar Hitoko