Home/Tips Marketplace/Jumlah Pengguna TikTok di Indonesia, Potensi Cuan!
Total Views: 1.242|Daily Views: 9

Jumlah Pengguna TikTok di Indonesia, Potensi Cuan!

Pengguna TikTok di Indonesia

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Saat ini, TikTok menjadi media sosial yang paling populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, pengguna TikTok di Indonesia menjadi yang terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Dari tahun ke tahun, pengguna TikTok memang selalu naik secara signifikan. Aplikasi yang menyajikan video pendek ini memang sudah berhasil menyita perhatian banyak orang, terutama mereka yang berusia remaja.

Sebenarnya, apa saja keistimewaan dari TikTok?

Seputar TikTok

Pengguna TikTok di Indonesia

TikTok merupakan aplikasi media sosial dan platform music video, yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi dan berbagi video pendek. Menariknya adalah TikTok menawarkan beragam filter dan juga audio yang membuat video pendek itu jauh lebih menarik.

Tidak hanya itu, penggunanya juga tidak perlu lagi menggunakan aplikasi lain untuk membuat video. Fitur TikTok sudah lengkap mulai dari membuat, mengedit, hingga membagikan konten cukup dengan satu aplikasi saja.

Bahkan, TikTok terus mengembangkan fiturnya. Saat ini, penggunanya bisa membagikan video dengan durasi yang lebih panjang yaitu hingga 60 detik atau 1 menit.

Berbagai fitur yang menarik dan juga kemudahan untuk berkreasi membuat TikTok menjadi media sosial dengan jumlah pengguna yang besar dibandingkan media sosial lainnya.

Jumlah Pengguna TikTok di Indonesia

Pengguna TikTok di Indonesia

Data pengguna TikTok 2022 di seluruh dunia terus mengalami peningkatan. Menurut data dari We Are Social, TikTok telah memiliki pengguna aktif sebanyak 1,4 miliar setiap bulannya dengan rata-rata usia 18 tahun ke atas.  

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 15,34% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang berjumlah 1,2 miliar pengguna. Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut menyumbang jumlah pengguna TikTok.

Penggunaan TikTok di Indonesia memang terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Data terbaru dari We Are Social pada April 2022 menyebutkan bahwa Indonesia menempati peringkat kedua, sebagai pengguna TikTok terbanyak di dunia setelah Amerika.

Pengguna aktif di Indonesia mencapai angka 99,1 juta orang. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 23,1 jam per bulan untuk menggunakan aplikasi TikTok.

Data pengguna TikTok berdasarkan usia didominasi oleh kelompok usia 20-29 tahun yaitu sebanyak 35%. Kemudian, peringkat kedua adalah kelompok usia 10-19 tahun dengan presentasi 28% dari total.

Data TikTok Indonesia berdasarkan lokasi paling banyak berada di Jakarta, lalu disusul oleh Jawa Timur dan Jawa Barat. Sedangkan, gender didominasi oleh perempuan sebanyak 68% dan laki-laki sebanyak 32%.

Banyaknya pengguna TikTok di Indonesia tentu bisa menjadi potensi bisnis yang menjanjikan. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya.

Strategi Penggunaan TikTok untuk Lahan Bisnis

Pengguna TikTok di Indonesia

TikTok memang bisa Anda jadikan sebagai lahan bisnis karena penggunaan TikTok bisa memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda.

1. Bisa Menjangkau Banyak Audiens

Banyaknya pengguna TikTok di Indonesia tentu menjadi bekal awal mengapa aplikasi yang satu ini cocok Anda gunakan untuk berbisnis.

Terlebih lagi pengguna TikTok terbagi pada beberapa kelompok usia, sehingga akan memudahkan Anda untuk menjangkau audiens dalam memasarkan sebuah produk.

2. Menyediakan Banyak Pilihan Format Iklan

TikTok juga menawarkan kemudahan dengan adanya berbagai fitur format iklan yang bisa Anda pilih.

Beberapa format iklan yang bisa bisa Anda pilih di antaranya adalah top view ads, in-feed ads, brand takeover ads, dan branded hashtag challenge.

3. Hemat Biaya Iklan

Kabar baik lainnya bagi Anda adalah TikTok menawarkan biaya iklan yang relatif rendah, sehingga Anda bisa menghemat biaya promosi.

Terlebih lagi, TikTok menawarkan untuk membantu brand yang masih belum terkenal untuk memperoleh jangkauan organik, namun tanpa biaya yang besar.

Jadi, bagi Anda yang masih pemula dalam berbisnis atau Anda memiliki bisnis kecil seperti bisnis makanan rumahan, maka bisa memanfaatkan TikTok sebagai media promosi.

4. Memiliki Engagement Tinggi

TikTok bisa Anda jadikan sebagai strategi pemasaran karena memiliki engagement yang tinggi.

Data menyebutkan bahwa rata-rata pengguna menghabiskan waktu sebanyak 52 menit per harinya untuk mengakses TikTok. Durasi tersebut memberikan potensi lebih banyak orang yang akan melihat dan berinteraksi dengan konten promosi Anda.

5. Buat Konten yang Menarik dan Viral

Sadarkah Anda bahwa beberapa waktu terakhir ini, apa saja yang viral di TikTok maka akan viral di media sosial lainnya? Saat ini, TikTok sudah menjadi trendsetter bagi konten-konten yang viral.

Anda bisa membuat konten yang menarik hingga viral melalui TikTok, sehingga konten barang viral Anda akan lebih banyak dilihat oleh audiens.

6. Bisa Menggunakan Layanan Omnichannel

Strategi lain dari berbisnis menggunakan TikTok adalah Anda bisa memaksimalkan bisnis dengan menggunakan layanan Omnichannel dari HiToko. HiToko menyediakan solusi untuk membantu Anda para pebisnis dalam mengelola toko online.

Produk Omnichannel memiliki beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan seperti manajemen produk, manajemen pesanan, integrasi toko, laporan analisa, dan beberapa fitur terbaik lainnya.

Kabar baik lainnya adalah Anda bisa mengakses Omnichannel dari HiToko dengan cara registrasi gratis sekarang juga!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!