MSRP: Pentingnya Menentukan Harga Ecer Produk dalam Bisnis
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Dalam bisnis jual beli dikenal dengan singkatan MAP dan MSRP yang berhubungan langsung dengan harga produk. MAP merupakan harga minimum produk yang diiklankan, sedangkan untuk Msrp adalah singkatan dari harga eceran yang disarankan oleh produsen.
Dalam sebuah bisnis, pihak produsen tidak diperkenankan untuk meminta pada penjual eceran untuk menentukan harga produk dengan jumlah tertentu, yang kemudian membuat banyak produsen memberikan harga yang disarankan bersama dengan harga minimum yang diiklankan pada masyarakat luas.
Pengertian MSRP
Msrp adalah harga eceran yang disarankan oleh produsen yang ditunjukkan dalam bentuk harga stiker untuk setiap produk yang dijual oleh pengecer. Umumnya harga ini banyak diterapkan dalam prosedur penjualan kendaraan mobil, meski demikian hampir mayoritas produk eceran selalu dilengkapi dengan keterangan harga MSRP.
Dalam bisnis jual beli, harga eceran yang disarankan oleh produsen juga seringkali disebut sebagai harga eceran yang disarankan atau RRP, harga jual, harga stiker atau harga eceran produk. Tujuan dari pengembangan harga tersebut adalah untuk membantu bisnis dalam upaya menstandarkan harga produk yang ada di berbagai lokasi bisnis berada.
Cara Menentukan MSRP
Msrp adalah ditentukan dengan mempertimbangkan banyak hal dalam operasional bisnis dan menggunakan strategi secara khusus. Dengan mengetahui bagaimana strategi penentuan harga yang tepat maka Anda bisa menentukan harga produk dengan baik dan benar.
Sebelum menentukan harga jual produk yang tepat dan sesuai, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam proses penentuan harga jual. Diantaranya adalah sebagai berikut :
-
Cek biaya produksi dan promosi produk
Hitung dengan cermat biaya produksi yang dilakukan, ongkos kerja karyawan dan biaya promosi yang dibutuhkan. Setelah itu terhitung dengan benar, Anda bisa menambahkan keuntungan dengan jumlah persentase yang wajar, kemudian jumlahkan semuanya untuk mendapatkan harga jual yang tepat.
-
Tentukan target pemasaran produk
Kemudian hal berikutnya yang juga penting untuk diperhatikan adalah untuk menentukan target pemasaran produk. Dengan catatan jika harga produk bisa lebih murah maka akan lebih menarik lebih banyak konsumen.
-
Pertimbangkan elastisitas harga
Penting untuk disadari bahwa dalam cara menentukan harga penjualan dengan benar bisa membuat besarnya permintaan produk bersifat elastis. Dalam artian harga bisa mengalami perubahan jika ada permintaan yang lebih tinggi.
Baca juga:
Metode Menentukan Harga Jual Produk
Ada beberapa cara dalam menentukan harga jual produk. Berikut ini metodenya:
-
Cost Plus Pricing
Cara pertama, yaitu untuk menentukan harga jual produk yang disarankan adalah dengan menjumlahkan biaya total produksi per jumlah produk, kemudian setelah itu baru bisa menambahkan margin pricing adalah sesuai dengan yang ingin didapatkan dalam bisnis. Adapun rumus perhitungan harga Msrp adalah:
Harga Jual = perkiraan biaya penuh + laba yang diinginkan
-
Mark up pricing
Cara menghitungnya adalah dengan menambahkan modal atau harga beli produk dengan jumlah keuntungan yang ingin didapatkan.
Metode ini menggunakan rumus sebagai berikut :
Harga jual = Harga Beli Produk + Harga Mark Up
-
Break Even Pricing
Metode penentuan harga ini dilakukan hanya dengan menaikkan harga produk dengan initial markup sejumlah 50 persen sampai 100 persen dari biaya produksi.
-
Manufacturer Suggested Retail Price
Untuk mendapatkan harga produk secara umum tak membutuhkan perhitungan secara khusus. Sebab harga pokok dari produk sudah ditetapkan oleh asosiasi pebisnis pada satu bisnis atau industri yang sama atau memiliki tingkat yang setara.
-
Market Based Pricing
Metode untuk menentukan harga ini menggunakan cara yang hampir sama dengan cara menentukan Msrp price, hanya saja untuk harga ini ditentukan secara alami sesuai dengan kesepakatan sekelompok penjual tertentu atau dengan mengikuti harga umum yang berlaku di pasaran.
-
Value Based Pricing
Metode penentuan harga produk ini dilakukan dengan menentukan harga berdasarkan nilai produk, seperti misalnya nilai khas yang tak ada dalam jenis produk lainnya. Biasanya penentuan harga ini digunakan untuk menentukan harga produk karya seni yang antik.
Maka tentunya semua sudah paham, dalam strategi penentuan harga Msrp adalah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor di dalamnya, yaitu :
Faktor biaya tetap atau fixed cost
Adalah biaya usaha yang besarannya tidak ditentukan oleh tinggi atau rendahnya kegiatan perusahaan. Adapun jenis biaya yang masuk ke dalamnya meliputi ; biaya sewa gedung, biaya gaji karyawan, perawatan mesin, tagihan listrik dan berbagai biaya lainnya yang dibutuhkan dalam operasional usaha.
Faktor biaya variabel
Merupakan jenis biaya untuk usaha yang besarannya disesuaikan dengan volume kegiatan usaha. Untuk jenis biaya yang masuk ke dalam jenis biaya ini adalah biaya bahan baku, biaya untuk upah lembur karyawan dan berbagai biaya lainnya.
Manfaat MSRP Dalam Bisnis
Hampir mayoritas bisnis pasti memiliki tujuan secara khusus untuk memperoleh keuntungan yang sudah diperhitungkan dari produk atau jasa yang diperjual belikannya. Maka untuk memperoleh tujuan dari usaha tersebut dilakukan penentuan harga untuk produk atau jasa yang ada di dalamnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh bisnis untuk penentuan harga yang dilakukan.
-
Untuk memaksimalkan profit atau keuntungan
Manfaat yang pertama adalah untuk bisa mendapatkan profit atau keuntungan secara optimal, dimana sebuah perusahaan harus bisa menetapkan kisaran yang lumayan besar untuk harga beli dan harga produksi suatu produk atau jasa yang diperjual belikan.
-
Untuk memperoleh dan mempertahankan pasar
Penentuan harga produk juga dimaksudkan untuk bisa menjadi daya tarik dan mendapatkan pasar. Penentuan harga yang tepat tentunya dilakukan dengan membuat peta target pasar dan daya beli pasar dengan benar. Jadi meskipun perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, namun tetap harus mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki oleh pasar untuk membeli produk sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan.
-
Untuk mendapatkan pengembalian modal usaha
Sebuah perusahaan juga pastinya memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan pengembalian modal usaha secepatnya. Manfaat penentuan harga tentunya agar supaya perusahaan bisa mendapatkan keuntungan bersih di samping pengembalian modal usaha yang sudah digunakan sebelumnya.
-
Untuk mendapatkan harga yang stabil
Dengan menentukan harga jual sebuah produk atau jasa akan memberikan manfaat lainnya yaitu untuk melakukan stabilitas harga produk. Misalnya adalah ketika sebuah perusahaan melakukan penurunan harga produk yang dijual dalam sebuah pasar maka akan secara tidak langsung akan membuat pesaing bisnisnya melakukan hal yang sama.
-
Untuk bisa menjaga keutuhan dan kelangsungan perusahaan
Meski sebuah perusahaan bisa menentukan harga produk dengan harga paling rendah untuk bisa memperoleh pasar dan konsumen sebanyak-banyaknya, atau sebaliknya untuk mematok harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Namun jika hal tersebut dilakukan tentunya akan memiliki resiko tinggi, karena bisa mengancam kelangsungan dan keutuhan dari perusahaan tersebut sehingga sangat penting untuk melakukan penentuan harga produk yang direkomendasikan dalam pasar bisnis.
Sekian ulasan singkat tentang Msrp adalah harga eceran produk, cara menentukan dan manfaatnya untuk bisnis.
Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.
OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!