Pengertian Matrik SWOT Adalah, Contoh dan Cara Membuatnya
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! SWOT adalah analisis Strength, Weakness, Opportunities dan Threats dan matrik SWOT adalah menggambarkan peluang dan ancaman lingkungan eksternal dari perusahaan diantisipasi dengan kelemahan dan kekuatan yang dimilikinya. Seperti yang kita ketahui menganalisis SWOT bisa dilihat dari faktor eksternal dan internal.
Penjelasan Tentang Matrik SWOT
Matrik SWOT adalah sebuah alat pencocokan untuk membantu para manager dalam mengembangkan 4 jenis strategi, yaitu Strength, Weakness, Opportunities dan Threats.
Weakness atau kelemahan adalah kelemahan yang terdapat di bisnis Anda, Opportunities adalah faktor eksternal yang bisa menunjang bisnis Anda dan terakhir Threats atau ancaman adalah faktor eksternal yang bisa membahayakan bisnis Anda. Matrik SWOT bisa memudahkan dalam merumuskan sejumlah strategi bisnis.
Dari beberapa penjelasan matriks SWOT menurut para ahli, salah satunya adalah David (2009), yang menjelaskan jika matrik SWOT merupakan sebuah tools yang bisa membantu Anda untuk pemetaan posisi bisnis dengan faktor internal dan eksternal.
Tabel Tentang Matrik SWOT
Agar lebih paham mengenai matrik SWOT Anda bisa lihat tabel matrik SWOT di bawah ini.
Matrik SWOT ialah alat untuk mencocokkan posisi bisnis dengan berbagai faktor dan penjelasan setiap strategi di matrik SWOT di atas adalah:
-
Faktor internal
Faktor yang meliputi Opportunities dan Threats.
-
Faktor eksternal
Faktor meliputi Strength dan Weakness.
-
Strategi ST (Strength – Threats)
Strategi ST dibuat sesuai dengan kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan dalam mengantisipasi sejumlah ancaman yang ada.
-
Strategi SO (Strength – Opportunities)
Strategi SO dibuat sesuai dengan jalan pikiran setiap perusahaan, yaitu memanfaatkan semua kekuatan yang dimiliki agar dapat merebut dan memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya.
-
Strategi WO (Weakness – Opportunities)
Strategi WO diterapkan sesuai dengan pemanfaatan peluang yang ada dan caranya meminimalkan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
-
Strategi WT (Weakness – Threats)
Strategi WT didasarkan atas kegiatan yang sifatnya defensif dengan berusaha meminimalkan kelemahan-kelemahan perusahaan dan juga menghindari ancaman-ancaman yang ada.
Contoh Umum Matrik SWOT Bisnis Usaha
Contoh matrik SWOT di bisnis usaha adalah:
Nah, dari contoh di atas, bisa disimpulkan bahwa bisnis tersebut perlu segera menyesuaikan riset pasar yang terbaru dan dapat memaksimalkan pelayanan agar bisa mempertahankan pelanggan yang telah terbentuk di forum yang ada.
Pelayanan sangat berpengaruh besar dengan kenyamanan pelanggan agar mereka terus membeli produk yang dibutuhkan sesuai dengan produk yang Anda jual. Seperti yang kita ketahui matrik SWOT adalah merupakan alat pencocokan untuk membantu manager
Cara Pembuatan Matrik SWOT
Panduan cara membuat matrik SWOT dengan mudah dan lengkap adalah:
-
Membuat 9 sel
Hal pertama yang Anda lakukan dalam membuat matrik SWOT adalah membuat 9 sel. Nantinya masing-masing sel akan diisi dengan data. Sel pojok kanan atas dikosongkan 4 sel diisi dengan strategi SO, WI, ST dan juga WT dan setelah dikembangkan dengan faktor kunci S, W, O dan T.
-
Menulis daftar peluang eksternal perusahaan
Tulislah semua daftar peluang eksternal perusahaan yang dimiliki pada tabel dengan mendatar atau membuat poin-poin.
-
Menulis daftar ancaman eksternal perusahaan
Tulislah semua daftar ancaman eksternal perusahaan dengan mendatar atau poin-poin.
-
Menulis daftar kekuatan internal perusahaan
Tulislah semua daftar kekuatan internal perusahaan dengan mendatar atau poin-poin.
-
Menulis daftar kelemahan perusahaan
Tulislah semua daftar kelemahan perusahaan dengan mendatar atau poin-poin. Seperti yang kita pahami, matrik SWOT merupakan alat untuk mencocokkan dalam mengembangkan strategi bisnis, jadi tahu tahu kelemahan perusahaannya.
-
Catat Hasil Strategi SO
Cocokkan kekuatan internal dan peluang eksternal, kemudian Anda catat hasil strategi SO di sel yang sudah ditentukan.
-
Catat Hasil Strategi WO
Cocokkan kelemahan internal dan peluang eksternal, kemudian Anda catat hasil strategi WO di sel yang sudah ditentukan.
-
Catat Hasil Strategi ST
Cocokkan kekuatan internal dan ancaman eksternal, kemudian Anda catat hasil strategi ST di sel yang sudah ditentukan.
-
Catat Hasil Strategi WT
Cocokkan kelemahan internal dan ancaman eksternal, kemudian Anda catat hasil strategi WT di sel yang sudah ditentukan.
Berdasarkan penjelasan di atas, matrik SWOT adalah alat atau tools untuk membantu memetakan posisi bisnis sesuai dengan faktor internal dan eksternal.
Khusus bagi Anda yang memiliki bisnis usaha dan akan menggunakan strategi SWOT harus bisa analisa peluang bisnis dengan baik. Agar bisa bersaing dengan kompetitor, Anda perlu menciptakan produk baru yang berbeda.
Nah, Anda bisa memanfaatkan layanan Omnichannel yang telah tersedia di HiToko untuk mengelola toko online dengan baik. Anda bisa mendapatkan registrasi gratis dan manfaatkan produk Omnichannel yang tersedia untuk mengelola toko online Anda dengan efisien.