Home/Tips Bisnis/Pengertian Landing Page dan Tips Membuatnya
Total Views: 180|Daily Views: 1

Pengertian Landing Page dan Tips Membuatnya

Landing page adalah

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Dalam pemasaran digital, salah satu istilah yang sering digunakan adalah landing page. Landing page adalah halaman arahan yang memiliki peran untuk meningkatkan pemasaran bisnis melalui internet atau situs jejaring. 

Dari landing page, maka pengguna internet akan terarah untuk menggunakan produk yang dipasarkan. Berdasarkan Marketing Benchmark From 7000 Business, landing page mampu meningkatkan leads atau prospek konsumen hingga 55%.

Lalu, apa manfaat lainnya untuk bisnis Anda dan apa beda landing page dan website? Temukan jawaban lengkapnya dalam ulasan di bawah ini!

Definisi Landing Page

Landing page adalah

Landing page merupakan halaman situs mandiri yang khusus dibuat untuk kampanye pemasaran. Tujuannya selain meningkatkan jumlah orang yang menjadi pelanggan, juga dapat mendorong pengunjung untuk melakukan eksplorasi.

Cara kerjanya sendiri adalah seseorang akan melihat call to action dan diarahkan ke landing page untuk pengisian formulir. Setelah mengisi formulir, maka seseorang yang semula menjadi pengunjung akan berubah sebagai prospek bisnis.

Informasi yang pengunjung isi akan tersimpan dalam database prospek perusahaan. Dari data ini, perusahaan akan membuat kampanye digital yang sesuai sehingga pemasaran produk lebih mengenai target pasar. 

Fungsi Landing Page

Menurut WSI World atau tepatnya Cheryl Baldwin, landing page memiliki fungsi yang lebih menguntungkan daripada promosi konvensional. Fungsinya sendiri bisa Anda simak dalam poin-poin berikut ini:

  1. Mampu mengumpulkan informasi spesifik terkait pelanggan dan saran kampanye bebas dari berbagai gangguan
  2. Landing page mampu memenuhi segmentasi pasar, misalnya satu website dapat dikhususkan untuk konsumen dengan rentang usia ataupun gender tertentu.
  3. Menjadi jembatan antara calon pelanggan dengan situs transaksi atau penawaran utama dalam menampilkan sebuah produk

Manfaat Landing Page

Landing page adalah

Landing page memiliki peran sebagai marketing bisnis. Adanya landing page mampu menarik lebih banyak pengunjung pada situs. Selain itu, manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

1. Tempat Promosi

Landing page bisa Anda gunakan sebagai sarana promosi efektif untuk bisnis. Informasi yang ada pada halaman ini singkat, namun mampu menyampaikan dengan baik pesan Anda.

Landing page juga mengumpulkan data pelanggan seperti informasi terkait umur, gender, hingga alamat email. Data ini bisa Anda manfaatkan untuk analisis guna keperluan perusahaan di masa depan.

2. Memperluas Prospek Bisnis

Landing page juga bisa meningkatkan pengenalan produk. Berdasarkan MarketingSherpa, 68% perusahaan B2B mengandalkan landing page untuk memperoleh aliran prospek stabil di masa mendatang.

3. Meningkatkan Penjualan

Berdasarkan penelitian Omniture, landing page mampu meningkatkan penjualan hingga 25%. Transaksi jual beli menjadi lebih mudah, sehingga disukai pelanggan karena bisa langsung mengakses produk secara cepat dan efisien.

4. Kredibilitas dan Brand Awareness

Secara tidak langsung, keberadaan landing page juga mampu meningkatkan kredibilitas dan brand awareness perusahaan tersebut. Pelanggan lebih familiar dengan produk yang perusahaan rilis.

5. Mencegah Pelanggan Beralih Ke Pesaing

Informasi yang landing page kumpulkan bersifat pribadi dan menyasar orang-orang yang menjadi segmentasi pasar. Hal ini membuat audiens lebih fokus kepada produk dan layanan yang Anda berikan. Kemungkinan untuk beralih ke produk pesaing juga minim terjadi.

Perbedaan Landing Page dan Website

Kebanyakan orang sering menganggap website dan landing page adalah dua hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan yang sangat mencolok terletak pada navigasi yang ada.

Navigasi pada website umumnya hanya terdiri atas homepage, contact, portfolio, location, dan informasi terkait perusahaan. Sedangkan, tidak ada menu navigasi pada landing page.

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi isi. Landing page memuat informasi penawaran khusus untuk menghimpun data pelanggan seperti alamat email dan data diri singkat.

Di sisi lain, website menyediakan konten, profil bisnis, dan masih banyak informasi perusahaan lainnya. Tujuannya adalah agar pelanggan mengenal brand perusahaan tersebut.

Dari segi tujuan pembuatannya, landing page berguna untuk menjual produk atau mencari prospek bisnis. Website berfungsi menjelaskan sebuah bisnis agar pelanggan mengenal brand sebanyak mungkin.

Tips Membuat Landing Page

Landing page adalah

Untuk membuat landing page yang efektif, sebaiknya memiliki desain yang rapi dan minimalis. Tampilan penawaran dapat menggunakan headline dengan kalimat yang atraktif. Begitu juga dengan halamannya harus mobile friendly, sehingga nyaman diakses melalui perangkat mobile.

Jangan lupa untuk memasukan elemen trust signal, yakni tanda bahwa Anda bisa dipercaya. Tanda ini dapat berupa testimoni, prestasi produk, klien yang bekerja sama, maupun penghargaan atas produk dan layanan. 

Selain itu, dalam membuat landing page sebaiknya memuat harga layanan atau produk. Akan lebih menarik juga jika Anda membuat paket bundling sehingga bisa menjual beberapa produk dalam satu paket.

Landing page adalah salah satu cara meningkatkan penjualan. Selain pemasaran yang bagus, jangan lupa registrasi gratis ke HiToko untuk menikmati manfaat produk omnichannel yang akan membantu mengelola bisnis online Anda.

Banner HiToko