Pengertian Customer Service: Skill Wajib, Karier dan Gaji
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Dalam membangun sebuah bisnis, sering kali menghadirkan layanan customer service menjadi salah satu pendukung penting citra perusahaan dan kepuasan pelanggan.
Simak artikel berikut ini untuk memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai pengertian customer service, skill yang harus dimiliki hingga gaji customer service. Untuk memilih atau bekerja sebagai customer service tidaklah mudah, karena dituntut memiliki beberapa skill khusus dan tanggung jawab yang cukup serius terkait perusahaan.
Pengertian Customer Service
Customer service atau yang lebih dikenal dengan sebutan CS adalah sebuah layanan yang disediakan oleh perusahaan untuk berinteraksi dengan konsumen, baik dalam transaksi sehari – hari maupun sebagai solusi penyelesaian masalah terkait perusahaan.
Layanan CS ini sangat berdampak langsung dan bermakna pada profitabilitas perusahaan karena tim CS sekaligus berfungsi sebagai tempat pertama yang akan merespons kebutuhan konsumen.
Tugas dan Tanggung Jawab Customer Service
Setelah mengetahui pengertiannya, kini saatnya mengetahui tugas dan tanggung jawab dari customer service. Selain tugasnya dalam memberikan pelayanan terkait permasalahan produk, masih ada beberapa tugas lainnya, yaitu:
-
Menjawab Pertanyaan Seputar Produk dan Layanan Perusahaan
Seorang customer service harus selalu siap menghadapi pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan setiap saat, khususnya mengenai produk dan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, seorang CS wajib memiliki pengetahuan luas mengenai produk dan jasa yang disediakan karena akan mempengaruhi pandangan konsumen pada perusahaan kedepannya.
-
Merekomendasikan Produk dalam Memenuhi Kebutuhan Konsumen
Tugas yang kedua adalah seorang CS akan diminta untuk merekomendasi sebuah produk atau jasa yang dimiliki perusahaan, atau merekomendasikan produk pengganti ketika pelanggan mengalami masalah dalam produk sebelumnya. Hal ini sangat menentukan kepuasan pelanggan kedepannya.
-
Mengidentifikasi Penyebab Masalah yang Dialami Pelanggan Selama Bertransaksi
Tugas selanjutnya adalah customer service harus bersedia untuk mendengarkan keluhan pelanggan mengenai produk, serta memberikan tanggapan yang dapat menyelesaikan masalahnya dengan cepat dan tepat. Customer service juga bisa menyampaikannya pada tim manajemen jika diperlukan.
-
Menyampaikan Informasi Penawaran Khusus Perusahaan Kepada Konsumen
Customer service juga memiliki tugas untuk memberikan informasi mengenai penawaran khusus yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
-
Berkomunikasi dengan Konsumen dan Klien Mengenai Pengalaman Selama Menggunakan Produk atau Jasa dari Perusahaan
Terakhir, tugas customer service untuk mengkonfirmasi kembali mengenai pengalaman para pelanggan dan klien perusahaan setelah menggunakan produk atau jasa. Jika terdapat keluhan, maka perlu segera memberikan solusi yang tepat.
Skill yang Wajib Dimiliki Customer Service
Untuk menjadi customer service yang profesional, tentunya harus didukung dengan skills yang baik. Berikut beberapa skill yang harus dimiliki customer service.
- Komunikasi yang baik
- Product knowledge yang baik
- Responsif
- Persuasif
- Sabar dan mampu mengontrol emosi dengan baik
- Sigap dan tanggap
- Skill decision making
- Pendengar yang baik
Pentingnya Customer Service dalam Dunia Bisnis
Meskipun sering dianggap sepele, sebenarnya customer service ini memiliki banyak peranan penting dalam dunia bisnis. Bukan tanpa sebab, pelayanan yang baik akan meningkatkan profitabilitas perusahaan dan kepuasan pelanggan. Berikut ini beberapa alasan customer service dianggap penting bagi sebuah bisnis.
- Customer service merepresentasikan image perusahaan
- Customer service mempengaruhi tingkat penjualan
- Customer service yang baik, akan memberikan kebahagiaan dan kepuasan pelanggan
- Customer service sebagai media penghubung antara konsumen dan perusahaan
- Customer service sebagai pengaruh after sales service bagi perusahaan
Jenjang Karir dan Gaji Customer Service
Berdasarkan pengertian customer service terdapat jenjang karier dalam tiga tingkat, yaitu tingkat junior, tingkat menengah, dan tingkat senior. Berikut penjelasan mengenai tingkatan jenjang karir customer service :
- Tingkat Junior, dengan lama pengalaman kerja 1 – 3 tahun, jabatan yang bisa diambil yaitu Customer Service Representative.
- Tingkat Menengah, dengan lama pengalaman kerja 4 – 8 tahun, jabatan yang bisa diambil yaitu Customer Service Specialist.
- Tingkat Senior, dengan lama pengalaman kerja 8 tahun – lebih, jabatan yang bisa diambil yaitu Customer Service Manager/Director.
Nah, dari ketiga tingkat tersebut terdapat posisi yang bisa dikerjakan secara full time atau part time. Untuk besaran gaji yang diperoleh, biasanya akan berbeda dan menyesuaikan dari pengalaman, lokasi kerja, keterampilan persona, dan industri yang dilamar. Namun, rata-rata gaji yang diterima pada awal karier antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta / bulan.
Itu tadi beberapa hal mengenai pengertian customer service dan penjelasan lainnya yang perlu Anda ketahui sebelum merekrut seorang customer service.
Nah, apabila Anda ingin mendapatkan kemudahan lebih untuk meningkatkan bisnis, cobalah gunakan layanan Omnichannel dari HiToko yang akan memudahkan bisnis Anda dengan maksimal.
Produk Omnichannel akan memiliki sistem yang membuat semua pesanan Anda dari berbagai marketplace terintegrasi menjadi mudah dijangkau dalam satu platform. Jangan khawatir! Anda bisa mendapatkannya dengan melakukan registrasi gratis. Yuk, coba sekarang juga!