Home/Strategi Marketing/Bauran Pemasaran: Pengertian dan Konsepnya
Total Views: 395|Daily Views: 2

Bauran Pemasaran: Pengertian dan Konsepnya

Bauran pemasaran adalah

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Bauran pemasaran adalah kumpulan alat pemasaran taktis. Istilah bauran sendiri memang cukup asing dan lebih dikenal dengan marketing mix. Teknik marketing ini cukup berbeda dengan strategi pemasaran lain. Apa bedanya dan sebenarnya seperti apa bauran pemasaran itu?

Apa Itu Bauran Pemasaran?

Bauran pemasaran adalah 

Nama lain bauran pemasaran adalah marketing mix, ada pula yang menyebutnya 4P bauran pemasaran. Arti dari ketiga penyebutan di atas sama saja, jadi tidak usah bingung jika Anda mendapatinya.

Menurut Kotler dan Amstrong, bauran pemasaran adalah perangkat pemasaran. Perangkat ini meliputi banyak hal, mulai dari produk, penentuan harga, hingga tahapan distribusi. Perangkat tersebut kemudian digabung untuk memperoleh respon yang sesuai permintaan pasar.

Konsep Bauran Pemasaran

Konsep bauran pemasaran sendiri terdiri dari 4P yang meliputi product, price, place, dan promotion. Akan tetapi, ada tambahan 3P berdasarkan konsep Boom dan Bitner yaitu people, physical evidence, dan process. Jadi ada 7P bauran pemasaran secara total, baik itu produk maupun jasa.

1. Product (Produk)

Produk merupakan objek yang menyerahkan sejumlah nilai dan bermanfaat bagi pelanggan. Oleh karena itu, produk di sini tidak terbatas pada yang tampak fisiknya saja.

2. Price (Harga)

Harga ialah cerminan nilai yang harus pelanggan bayar untuk memperoleh barang atau jasa.

3. Place (Lokasi)

Tempat company berdiri bukan hanya harus strategis, tetapi mudah dijangkau pelanggan. Luasnya juga harus sesuai dengan kebutuhan operasional agar memberikan rasa aman dan nyaman. Standar lokasi ini berbeda-beda tergantung usaha, apabila online maka posisi strategis tentu tidak berpengaruh.

4. Promotion (Promosi)

Promotion adalah alat untuk mengenalkan, berkomunikasi, sekaligus mempengaruhi calon pelanggan. Tujuannya agar pelanggan tahu mengenai produknya dan berakhir di pembelian.

Pengadaan promosi tidak serta merta langsung berjalan, melainkan perlu proses panjang mulai dari mempertimbangkan cakupan, target pasar, hingga model promosi seperti apa dan sesering apa.

5. People (Orang)

Orang pada konsep marketing campuran atau mix adalah SDM yang menjalankan usaha atau operasional. Kemampuan mereka harus mumpuni dan sesuai dengan posisi yang dipegang agar semua berjalan dengan lancar.

6. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik merupakan benda milik perusahaan yang terlihat, misalnya logo atau seragam karyawan. Adanya bukti fisik juga berfungsi sebagai identitas agar calon pelanggan mengenal dan mengetahui usaha.

7. Process (Proses)

Proses merupakan langkah atau prosedur dari pembuatan hingga barang atau jasa sampai ke pelanggan. Selama proses berlangsung, ada SOP yang harus dijalankan agar semuanya mempunyai standar yang sama.

Konsep bauran pemasaran terdiri dari 7P di atas. Semuanya penting dan merupakan inti dari marketing mix. Banyaknya komponen yang ada membuat Anda harus benar-benar merencanakannya secara matang agar berhasil.

Perbedaan Marketing Mix dengan Direct Selling

Bauran pemasaran adalah

Apa perbedaan marketing mix dengan tipe strategi pemasaran yang lain? Tentunya, cukup banyak perbedaannya karena bauran pemasaran cukup kompleks dan rumit dari segi teorinya. Berikut adalah perbandingan antara marketing mix dengan direct selling.

Direct Selling

Direct selling singkatnya merupakan penjualan langsung, jadi penjual langsung menawarkan produk atau jasanya kepada pembeli. Berdasarkan deskripsi ini, mungkin ada yang berpikiran bahwa ini penjualan biasa. Akan tetapi, direct selling bukanlah berjualan di toko retail atau semacamnya. 

Maksud dari penjualan langsung adalah penjualan langsung tanpa perantara, yakni penjual secara door to door menemui pembeli untuk menawarkan produknya. Konsep ini memang sederhana, tetapi cukup berhasil dan masih banyak dipakai hingga saat ini.

Untuk keberhasilan strategi ini, mempunyai marketer yang menguasai barang atau jasa saja tidak cukup. Ia juga harus pandai dalam membujuk calon pembeli.

Kekurangan metode ini adalah cukup menguras tenaga karena harus mendatangi pelanggan langsung. Oleh karena itu, barang atau jasa yang memakai sistem ini rata-rata mempunyai nilai penjualan tinggi.

Marketing Mix

Konsep marketing mix sudah dijelaskan memakai konsep 7P. Sistemnya lebih ke perencanaan promosi yang detail dan lebih mendalam sebelum benar-benar memulai kegiatan. 

Contohnya, poin harga yang mencakup perencanaan dari sebelum produksi, produksi, hingga pemasaran. Ketara sekali perbedaan antara kedua konsep tersebut, bukan?

Penerapan bauran pemasaran untuk skill digital marketing tidak jauh berbeda dengan marketing biasa, walaupun sedikit rumit. Maka jika Anda ingin yang pasti-pasti, bisa mencoba produk omnichannel dari HiToko. Selain bisa registrasi gratis, Anda juga dapat melihat cara sukses marketplace di HiToko.

Banner HiToko