Home/Tips Bisnis/Berbagai Cara Mengajukan Pengaduan JNE
Total Views: 66|Daily Views: 3

Berbagai Cara Mengajukan Pengaduan JNE

Pengaduan JNE

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Apakah Anda sedang bingung bagaimana cara mengajukan pengaduan JNE? Di artikel ini, Anda akan menemukan jawabannya! Artikel ini juga akan memberi Anda tips aman untuk mengirim paket JNE.

Namun sebelum itu, mari kita ketahui terlebih dahulu hal apa saja yang membuat Anda harus komplain paket JNE.

Hal yang Membuat Harus Komplain Paket JNE

Dalam proses pengiriman, terkadang terjadi beberapa kendala. Jika Anda mengalami kendala berikut, Anda bisa mengajukan komplain ke JNE.

  • Paket rusak
  • Paket hilang
  • Dalam waktu lama, paket tidak kunjung datang
  • Paket tertukar

Namun sebelum itu, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu beberapa istilah pengiriman JNE. Ini bertujuan agar Anda bisa bisa menyampaikan dengan baik bagaimana kondisi paket Anda dan apa masalah yang sebenarnya sedang terjadi.

Cara Komplain JNE untuk Paket yang Terlambat

Jika paket Anda terlambat, Anda bisa mengajukan komplain dengan beberapa cara pengaduan JNE berikut ini:

1. Telepon Customer Care

Pengaduan JNE

Buat Anda yang tidak suka menunggu, Anda bisa menggunakan cara ini. Anda hanya perlu telepon JNE call center 24 jam di (021) 2927 8888 dan ajukan keluhan Anda. Namun sebelum itu, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa informasi berikut:

  • Nomor resi 
  • Nama, nomor HP, dan alamat pengirim serta penerima
  • Jenis layanan yang digunakan
  • Ciri-ciri paket
  • Rincian masalah

2. Kirim Pengaduan via Halaman Ask Joni

Pengaduan JNE

Ask Joni adalah layanan khusus yang disediakan oleh JNE untuk para pelanggannya yang ingin mengajukan komplain. Melalui halaman ini, pengguna hanya perlu mengisi form online yang sudah tersedia. 

Adapun langkah-langkah mengirim pengaduan via Ask Joni yaitu:

  1. Buka laman resmi JNE, lalu klik menu Hubungi Kami.
  2. Selanjutnya, klik Ask Joni.
  3. Isi form dengan lengkap, termasuk nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Pada bagian Subject, pilih Customer Service.
  4. Tulis keluhan secara singkat dan jelas.
  5. Jika sudah, maka klik Send Message.

Setelah form terkirim, tunggu beberapa saat. Pihak JNE akan memberi tanggapan melalui telepon. Jadi, pastikan nomor yang Anda masukkan sudah benar dan aktif. 

3. Ajukan Komplain Melalui Sosial Media

Sosial media JNE saat ini tidak hanya menjadi media komunikasi dengan pelanggan, tetapi juga bisa merespon pengaduan yang Anda ajukan. Untuk caranya, Anda hanya perlu mengirim pesan ke media sosial JNE, baik itu Facebook, Instagram, atau Twitter.

  • Instagram > @jne_id
  • Facebook > JNEPusat
  • Twitter > JNE_ID

4. Ajukan Komplain via Email

Anda juga bisa mengirim pengaduan ke email JNE yaitu customercare@jne.co.id. Pada bagian subjek email, isi dengan jenis permasalahannya. Misalnya, paket terlambat, paket rusak, dan lainnya.

Pada bagian tubuh email, tulis dengan detail permasalahannya. Jangan lupa untuk melengkapi informasi seperti nomor resi, nama, nomor HP, alamat pengirim dan penerima, jenis layanan yang digunakan, serta ciri-ciri paket.

Pengaduan JNE

Lamanya respon dari JNE akan bergantung pada banyak atau tidaknya komplain yang masuk pada saat itu.

5. Datangi Kantor JNE Terdekat

Terakhir, Anda bisa mengunjungi kantor cabang JNE terdekat. Namun, cara ini direkomendasikan jika di sekitar lokasi Anda terdapat kantor cabang JNE. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan Google Maps dengan cara ketik “Kantor JNE Terdekat”.

Apakah Bisa Komplain JNE lewat WA?

Pengaduan JNE

Untuk saat ini, Anda tidak bisa komplain ke JNE lewat WA karena JNE tidak memiliki nomor WhatsApp yang khusus untuk melayani pengaduan dari pelanggan. Namun, Anda tetap bisa menggunakan kelima cara di atas untuk mengajukan komplain.

Selain itu, Anda juga bisa datang ke kantor cabang JNE untuk mengetahui nomor WA kurir. Jika alasan yang Anda ajukan bisa diterima, petugas JNE akan memberikan Anda nomor kurir yang membawa paket Anda.

Selanjutnya, Anda bisa ajukan komplain dengan menghubungi langsung kurir yang bertugas melalui WhatsApp.

Tips Mengirim Paket JNE dengan Aman

pengaduan JNE

Untuk meminimalisir terjadinya permasalahan selama proses pengiriman, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Packing Paket dengan Aman

Pastikan paket Anda sudah dikemas dengan aman. Sebaiknya gunakan packing yang tidak mudah rusak apabila terkena cairan. Anda bisa menggunakan pembungkus plastik dan diberi tambahan selotip sebagai bahan perekat.

Jika paket Anda berisi barang pecah belah atau barang yang mudah rusak saat terkena benturan, sebaiknya tambahkan bubble wrap.

2. Gunakan Asuransi Paket

Jika paket yang Anda kirim berisi barang-barang berharga, sangat disarankan untuk menambahkan asuransi paket. Ini berguna untuk melindungi paket Anda hingga sampai di tempat tujuan.

Selain itu, jika terjadi kerusakan atau kehilangan, Anda juga lebih mudah mengurus ganti ruginya.

3. Waspadai Penipuan JNE

Anda harus waspada dengan penipuan yang mengatasnamakan JNE. Akan lebih aman jika Anda benar-benar memberikan paket ke kurir JNE atau datang langsung ke agen JNE.

Jika Anda rasa ada yang mencurigakan, segera hubungi pihak JNE atau kunjungi langsung kantor cabang terdekat. Jangan mudah percaya dengan informasi yang Anda peroleh melalui WhatsApp mengatasnamakan JNE.

Itulah tadi beberapa cara komplain paket JNE dan tips mengirim paket yang aman. Jika Anda memerlukan informasi lengkap seputar layanan jasa kirim dan pengelolaan bisnis online, maka Anda bisa mengunjungi website HiToko

Dengan registrasi gratis, Anda sudah bisa menikmati berbagai solusi menarik dari produk omnichannel milik HiToko. Produk ini menawarkan optimalisasi pengelolaan bisnis dan berbagai manfaat menarik lainnya seputar bisnis online.

Banner HiToko