Serba-Serbi Lengkap Seputar Google Trend Produk
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Google trend produk kini menjadi acuan dalam digital marketing. Dalam mengenalkan produk Anda bisa menggunakan tren Google dengan memanfaatkan keyword tertentu.
Definisi Google Trends
Google Trends adalah tools yang disediakan Google untuk mencari topik atau riset kata kunci yang sedang populer. Tampilannya sederhana dan cukup informatif serta dapat Anda gunakan secara gratis.
Melalui tools ini Anda bisa tahu topik apa yang sedang hangat dibicarakan di hampir seluruh negara. Update topik yang tampil bisa mingguan, harian atau tahunan.
Anda bisa gunakan data ini untuk mengembangkan bisnis. Misalnya, menyusun strategi dengan ulasan berita terkini agar trafik website semakin besar.
Manfaat Google Trends untuk Bisnis
Google Trends produk memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Adapun manfaatnya bisa Anda simak dalam poin-poin berikut ini:
- Mampu menentukan topik pembahasan yang sedang ramai diperbincangkan sehingga membantu menentukan topik bahasan yang bagus
- Menemukan kata kunci yang tepat untuk membuat website bisa menduduki peringkat satu di mesin pencarian Google
- Mampu menunjukkan frekuensi topik yang ingin Anda bahas. Apakah topik tersebut memiliki banyak peminat atau sebaliknya
- Sebagai bahan perbandingan topik yang dibahas dengan topik menarik lainnya dari seluruh dunia. Dengan begitu Google trends dapat membantu pemula, pemasar, atau blogger dalam menaikkan trafik websitenya
- Mampu menentukan target pengunjung dalam suatu diskusi. Pengunjung dapat melihat statistik data berdasarkan negara, bahasa, kota, dan lainnya untuk menjadi referensi dalam pembahasan blog
- Melihat popularitas topik dalam rentang waktu tertentu yang membantu meningkatkan pengunjung website itu sendiri
Cara Riset Produk dengan Google Trends
Cara menggunakan Google Trends sebenarnya tidak sulit karena bahasa pengantarnya juga bisa Anda setting dengan bahasa Indonesia. Ketika meriset produk baiknya mulai dengan memahami audience atau target pasar bisnis.
Setelah itu kunjungi laman http://www.google.com/trends/explore. Anda cukup ketikkan saja kata kunci dalam kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’ untuk melihat hasilnya. Selain itu, Anda bisa mengatur rentang waktu sesuai kebutuhan.
Nantinya akan muncul daftar topik hangat dalam waktu yang telah ditentukan. Anda juga bisa menampilkan topik tersebut dalam bentuk gambar grafik untuk mengetahui perkembangannya.
Cara Menggunakan Google Trends untuk Riset Keyword
Google Trends keyword bisa Anda gunakan untuk eksplorasi kata kunci yang tepat. Adapun langkah yang bisa Anda tempuh adalah sebagai berikut:
- Kunjungi laman https://trends.google.com/trends/?geo=ID
- Nantinya ada pilihan Year In Search untuk trending kata kunci pada tahun sebelumnya
- Pada menu recently trending menunjukkan daftar topik yang baru saja populer diperbincangkan
- Klik menu more trending searching untuk mengetahui detail pemberitaannya.
- Anda bisa mengganti negara pada menu bar atas untuk menyimak topik hangat di negara lain
Cara Membaca Grafik Google Trends
Untuk membaca grafik bisa Anda mulai dengan memasukkan kata kunci terlebih dahulu pada kolom pencarian. Misalnya, Anda mengetik Asian Game kemudian mengatur lokasi dan waktu menjadi Indonesia dengan durasi 12 bulan terakhir.
Nantinya akan muncul grafik yang menunjukkan pergerakan kata kunci tersebut sepanjang tahun. Anda bisa melihat penyebarannya untuk wilayah Indonesia di setiap kota. Lengkap pula dengan skor untuk setiap area yang membahas Sea Games.
Analisis Minat Berdasarkan Daerah
Sebenarnya dalam analisis minat berdasarkan daerah bisa dengan melihat peta yang ditampilkan. Tujuan dari analisis minat ini sebagai perbandingan selera masyarakat akan suatu berita.
Selain itu dengan mengarahkan kursor ke suatu wilayah, Anda dapat mengetahui detail tentang volume penelusurannya di wilayah tersebut. Beberapa daerah disebut sebagai metro yakni area geografis yang menyerupai area metropolitan.
Untuk melihat metro ini cukup dengan memasukkan istilah penelusuran. Lalu bagian minat kawasan, klik yang sesuai geografis Anda. Klik negara bagian beserta area metro pada peta untuk melihat hasil topik populer di wilayah tersebut.
Perbandingan Kata Kunci
Perbandingan kata kunci berguna untuk melihat volume trend keyword satu dengan lainnya. Google Trend akan menampilkan daftar kata kunci secara urut berdasarkan banyaknya volume keyword tersebut diperbincangkan. Selain itu, Anda juga bisa menggolongkan keyword berdasarkan kategorinya.
Kesimpulan
Google Trends kini menjadi acuan untuk mencari topik hangat guna menaikkan trafik website. Anda dapat memakainya untuk mencari tahu topik hangat sekaligus menjadikan keyword ini sebagai senjata dengan membahasnya dalam artikel agar website dapat menarik pelanggan.
Kata kunci ini bisa mengarahkan ke website Anda jika dalam platform tersebut membahas topik serupa. Tujuan pemakaian Google Trends sama dengan HiToko, yakni sebagai pemasaran online sekaligus mengelola bisnis daring lebih efektif.
Baik Hitoko dan Google trend produk, sama-sama memberikan dampak positif bagi bisnis Anda. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan kesempatan ini dan menghambat perkembangan bisnis online yang sedang Anda bangun.
Anda juga bisa menggunakan produk omnichannel dari HiToko yang bisa Anda dapatkan dengan registrasi gratis. Yuk daftar sekarang juga!