Panduan Cara Retur di Lazada
Panduan Cara Retur di Marketplace Lazada
Lazada termasuk salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Banyak pengunjung dan masyarakat yang berbelanja berbagai keperluan di marketplace ini. Produk yang terdata pun sangat banyak, ada produk keperluan harian, fashion wanita, produk makanan, elektronik, barang kesehatan dan bermacam produk lainnya.

Tentunya dengan bermacam produk tersebut, penjual di Lazada pun sama banyak nya. Pelayanan yang diberikan masing-masing penjual pun tentunya beragam, maka banyak yang puas dan senang setelah menerima paket dari kurir. Namun tak menutup kemungkinan pesanan yang diterima tak sesuai dengan harapan para pembeli. Karena berbeda toko, bisa saja ada kejadian salah produk dari kelalaian penjual dalam mengemas barang.
Nah apabila hal tersebut terjadi, janganlah khawatir karena Lazada memiliki kebijakan dimana kamu bisa mengembalikan barang pesanan yang tidak sesuai dengan mudah.
Berikut Cara Retur Barang di Lazada
Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk retur barang di lazada:
- Buka Aplikasi Lazada
Buka aplikasi lazada dari ponsel anda, pilih menu ‘Akun’ dan tekan ‘lihat semua pesanan”
- Periksa Produk Pesanan
Periksa produk yang status pesanan ‘Telah diterima’ namun produk yang diterima tidak sesuai dan ingin dikembalikan.
- Pilih Pesanan yang Ingin di Kembalikan
Setelah memilih pesanan yang ingin dikomplein, tekan ‘pengembalian saya’
- Pilih Produk dan Jumlah yang Dikembalikan
Pilih produk beserta jumlah produk yang ingin dikembalikan
- Pilih Alasan Pengembalian Barang
Lazada akan memberikan beberapa alasan pengembalian yang sesuai dengan masalah kamu
- Isikan Alasan Detail Barang yang di Kembalikan
Pilih detail alasan yang sesuai atau paling mendekati dengan persoalan mu
- Unggah Foto Produk yang Ingin di Kembalikan
Berikan alasan pengembalian barang dengan mengunggah foto produk yang tidak sesuai agar alasan pengembalian barang lebih kuat.
- Pilih Metode Pengembalian Dana
Pilih metode pengembalian dana, tentukan melalui ‘Transfer bank’ atau melalui saldo pembeli. Pastikan setidaknya anda memiliki satu rekening bank, agar memudahkan proses pengembalian.
- Isikan Data dengan Benar dan Lengkap
Setelah semua data terisi dengan benar, klik konfirmasi dan lanjutkan.
- Pantau Perkembangan Status
Pantau perkembangan status komplain-mu di menu akun – pengembalian.
Tahap selanjutnya kemas barang yang hendak kamu retur dengan rapi, dan kembalikan ke alamat yang akan diberikan dalam status pengembalian. Untuk kamu tidak perlu khawatir rugi ongkir retur paket ke pihak seller maupun Lazada, karena sekarang Lazada menyediakan layanan gratis pengembalian dengan melakukan drop-off ke kantor atau gerai cabang logistik company yang bekerja sama dengan Lazada. Program pengembalian produk secara gratis dari lazada bisa dilakukan dengan layanan pengantaran produk yang ingin dikembalikan melalui gerai JNE ataupun J&T, dan pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun, yaitu gratis.
Yang perlu diperhatikan dengan layanan pengembalian produk secara gratis:
- Berat maksimum untuk layanan Gratis pengembalian yaitu tidak lebih dari 15 Kg untuk JNE cashless dan tidak lebih dari 50 Kg untuk JNT Cashless
- Pastikan untuk melakukan drop-off ke jasa pengiriman yang sudah ditentukan pada formulir pengembalian, kesalahan pelanggan dengan mengirimkan ke jasa pengiriman yang berbeda maka biaya kirim tidak akan digantikan.
Bagaimana dengan barang COD ( Cash on Delivery)?
Banyak yang bertanya mengenai barang COD, pada intinya aturan pengembalian produk di lazada berlaku untuk semua produk dengan berbagai metode pembayaran termasuk COD. Hal ini menunjukan bahwa pelanggan dapat mengembalikan produk selama mengikuti syarat yang sudah ada
Syarat pengembalian produk di Lazada
Sebelum mengembalikan produk kepada pihak seller, tentunya perlu memahami syarat dari lazada maupun pihak seller. Karena tentunya setiap toko memiliki peraturan nya masing-masing.
- Barang dikembalikan dalam masa yang sudah ditentukan oleh Lazada
Setiap marketplace memiliki masa pengembalian, sama juga dengan Lazada dimana jika ingin mengembalikan produk pada masa yang sudah ditentukan, biasanya maksimal 3 hari setelah barang diterima.
2. Memahami syarat masing-masing toko atau seller
Sebelum mengembalikan produk, pastikan untuk membaca masing-masing ketentuan setiap toko, terkadang untuk barang barang yang harus dipesan terlebih dahulu, seller tidak menerima pengembalian dana namun dapat menukar produk.
3. Mengisi data pengembalian produk
Pastikan untuk mengisi pengembalian produk yang kamu ajukan dengan benar, sampaikan semua persoalan dan masalah mu mengenai barang yang kamu terima.
4. Hubungi Customer Service Seller/ Lazada
Akan lebih baik, jika kamu berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak seller sebelum mengajukan pengembalian. Namun jika ada kendala ataupun pertanyaan lainnya, kamu bisa juga menghubungi CS dari Lazada.
Jangka waktu retur barang di Lazada
Bagi kamu yang ingin melakukan cara retur barang di Lazada, pastikan waktu garansi pengembalian masih tertera di kolom. Waktu yang terhitung dimulai dari pelanggan yang menerima paket hingga tanggal yang tertera di pelacakan pengiriman sudah berhasil diterima, masing-masing paket tentunya memiliki tanggal input yang berbeda.

Proses pengembalian produk di Lazada memang terlihat banyak langkah-langkah yang perlu dilakukan, namun itu semua perlu dilakukan jika produk yang kamu terima tidak sesuai ataupun rusak. Maka sebagai pelanggan ikutilah semua cara retur barang di Lazada dengan baik.
Mengatur Pesanan dan Pengembalian Produk Dengan HiToko.
Namun bagaimana jika anda merupakan seorang penjual lazada yang menerima komplain pengembalian produk dari pihak pembeli? Kamu para penjual pun bisa mengontrol masing-masing komplain toko mu melalui HiToko App, layanan dan fitur yang HiToko berikan bisa kamu pakai untuk berdiskusi atau berbicara dengan setiap pelanggan serta memantau setiap proses retur yang ada. Tentunya fitur HiToko ini sudah dirangkum secara praktis dalam satu dashboard HiToko.

Kamu sebagai penjual, bisa mengakses HiToko App dimana saja dan kapan saja melalui ponsel kamu. Sebagai salah satu platform omnichannel di Indonesia, HiToko bertujuan untuk membantu kamu dalam mengelola semua toko online maupun offline yang kamu miliki. Dengan HiToko kamu dapat mengembangkan usahamu secara digital. Maka proses pesanan yang masuk, kelola stok yang kamu miliki, chat dengan pelanggan hingga persoalan pengembalian barang, bisa dilakukan semua melalui HiToko App.
Tingkatkan usahamu yang ada di marketplace dengan HiToko sekarang juga, daftarkan dan nikmati fitur HiToko secara gratis! Bagi kamu yang memiliki usaha skala besar pun dapat mencoba HiToko App secara gratis dengan trial selama 14 hari dengan fitur yang lebih lengkap. Untuk informasi yang lebih lanjut kalian dapat mempelajarinya disini Harga HiToko.
