Paid Promote: Definisi, Contoh dan Perbedaan Dengan Endorse
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Bagi Anda yang aktif menggunakan media sosial, Anda pasti sangat akrab dengan istilah endorse, paid promote atau yang sering disebut PP dan lain sebagainya. Keduanya memang sangat populer sekali di media sosial baik itu Instagram, TikTok ataupun medsos lainnya. Istilah tersebut menggambarkan sebuah teknik marketing yang kini sudah dilakukan dengan sangat mudah di media sosial.
Jika biasanya proses pemasaran atau marketing dilakukan oleh sales ataupun tim marketing, teknik marketing PP ataupun endorse dilakukan oleh para selebgram ataupun influencer. Tujuan dari pemasaran ini tentunya agar produk lebih dikenal dan mampu menarik para konsumen. Sudah menjadi tugas influencer sendiri yaitu memberikan pengaruh yang besar terhadap para followers di media sosialnya untuk melakukan hal-hal yang disebarluaskan.
Pengertian Paid Promote
Paid promote artinya sebuah promosi produk ataupun layanan yang dilakukan seorang pihak ketiga yang memiliki jumlah followers yang banyak. Open PP begitu bunyinya, jika seorang influencer akan membuka layanan promosi maka influencer atau selebgram akan mencantumkan kontak untuk komunikasi lebih lanjut terkait open PP tersebut.
Jadi diharapkan open PP yang dilakukan oleh pihak ketiga ini bisa menarik pelanggan serta dapat meningkatkan brand awareness pada sebuah merek. Perlu diketahui juga bahwa PP yang dilakukan oleh pihak ketiga ini jangkauannya sangat luas loh. Jadi jangan dianggap sebelah mata teknik marketing yang satu ini.
Hal tersebut karena target pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga ini tidak hanya terbatas pada followersnya saja. Jika pihak ketiga mempunyai interaksi yang baik, besar kemungkinan konten yang dibuat tersebut dapat masuk ke tab explorer yang akan lebih luas lagi jangkauannya. Jika konten Anda sudah masuk ke explorer maka tidak hanya followers Anda saja namun siapa saja dapat melihat konten tersebut.
Apa Perbedaannya Dengan Endorse?
Endorse merupakan sebuah bentuk iklan yang dilakukan oleh tokoh ataupun selebriti terkenal yaitu selebgram sebutannya, yang memiliki pengakuan ataupun kepercayaan dan rasa hormat di antara orang-orang.
Jadi sama halnya dengan paid promote, endorse juga menggunakan influencer dan selebgram untuk mempromosikan produk Anda di media sosial. Adapun perbedaan paid promote dan endorse yaitu
1. Mekanisme promosi
Kegiatan yang dilakukan keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mempromosikan sebuah produk ataupun brand yang membedakan adalah pada mekanisme promosinya. Jadi PP memiliki sistem promosi di mana influencer ataupun selebgram mengunggah sebuah gambar, foto ataupun caption yang sudah disediakan oleh si pemilik brand tersebut. Jadi pemilik brand akan mengirim sebuah materi serta membayar tarif sesuai dengan angka yang sudah disepakati.
Perlu diketahui juga bahwa pada sistem PP ini pemilik brand tidak perlu melakukan pengiriman produk untuk direview, hal inilah yang membedakan dengan sistem endorse. Jadi pada sistem endorse ini pemilik brand wajib mengirimkan produknya agar bisa direview dan digunakan oleh endorser. Lalu untuk materinya itu sendiri, biasanya juga endorser lah yang juga harus mempersiapkannya.
2. Media iklan
Perbedaan selanjutnya yaitu pada media iklan, jadi PP itu biasanya dilakukan oleh sebuah akun publik yang tersebar di media sosial dengan jumlah followers yang tinggi sedangkan endorse akan diiklankan oleh akun personel seperti influencer ataupun selebgram yang memiliki jumlah followers yang banyak juga.
3. Harga PP dan endorse
Seperti yang sudah disebutkan tadi pada sistem pembayarannya pada PP harganya disepakati oleh keduanya. Nah sedangkan endorse harga yang dibayarkan bisa berupa barter produk ataupun gabungan dari uang tunai dan produknya.
Berdasarkan tempat pemasarannya PP dibagi menjadi dua yaitu paid promote Instagram serta PP yang ada TikTok. Seperti yang diketahui keduanya baik paid promote TikTok maupun Instagram merupakan media sosial yang sedang populer penggunaannya sepanjang tahun ini.
Adapun contoh materi paid promote bisa dilakukan seperti ini,
“Mau kemana akhir tahun ini? Daripada di rumah aja mending refreshing ke cafe idaman. Kenapa ke cafe idaman, karena kali ini cafe idaman dan kuliner ini lagi bagi-bagi hadiah buat kamu yang pengen dapetin promo menarik untuk temani #Nongkidiakhirtahun. Buat dapetinnya caranya gampang banget kamu tinggal ceritain hal apa yang paling suka kamu lakuin kalo liburan jangan lupa sertakan hashtag #Nongkidiakhirtahun dan follow @cafeidaman dan @kulinerini.
Jangan lupa juga ajak dan tag ketiga temen kamu buat ikut ke @cafeidaman dan dapetin promo menarik di akhir tahun.”
Itulah informasi tentang paid promote beserta contoh materi yang bisa Anda contoh untuk diterapkan pada materi PP produk yang Anda punya. Jika Anda berencana untuk menggunakan PP maupun endorse untuk toko online Anda, coba pelajari iklan online terlebih dahulu.
Nah, satu informasi lagi yang tidak boleh ketinggalan, Anda bisa menggunakan layanan Omnichannel dari HiToko untuk mempermudah Anda dalam mengelola toko-toko online di berbagai e-commerce. Melalui produk Omnichannel ini semua toko-toko online Anda akan terintegrasi ke dalam satu pintu jadi registrasi gratis sekarang juga supaya tidak ribet lagi mengelola banyak toko online!