Omnichannel Indonesia
Apa Itu Omnichannel?
Dengan adanya perubahan dan perkembangan teknologi, tentu saja kita perlu mengikuti tren teknologi sekarang untuk usaha yang kita jalankan. Perkembangan teknologi dapat membantu kemajuan bisnis atau usaha kita, maka dari itu para pengusaha perlu mengenal teknologi omnichannel yang sudah ada banyak di indonesia ini, yang tentunya akan membantu memudahkan proses bisnis kita.

Omnichannel adalah pengembangan selanjutnya dari multichannel, namun jangkauan omni-channel lebih luas dan diperbaharui secara real-time, omnichannel merupakan platform yang mampu mengintegrasikan bermacam channel yang akan digabungkan dalam satu platform manajemen, tentunya ini guna meningkatkan pengalaman serta kepuasan pelanggan. Umumnya channel yang dijadikan satu platform berupa toko fisik, e-commerce, m-commerce, serta media sosial. Disini, omnichannel berfokus menjadi jembatan komunikasi antara pelanggan dengan perusahaan, sehingga memudahkan perusahaan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan serta mendorong penjualan yang lebih besar.
Perbedaan Omnichannel dan Multichannel
Omni-channel sering kali disamakan dengan multi-channel padahal keduanya cukup berbeda. Jika omnichannel adalah model bisnis lintas channel yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja dengan menggunakan berbagai channel baik online maupun offline, multi-channel mengacu pada jenis bisnis yang memerlukan lebih dari satu channel untuk melancarkan kegiatan bisnis dari penjual atau perusahaan. Dengan harapan, hubungan merchant dengan pelanggan atau calon pelanggan dapat terjalin secara maksimal.
Contohnya adalah dalam pemasaran produk dengan menggunakan berbagai macam saluran seperti spanduk, email, telefon, poster, website, dsb. Omnichannel hadir lebih untuk mengkombinasikan sisi online maupun offline yang akan berguna untuk memuaskan customer yang ingin melihat dan menyentuh langsung produk yang diinginkan di toko offline disamping mengobservasinya secara online.
Beberapa perbedaan yang lebih jelas bisa dilihat dari beberapa point ini:
- Omnichannel app saling terintegrasi dimana multichannel tidak saling terintegrasi
- Omnichannel lebih fokus kepada customer journey, namun multichannel lebih fokus kepada berapa banyak channel yang di gunakan
- Omnichannel app dapat memanfaatkan data untuk meningkatkan usaha serta kepuasan pelanggan, sedangkan multichannel sulit memakan data untuk menentukan strategi masa depan.
Kelebihan Omnichannel Untuk Bisnis Retail
Omnichannel memiliki banyak manfaat untuk bisnis retail diantaranya:
- Pengumpulan Data yang Lebih Baik
Dengan Omnichannel, merchants dapat melacak pelanggan melalui saluran yang berbeda-beda sehingga dapat melayani konsumen mereka dengan lebih baik. Pendekatan omnichannel memungkinkan kita memperoleh wawasan tentang cara membuat konten dan penawaran yang akan mendorong pelanggan untuk lebih terlibat dalam berbelanja baik di toko online tetapi juga di toko fisik dan dengan ini, pelanggan pun akan merasa didengar dan mengambil andil dalam kemajuan pemilik bisnis.
- Meningkatkan kesetiaan pelanggan
Dengan kemampuan Omnichannel dalam mengumpulkan dan menganalisa data pelanggan secara online dan offline. Kita dapat mempelajari tren, perilaku, dan kecenderungan pelanggan sehingga kita dapat memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan. Artinya, strategi omnichannel tidak hanya akan meningkatkan penjualan, tetapi juga meningkatkan loyalitas pelanggan.
- Meningkatkan Penjualan dan traffic
Walaupun strategi penjualan omnichannel tidaklah sesederhana dan gratis, namun itu pasti sepadan dengan keuntungan yang diperoleh. Ini karena pelanggan omnichannel menghabiskan lebih banyak uang daripada pelanggan single-channel. Dan dengan setiap channel-channel lain yang mereka gunakan, pembeli omnichannel akan menghabiskan lebih banyak uang di toko kita. Pelanggan yang menggunakan 4 atau lebih channel menghabiskan rata-rata 9% lebih banyak di toko dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan satu channel.
- Menghemat biaya
Dengan sistem yang efisien dan otomatis, kita dapat melakukan strategi pemasaran dan mempekerjakan lebih sedikit sumber daya manusia sehingga dapat mengurangi budget pengeluaran. Selain itu, menganalisis data omnichannel membantu kita agar lebih tau betul waktu kita berkonsentrasi pada channel yang lebih menguntungkan dibanding channel yang lainnya.
- Menghindari Human Error
Beban kerja manual para karyawan atau staff yang bertanggung jawab dalam pergudangan maupun pengiriman barang sangat besar. Terkadang kesalahan yang tidak disengaja pasti akan terjadi, seperti pesanan hilang, pesanan duplikat, dan pesanan salah, yang dapat menyebabkan penurunan kesan positif dari para customer. Penggunaan Omnichannel dapat menghindari kesalahan ini karena semua alur pesanan, stok, produk warehouse dan lainnya akan terorganisir secara cerdas.
Keuntungan Menggunakan Omnichannel Indonesia
Keuntungan menggunakan omnichannel untuk usaha kita sangatlah banyak terutama dalam meningkatkan efisiensi kerja perusahaan, menyederhanakan proses kerja dan mewujudkan pemrosesan data secara otomatis. Selain itu, omnichannel juga memberikan keuntungan berupa:
Omnichannel menghadirkan sebuah layanan pelanggan terintegrasi seperti dalam segi penjualan, merchandising, stok, dan perencanaan masa depan bisnis yang kita miliki.
- Meningkatkan Retensi pelanggan
Mempertahankan pelanggan adalah bagian penting dalam menjalankan suatu usaha, dengan ini customer retention rate akan lebih baik karena pilihan bagi pelanggan akan lebih banyak, tanpa takut kehilangan riwayat interaksi yang sebelumnya.
- Meningkatkan Efisiensi
Dengan mengintegrasikan seluruh saluran penjualan, kita bisa meningkatkan bisnis, menyederhanakan proses penjualan, melakukan perubahan pada produk dengan mudah serta database anda akan tersimpan di satu platform yang dapat di akses kapan saja.
- Mengotomatisasi Sistem
Dengan omnichannel, sinkronisasi inventaris, semua stok dapat terdata dengan otomatis, sehingga pelanggan dan karyawan sendiri bisa mengetahui keadaan stok secara real time.
- Low Budget
Melalui integrasi data pada berbagai marketplace, kita dapat melakukan analisis data dengan mudah dan juga mengurangi biaya operasional.
- Memecahkan Masalah
Multi-channel, multi-store dan multi-warehouse manajemen dapat menyesuaikan hal-hal yang kadang terjadi dalam suatu usaha, yakni memecahkan masalah yang timbul karena komoditi yang besar, seperti salah pengiriman, pesanan yang tertinggal, pengembalian atau penukaran barang.
- Integrasi Bisnis
Omnichannel menghadirkan sebuah layanan pelanggan terintegrasi seperti dalam segi penjualan, merchandising, stok, dan perencanaan masa depan bisnis yang kita miliki.
- Kemudahan Logistik dengan Pelayanan Pelang
Omnichannel dapat meningkatkan analisis dari perilaku pembeli sehingga dapat membantu kita dalam mengidentifikasi mengenai cara terbaik dalam memenuhi dari kebutuhan pelanggan serta perencanaan yang berkaitan dengan produk seperti jumlah inventaris yang diperlukan akan lebih matang dan terorganisir.
- Analisis Bisnis Secara Efektif
Omnichannel akan memberikan beberapa sumber untuk menarik data. Memahami sifat dan titik kontak pelanggan akan membantu kita memahami pola berbelanja para pelanggan dan menciptakan pengalaman pemasaran yang lebih memuaskan.
HiToko Sebagai Salah Satu Solusi Omnichannel di Indonesia

Setelah mengenal semua keuntungannya, para pengusaha tentunya memahami bahwa omnichannel sangat membantu usahamu, tentu saja Omnichannel di indonesia sudah banyak, namun HiToko Fam bisa mendapatkan dengan gratis membangun dan membesarkan usaha dengan HiToko Omni-channel App Indonesia dan menikmati layanan Manajemen Produk, Manajemen Pesanan, Manajemen Inventaris, Manajemen Pelanggan, Pelaporan data, Integrasi chat dan masih banyak lagi fitur yang dapat HiToko Fam gunakan. Caranya gampang banget! Cukup klik Coba sekarang secara gratis dan jadilah partner sukses bersama HiToko App. Jadi, ayo coba HiToko secara gratis sekarang juga di https://www.hitokotech.com/ sekarang juga!