Home/Tips Bisnis/Nota Belanja: Pengertian, Fungsi dan Macamnya
Total Views: 508|Daily Views: 1

Nota Belanja: Pengertian, Fungsi dan Macamnya

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Di dalam suatu aktivitas keuangan perusahaan perdagangan tentu saja aktivitas jual beli tergolong penting dan memberikan dampak kepada perkembangan perusahaan. Sebagai suatu bukti dari kegiatan jual beli tadi maka perusahaan akan memberikan suatu bukti pembayaran sah dan salah satunya yaitu nota belanja atau nota pembelian.

Nota ini memiliki banyak jenisnya dan tentunya memiliki manfaat yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai nota maka simak informasinya berikut ini.

Pengertian Nota Pembelian

Nota pembelian ini merupakan bukti transaksi pembelian dan dilakukan secara tunai. Bukti pembayaran tunai ini oleh penjual diberikan untuk pembeli ketika transaksi berlangsung. Transaksi umumnya di antara 2 orang, perusahaan maupun pihak lainnya.

Setelah transaksi selesai dilakukan pihak penjual akan memberikan nota tersebut untuk pihak pembeli. Nota pembelian ini umumnya terdiri dari 2 atau 3 lembar.

Satu lembar akan diberikan untuk pembeli dan lembar lainnya disimpan sendiri oleh penjual untuk arsip data laporan keuangan. Nota ini berguna sebagai penguat dari transaksi dan nantinya dicatat di dalam laporan keuangan.

Maka dari itu pelaku usaha harus menyimpan nota tadi untuk dipergunakan sebagai bukti data keuangan. Hal tersebut memudahkan pelaku usaha ketika akan menyusun laporan keuangan. Jangan lupa pada nota belanja ditambahkan cap stempel toko karena itu bisa menjadi penguat transaksi.

Baca juga:

Fungsi Nota Pembelian

Nota ini mempunyai banyak fungsi serta manfaat baik bagi penjual serta pembeli. Mengingat alasan tersebut nota ini tidak pernah dilewatkan saat melakukan transaksi. Jadi pastikan ketika melakukan transaksi jangan mau menerima nota belanja kosong tanpa cap dari toko karena tidak bisa digunakan sebagai bukti transaksi.

  • Pencatatan dan pelaporan keuangan

Prinsip dasar akuntansi yaitu transaksi valid ketika terdapat bukti transaksi sah serta jelas. Maka dari itu usahakan untuk meminta nota pembelian ketika melakukan transaksi sekalipun.

Walaupun transaksi secara online sekalipun, nota belanja online tetap dibutuhkan. Tujuan dari hal itu supaya proses pencatatan keuangan bisa berjalan lancar.

  • Membantu ketika berhadapan auditor keuangan

Nota ini dipergunakan sebagai bukti transaksi untuk alat koreksi di antara transaksi dengan bukti yang ada. Hal ini umum terjadi ketiak pelaku usaha sedang mencari investor guna penyaluran dana sehingga nota diperlukan guna memperlihatkan arus kas keuangan.

  • Memudahkan seluruh proses aktivasi keuangan

Nota ini diperlukan untuk bukti transaksi ketika diperlukan sewaktu-waktu. Sehingga seluruh proses pekerjaan bisa terlaksana secara cepat dan mudah.

BACA  Rumus HPP Perusahaan Dagang dan Contohnya

Seluruh pencatatan transaksi bisa dilakukan dengan transparan jika ada nota tadi, ada baiknya gunakan juga aplikasi nota belanja untuk mempermudah pekerjaan.

Macam-macam Jenis Nota Belanja

Bila diperhatikan secara sekilas memang tidak ada nada perbedaan antara nota yang ada. Tahukah Anda jika nota tadi memiliki beberapa jenis seperti kontan, debit serta kredit. Untuk penjelasannya secara terperinci Anda bisa melihat informasi berikut.

  • Nota kontan

Nota ini dibuat untuk transaksi pembelian yang dilakukan secara tunai. Nota tersebut mudah ditemukan dikarenakan banyak toko yang memakai nota belanja jenis ini.

Nota ini dibuat dua rangkap yang mana satu untuk pembeli dan satunya untuk pemilik toko. Tujuannya supaya pembeli dapat memiliki salinannya yang bisa berguna saat terjadi kesalahan.

Jika terjadi kesalahan dalam total jumlah pembayaran tentunya maka Anda bisa melakukan perbaikan dengan membawa bukti berupa nota. Jika hanya berucap saja tanpa membawa bukti maka dianggap tidak sah walaupun memang sebenarnya terjadi kesalahan.

  • Nota Kredit

Nota ini dibuat berdasarkan transaksi penerimaan barang dengan penjualan secara kredit untuk pihak yang bersangkutan.

Barang yang diperoleh tidak sesuai dengan pesanan dapat dikembalikan. Penjual tentunya akan menyesuaikan lagi barang tadi akan tetapi sesuai perjanjian  serta ketentuan dari pemilik toko karena tidak semuanya membolehkan hal tersebut.

  • Nota Debet

Nota ini dibuat berdasarkan pada transaksi pengembalian barang yang sudah dibeli dengan cara kredit ataupun terjadi pengurangan harga faktur dikarenakan harga tersebut mengalami penurunan akan kualitas maupun kerusakan.

Nantinya penjual ataupun pemilik toko akan menantikan respons pihak produsen barang guna menindaklanjuti.

Ketika telah memperoleh respons maka Anda bisa melakukan pencatatan untuk penyusutan arsip dari dokumen toko tadi.

Tentunya masing-masing jenis nota tadi bisa dipergunakan sesuai dengan kondisi yang sedang Anda hadapi jadi tidak boleh dilakukan sembarangan.

Kesimpulan

Jadi secara garis besar nota belanja merupakan salah satu bukti untuk transaksi yang sah dan bisa dipertanggung jawabkan. Kepemilikan nota sangatlah penting baik untuk pembeli ataupun pemilik usaha.

Agar segala macam pencatatan transaksi mudah dilakukan secara real time dan bisa dipergunakan sebagai bukti yang kuat maka gunakan layanan Omnichannel dari HiToko. Pencatatan transaksinya mudah dan terintegrasi sehingga kapan pun Anda memerlukan informasi terkait data transaksi akan mudah diperoleh.

OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga!

Banner HiToko