Jenis Layanan dan No. WA Shopee Express
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Shopee memiliki berbagai fasilitas dan layanan untuk fitur Shopee Express. Mulai dari pelacakan, opsi pelayanan pengiriman, hingga layanan komunikasi langsung melalui no. WA Shopee.
Di ulasan ini, kami akan membahas dengan lebih detail tentang layanan Shopee Express seperti apa saja jenis layanannya, ketentuannya, dan bagaimana cara mengajukan komplain. Di akhir, kami juga akan menyertakan daftar no. WA Shopee Express di seluruh cabang Indonesia.
Pengertian Layanan Shopee Express
Shopee Express adalah jasa pengiriman barang resmi yang manajemennya berada di bawah naungan Shopee sendiri.
Salah satu karakteristik mencolok dari penggunaan jasa kirim atau layanan Shopee Express yaitu penggunaan kemasan seragam berupa box dengan logo Shopee. Ini berbeda dari proses pengiriman yang seller lakukan tanpa melalui warehouse Shopee.
Selain itu, jasa kirim Shopee Express juga hanya tersedia untuk beberapa penjual terpilih saja. Sayangnya, tidak terdapat informasi terperinci bagaimana tipe penjual terpilih yang bisa mengaktifkan metode pengiriman Shopee Express.
Namun secara keseluruhan, pengiriman dengan Shopee Express tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Anda tetap akan mendapat resi yang bisa digunakan untuk melacak paket.
Jenis Layanan Shopee Express
Shopee sendiri memiliki berbagai fitur pengiriman untuk setiap pesanan, mulai dari pengiriman langsung sampai Shopee COD.
Untuk layanan Shopee Express, setidaknya ada empat jenis layanan yang bisa Anda pilih, yaitu Shopee Express standard, Shopee Express hemat, Shopee Express instant, dan Shopee Express sameday.
1. Shopee Express Standard
Ini merupakan jasa kirim milik Shopee untuk pengiriman reguler dengan estimasi pengiriman satu hingga tiga hari untuk kota-kota besar di Jawa.
Shopee Express standard memiliki kapasitas maksimum berat paket sebesar 50 kg untuk pengiriman ke luar Jawa. Sedangkan untuk pengiriman paket dalam Jawa, Shopee menawarkan pengiriman maksimum hingga 200 kg.
Dalam praktik pengirimannya, Shopee Express akan bekerja sama dengan berbagai wahana pengiriman untuk layanan antar ke counter di luar jangkauan wilayah seperti misalnya SiCepat Express.
2. Shopee Express Hemat
Shopee Express hemat merupakan layanan pengiriman dari Shopee untuk pengiriman dengan ongkos kirim yang lebih hemat dari ketiga layanan kirim lainnya. Tak heran jika pengiriman ini menawarkan estimasi pengiriman mulai dari 2 sampai 14 hari.
Jenis layanan kirim Shopee Express hemat menawarkan pengiriman ke luar dan dalam pulau Jawa dengan massa maksimum paket 50 kg. Dalam pengirimannya sendiri, paket akan ditangani langsung oleh kurir shopee Express.
3. Shopee Express Instant
Untuk Anda yang berada di satu kota dengan seller, dapat memanfaatkan layanan Shopee Express instant. Shopee Express instant merupakan layanan pengiriman Shopee untuk pengiriman maksimum 3 jam dari lokasi pick up.
Maksimum berat barang mencapai 20 kg dan dimensi maksimalnya adalah 50*50*50 cm. Sama seperti paket pengiriman hemat, jasa kirim Shopee Express instant juga akan mengelola barang langsung dari kurir Shopee Express tanpa ada pihak ketiga.
4. Shopee Express Sameday
Sesuai namanya, Shopee Express sameday menawarkan jasa kirim untuk pengiriman yang bisa sampai di hari yang sama setelah check out. Untuk pengiriman ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai metode pembayaran seperti Shopee PayLater, ShopeePay, hingga COD.
Durasi pengiriman dari Shopee Express sameday adalah 24 jam dan ditangani oleh kurir Shopee Express secara langsung. Namun sayangnya, maksimum berat yang bisa dimanfaatkan hanya sekitar 7 kg saja.
Cara Melacak Paket Shopee Express
Terdapat dua metode yang bisa digunakan untuk melacak paket Shopee dengan mudah, yaitu dengan aplikasi atau melalui website.
Melalui Aplikasi
- Buka Shopee, kemudian klik menu Saya di bagian pojok kanan bawah.
- Pilih opsi Pesanan Saya dan klik tombol Dikirim.
- Klik icon mobil untuk melakukan pemeriksaan keberadaan paket atau pesanan.
Melalui Website
- Kunjungi https://spx.co.id/.
- Input nomor resi paket.
- Pilih opsi Track/Lacak dan website akan menampilkan posisi pesanan paket.
Komplain Shopee Express
Jika terjadi kendala dalam pengiriman, maka Anda tak perlu cemas dan bingung. Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan customer service Shopee untuk membantu permasalahan Anda.
Ada empat cara untuk mengajukan komplain Shopee Express, yaitu:
- Live chat Shopee melalui aplikasi dengan klik Saya > Chat dengan Shopee
- Melalui situs Shopee Express dengan cara klik opsi Hubungi Kami
- Hubungi Shopee call center melalui 021-39500300
- Melalui email dengan menyertakan formulir Shopee Express
Apakah bisa menghubungi Shopee dengan WhatsApp? Tentu saja bisa, berikut kami berikan daftar nomornya.
Daftar Nomor WA Shopee Express Seluruh Indonesia
Sejauh ini, ketersediaan kurir Shopee Express memang masih terbatas di seluruh Indonesia. Artinya, masih ada beberapa daerah yang belum memiliki agen Shopee Express. Berikut ini beberapa no. WA Shopee Express di sebagian wilayah Indonesia.
Itulah tadi informasi seputar layanan Shopee Express beserta nomor WA Shopee yang bisa dihubungi saat terjadi kendala atau ingin mengajukan komplain. Jika Anda memerlukan informasi lengkap seputar layanan jasa kirim dan pengelolaan bisnis online, maka Anda bisa mengunjungi website HiToko.
Dengan registrasi gratis, Anda bisa menikmati berbagai solusi menarik dari produk-produk HiToko. Salah satunya yaitu produk omnichannel yang menawarkan optimalisasi pengelolaan bisnis dan masih banyak manfaat lainnya.