Home/Tips Bisnis/Multi Channel Retailing: Ketahui 6 Kekurangannya
Total Views: 799|Daily Views: 1

Multi Channel Retailing: Ketahui 6 Kekurangannya

Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Multi channel retailing yang dianggap memiliki banyak kelebihan, seperti dapat meningkatkan penjualan, hingga meningkatkan pelanggan. Namun, multi channel ini pun tidak luput dari adanya kekurangan. Lalu, apa saja kekurangan multi channel retailing?

multi channel online shop

6 Kekurangan Multi Channel Retailing

Semua yang ada di dunia ini tidak luput dari dua sisi, sisi positif dan sisi negatif. Seperti multi channel retailing ini yang juga memiliki sisi negatif meski ada juga beberapa sisi positifnya. Berikut adalah sederet kekurangan multi channel e-commerce.

1. Membutuhkan Banyak Admin

Apabila Anda memiliki toko yang sudah berkembang pesat penggunaan solusi multi channel ecommerce ini tentunya membutuhkan admin yang banyak. Apabila Anda hanya membutuhkan satu admin untuk mengatur satu atau dua tempat.

Namun, dengan semakin banyaknya tempat penjualan, maka Anda juga akan semakin membutuhkan admin yang tambah banyak. Hal tersebut bertujuan untuk menyeimbangi berbagai permintaan dan kebutuhan pelanggan.

Tidak hanya itu saja Admin juga akan mendapatkan berbagai pertanyaan atau komplain dari pelanggan. Sehingga apabila jumlah admin terbatas akan membuat proses administrasi dan juga sistem customer service tidak dapat berjalan dengan baik.

Sistem customer service yang buruk dapat berakibat pada kekecewaan pelanggan yang hendak membeli produk yang Anda jual.

2. Membutuhkan Administrasi yang Baik

Dengan jumlah tempat Anda berjualan yang semakin banyak, maka sistem administrasi pun harus lebih baik. 

Apabila di awal hanya menggunakan satu sistem administrasi, dengan bertambahnya tempat jualan maka Anda harus menemukan sistem administrasi yang lebih baik.

Hal tersebut dikarenakan pelanggan yang akan datang dari berbagai platform penjualan sehingga Anda harus lebih teliti dan lebih cermat dalam melakukan sistem administrasi.

3. Pengeluaran Bertambah

pengeluaran bertambah

Apabila Anda menambah atau meningkatkan penjualan serta penghasilan, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan dari sistem multi channel retailing. Namun, hal tersebut ternyata sebanding dengan bertambahnya pengeluaran.

Kekurangan multi channel retailing dalam bidang pengeluaran ini disebabkan oleh bertambahnya tenaga kerja, seperti admin customer service, admin penjualan, admin gudang, dan juga admin data entry.

Dengan bertambahnya jumlah tenaga kerja tersebut, maka jumlah pengeluaran pun bertambah semakin banyak. Selain beberapa tenaga di atas, adanya tenaga kesehatan juga dapat membuat Anda memiliki pengeluaran yang tentunya lebih besar.

Hal tersebut dikarenakan solusi tersebut tidak lain membutuhkan jaringan internet yang pastinya membutuhkan biaya dalam pemasangan atau menjadi pelanggan suatu operator.

4. Perhatikan Stok dengan Baik

Dengan memiliki platform penjualan yang banyak, maka Anda pun harus sering melakukan updating stok yang ada di gudang. Hal ini bertujuan apabila terdapat stok barang yang habis tidak akan tercantum lagi pada platform yang satunya.

Atau Anda juga dapat membagi stok barang antara platform satu dengan platform lainnya sehingga tidak terjadi miss komunikasi dengan para pelanggan.

5. Masalah Keamanan

keamanan multi channel retailing

Data security technology template vector with shield icon

BACA  Kartu Stok Barang: Kelola Stok Barang Bersama HiToko

Kekurangan multi channel retailing yang selanjutnya adalah perihal masalah keamanan. Hal ini sering kali membuat khawatir karena kurangnya kepercayaan serta privasi yang mencegah para konsumen dari membeli secara online.

Biasanya konsumen juga khawatir akan data pribadi yang mereka yang disediakan diminta ketika tengah melakukan transaksi secara online.

6. Kurang Cocok Untuk Kategori Tertentu

Dalam masalah tertentu untuk suatu produk yang membutuhkan keterlibatan pelanggan yang relatif lebih tinggi. 

Dengan e-tailing (electronic retail), produk-produk retail kerap kali sulit untuk disediakan informasi yang cukup untuk pelanggan. Jadi, hanya saja penjual lebih tahu perihal kualitas yang asli. Sehingga memang tidak semua kategori produk cocok menggunakan e-tailing.

Nah itu tadi beberapa kekurangan multi channel retailing, untuk mengantisipasi ini semua, anda bisa coba layanan omnichannel. Omnichannel memudahkan anda untuk mengelola semua akun marketplace anda hanya melalui satu tempat saja. Anda dapat memastikan tidak ada lagi pesanan yang terlewat atau bermasalah tanpa teratasi karena semua bisa di monitor dengan baik hanya melalui satu akun saja. 

Baca juga: 5 keuntungan menggunakan strategi omnichannel marketing

Salah satu penyedia layanan ini adalah HiToko. Layanan omnichannel HiToko tidak hanya membantu anda mengelola pesanan saja, tapi juga mengelola chat dari setiap marketplace bahkan persediaan barang yang anda miliki. Anda bisa mencari tau detail lebih lengkapnya disini dan coba layanan gratis kami sekarang!

banner hitoko