Mengenal Pengertian, Contoh, dan Tingkatan Key Opinion Leaders (KOL)
Halo Sahabat HiToko! Key Opinion Leaders (KOL) adalah seorang pakar dalam suatu bidang. Kepakarannya dalam suatu bidang tersebut membuat pendapat atau suara yang diberikan akan cenderung didengar oleh orang-orang.
KOL juga disebut sebagai pemimpin dalam suatu pemikiran, maka dari itu mereka memiliki pengikut dan otoritas sendiri. Di dunia nyata, KOL adalah mereka yang dihormati dan memiliki persona yang baik di tengah masyarakat. Jika ditilik dari sosial media yang mereka punya, KOL tak jarang memiliki pengikut yang banyak layaknya influencer sosial media, ini terkadang membuat orang-orang bingung membedakan antara KOL dan influencer.
Namun, ciri-ciri utama yang dapat diamati dari seorang KOL menurut majalah bisnis Forbes adalah bahwa biasanya KOL memiliki pekerjaan atau mendedikasikan hidupnya dalam suatu bidang kepakarannya. Misalnya mereka bisa jadi adalah seorang penulis, konsultan, pengusaha, ilmuwan, dan lain sebagainya.
Pekerjaan, pengalaman, dan kepakaran KOL dalam suatu bidang tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk membangun kesadaran dan kepercayaan dengan pelanggan mereka dan akibatnya akan meningkatkan penjualan.
Ketika KOL utama mempromosikan merek yang berada dalam bidang keahlian mereka, mereka tidak hanya menarik perhatian audiens besar pada suatu merek atau produk, tetapi dengan mereka sendiri yang mempromosikan, maka secara langsung juga menawarkan pendapat ahli dan dukungan kepada merek.
Kepercayaan pelanggan kepada suatu merek atau produk di bawah rekomendasi KOL cenderung akan meningkat. Sejumlah studi menunjukkan bahwa KOL dapat meningkatkan brand awareness dan engagement sosial media. Selain itu KOL juga mampu menggiring opini pada pengikutnya mengenai suatu merek atau produk.
KOL di Indonesia
1. Juna Rorimpandey (Chef Juna)
Salah satu KOL di Indonesia yang sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia adalah Chef Juna. Namanya melambung setelah menjadi juri di ajang pencarian bakat memasak MasterChef Indonesia.
Sederet pengalaman di ranah masak memasak membuat dia menjadi salah satu sosok yang memiliki pengikut yang tak bisa dibilang sedikit, pengikut akun Instagramnya mencapai 1,5 juta. Chef Juna kerap membagikan postingan beragam masakan buatannya. Maka tak heran jika sejumlah brand makanan meminang dia sebagai KOL untuk mempromosikan produk mereka.
2. Reisa Broto Asmoro (dr.Reisa)
Seorang dokter, model, dan presenter, Reisa menjadi sosok yang semakin dikenal masyarakat Indonesia setelah menjadi pembawa acara di salah satu acara kesehatan Dr.Oz Indonesia. Reisa juga pernah menjadi anggota tim komunikasi public Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.
Di ranah sosial media, akun Instagram pribadinya memiliki 2,1 juta pengikut. Pengaruhnya dalam bidang kesehatan membuat sejumlah brand yang mengangkat isu kesehatan mengajaknya bekerjasama.
3. Ade Rai
Ade Rai dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai seorang binaragawan, professional fitness, dan pelaku pola hidup sehat. Salah satu prestasi yang membuat Ade Rai dikenal publik adalah saat ia menyumbangkan medali emas untuk Indonesia pada ajang IFBB Sea Games 1997.
Ade Rai memiliki akun Instagaram dengan pengikut mencapai 602 ribu. Popularitas dan spesialisasinya di bidang binaraga dan fitness membuat sejumlah brand memintanya untuk mempromosikan produk mereka.
Tingkatan KOL
KOL dapat dibagi menjadi lima tingkatan berdasarkan jumlah pengikut di sosial media mereka, berikut sebutan tingkatan berdasarkan rentang jumlah pengikutnya menurut laman Influencer MarketingHub:
Nano = 1.000 – 10.000 pengikut
Micro = 10.000 – 50.000 pengikut
Mid-tier = 50.000 – 500.000 pengikut
Macro = 500.000 – 1.000.000 pengikut
Mega = lebih dari 1.000.000 pengikut
Itulah hal-hal yang perlu anda ketahui terkait Key Opinion Leader (KOL). Anda juga bisa mengetahui lebih lanjut terkait social trend 2022 agar dapat menentukan dengan KOL yang anda pilih sesuai dengan trend di masyarakat. Untuk meningkatkan distribusi dari iklan internet anda selama menggunakan jasa KOL, anda juga dapat menggunakan layanan Omnichannel dari HiToko yang dapat membantu Anda dalam mempermudah managemen bisnis anda.
Untuk Anda bisa menggunakan layanan OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga!