Mengenal E-Commerce Enabler serta Manfaatnya
Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Agar dapat bertahan di tengah persaingan e-commerce yang semakin ketat, pelaku bisnis e-commerce dapat menjalin kerjasama dengan pihak e-commerce enabler sebagai salah satu cara optimalisasi bisnis.
E-commerce enabler adalah pihak yang menyediakan jasa implementasi strategi bisnis. Sederhananya, e-commerce enabler merupakan pihak ketiga yang menawarkan semua solusi bagi pelaku bisnis untuk memasarkan prdouknya secara online.
Pihak e-commerce umumnya menyediakan sejumlah fasiliitas dan layanan yang dapat berguna bagi kemajuan bisnis. E-commerce enabler akan membantu pelaku bisnis terhubung dengan pelanggan potensial yang menjadi target marketing.
Strategi marketing yang ditawarkan e-commerce enabler biasanya berdasarkan keinginan dan trend pasar, serta berorientasi pada pencapaian dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh pelaku bisnis.
Untuk mewujudkannya pihak e-commerce enabler akan menganalisis pasar dengan cara memahami segmen pasar, memahami ketahanan produk, hingga trend produk.
Jasa yang Ditawarkan E-commerce Enabler
Pelaku bisnis dapat memilih beragam pilihan layanan yang ditawarkan sesuai kebutuhan bisnis mereka. Berikut cakupan layanan yang ditawarkan oleh e-commerce enabler menurut GLG Insight:
Konsultasi strategis, layanan ini membantu brand memasuki pasar dengan menyusun strategi pasar sesuai dengan kebutuhan pelaku bisnis. Pihak e-commerce enabler akan membantu menganalisis pasar agar sesuai dengan target yang diinginkan.
Produksi konten, layanan ini meliputi layanan foto dan pembuatan deskripsi produk menarik dengan menggunakan beragam model seperti infografis ataupun video.
Manajemen toko, ini meliputi banyak hal seperti membuat toko; mengelolanya; memeriksa harga, promosi, dan inventaris; hingga pemrosesan pesanan.
Manajemen rantai pasokan, layanan ini berguna untuk merencanakan persediaan agar memastikan tidak ada kesenjangan dalam persediaan.
Pengiriman, meski proses pengiriman barang ditangani melalui perusahaan logistik pihak ketiga, yang dilakukan oleh e-commerce enabler adalah memfasilitasi pemrosesan pesanan dan memastikan tidak ada kesalahan, sehingga konsumen menerima paket tepat waktu. Mereka memiliki sebuah fitur add-on analitik bisnis yang berguna untuk menganalisis pengiriman.
Analisis data, e-commerce enabler dapat melihat data untuk mencari tahu masalah yang sedang dihadapi brand, seperti mengapa peringkat kata kunci brand turun atau memberikan masukan tentang bundle item yang berguna untuk keberlangsungan bisnis.
Menemukan peluang produk baru, e-commerce enabler juga memberikan layanan untuk melihat data dan menghasilkan strategi produk baru, seperti gagasan untuk membuat produk dalam ukuran yang lebih kecil, ukuran yang lebih besar, atau rangkaian paket khusus untuk pelanggan online berdasarkan perkiraan kebutuhan pelanggan.
Layanan pelanggan, e-commerce enabler juga menyediakan layanan pelanggan seperti menjawab obrolan melalui berbagai saluran, baik itu pasar, saluran media sosial, atau situs web brand. E-commerce enabler menggunakan platform perangkat lunak yang dapat mengelola dan melacak semua data tersebut.
Manfaat E-Commerce Enabler untuk Brand
Sebelumnya telah dijelaskan apa saja yang bisa dilakukan oleh e-commerce enabler, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa menggunakan e-commerce enabler memiliki beragam manfaat.
Hal yang paling menarik adalah bahwa e-commerce enabler menempati posisi sebagai wadah penyedia semua solusi bagi pebisnis yang bergelut di dunia perdagangan online. E-commerce enabler biasanya juga memiliki personel yang ahli dan berpengalaman di bidang online marketing. Jasa yang mereka tawarkan dapat meningkatkan efisiensi sebuah brand untuk mengembangkan bisnisnya.
Jika ditilik dari sisi biaya, menggunakan jasa e-commerce enabler tentu jauh lebih terjangkau bagi brand ketimbang harus membentuk tim sendiri untuk melakukan fungsi yang ditawarkan oleh e-commerce enabler. Terlebih, jika brand tersebut baru memasuki ranah penjualan online.
Nah, bagi Anda yang memiliki toko online di berbagai macam platform e-commerce sekarang tidak perlu lagi repot harus membuka aplikasi e-commrce satu per satu. Karena HiToko hadir untuk membantu Anda dengan layanan omnichannel. Omnichannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan omnichannel dari HiToko, Anda dapat mengatur semua produk, pesanan hingga chat dari berbagai toko online yang Anda miliki. Coba gratis sekarang juga!