Mengenal Creator Brief: Unsur dan Ketentuannya
Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Creator brief merupakan elemen penting bagi seorang creator dalam melakukan pekerjaannya. Creator brief adalah sebuah acuan atau stimulus berisi deskripsi yang memberikan penjelasan tentang apa yang harus dilakukan. Creator brief juga bisa disebut sebagai kerangka acuan tugas. Tugas yang dimaksud dapat berupa content meliputi video, gambar, audio, hingga gerakan kampanye.
Seorang creator pada awal membuat sebuah tugas memerlukan creator brief agar tugas yang mereka kerjakan memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan dan rencana, ini memperkecil kemungkinan hasil yang tidak tepat.
Creator brief secara umum mencakup tiga faktor yaitu memberikan pandangan yang realistis, memberikan pemahaman yang jelas, dan memberikan arahan yang jelas mengenai pesan apa yang akan disampaikan kepada target audiens.
Creator brief yang baik adalah brief yang detail, namun brief yang detail bukan berarti harus panjang dalam banyak halaman. Usahakan creator brief disusun tetap singkat, padat, dan jelas.
Saat memilih bekerjasama dengan seorang creator, tentu harus dilandasi dengan rasa percaya terhadap kemampuan creator tersebut. Maka agar hasil yang diinginkan memuasakan, dalam membuat creator brief penting untuk tidak membatasi kreatifitas creator. Creator yang mengerahkan kreatifitas aslinya akan memberikan dampak autentik pada karya yang dihasilkan.
Selanjutnya, creator brief harus menjelaskan kondisi keseluruhan tentang mengapa tugas ini harus dilakukan hingga apa tujuan yang ingin dicapai. Tak lupa juga untuk memberikan penjelasan tentang kategori audiens yang ingin disasar.
Memberikan contoh atau referensi pada creator juga bisa menjadi pilihan, ini dapat memungkinkan creator memahami model tugas yang ingin dicapai.
Unsur-Unsur Creator Brief
- Terdapat sejumlah unsur yang ada dalam sebuah creator brief yang baik, ini meliputi:
- Deskripsi perkenalan awal mengenai tugas (content atau kampanye) yang akan dilakukan
- Penjelasan detail deadline tugas, rincikan kapan saja kapan tugas harus diselesaikan, revisi, approval, hingga rilis
- Deskripsi apa yang harus dilakukan oleh seorang creator
- Jelaskan media apa yang akan digunakan untuk ekseskusi tugas, misalnya media sosial, website, media cetak, atau bahkan tv dan radio.
- Jelaskan tujuan yang ingin dicapai dalam tugas ini, misalnya: meningkatkan pengunjung untuk website atau sosial media, meningkatkan engagement, hingga meningkatkan brandawareness.
- Jelaskan pesan kunci yang ingin disampaikan dalam tugas ini. Misalnya tagline kunci, bahasa yang digunakan, hingga hashtag yang akan digunakan. Kata kunci yang unik dan menarik sangat penting terutama dalam memposisikan pesan yang akan disampaikan.
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Creator Brief
- Saat membuat creator brief ada sejumlah pedoman yang harus dilakukan mengenai apa saja yang harus dilakukan, dan apa saja yang jangan dilakukan, antara lain berikut ini:
- Jangan menyebutkan merek lain dalam tugas yang akan dilakukan
- Jika melakukan kerjasama dengan pihak lain, maka kerjasama tersebut harus diungkapkan dengan jelas pada setiap produk tugas
- Jika tugas tersebut disponsori pihak lain, maka pastikan tidak membingungkan audiens mengenai sponsorship
- Saat rilis, pastikan tag perusahaan dalam semua produk tugas yang dihasilkan
- Produk tugas harus ditayangkan selama waktu yang telah ditentukan
- Penting untuk mengikuti semua pedoman yang berlaku dalam setiap sosial network
Content brief yang tepat akan menghasilkan efektifitas dan efisiensi kerja. Content brief yang tepat dapat memangkas waktu creator dalam mengerjakannya. Bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang hanya karena content brief yang tidak tepat sehingga berujung revisi berkali-kali.
Nah, bagi Anda yang memiliki toko online di berbagai macam platform e-commerce sekarang tidak perlu lagi repot harus membuka aplikasi e-commrce satu per satu. Karena HiToko hadir untuk membantu Anda dengan layanan omnichannel. Omnichannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan omnichannel dari HiToko, Anda dapat mengatur semua produk, pesanan hingga chat dari berbagai toko online yang Anda miliki. Coba gratis sekarang juga!