Mengenal Creative Agency: Jasa dan Manfaat bagi Pelaku Bisnis
Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Creative agency adalah pihak yang menawarkan jasa solusi kreatif untuk membantu pelaku bisnis mencapai tujuannya. Creative Agency merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di era internet yang semakin massive ini.
Semua hal bergerak dengan cepat, masyarakat dihadapkan dengan berbagai pilihan. Produk kecantikan misalnya, jika kita melihat kembali 2 dekade yang lalu, pilihan akan produk kecantikan tidak terlalu beragam. Bandingkan, dengan banyaknya ragam produk kecantikan yang beredar di pasar sekarang ini.
Banyaknya pemain dalam pasar yang sama tentu membuat persaingan ketat antar pelaku bisnis produk kecantikan tak dapat dielakkan. Untuk bertahan dalam dunia bisnis, pelaku bisnis harus memiliki strategi yang tepat sehingga pasar dapat mengenal produknya. Maka dari itu pelaku bisnis dituntut untuk selalu berpikir kreatif.
Cece Wijaya dalam buku berjudul Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia menjelaskan bahwa berpikir kreatif adalah kegiatan menciptakan model-model tertentu, dengan maksud untuk menambah agar lebih kaya dan menciptakan yang baru.
Selanjutnya, Munandar dalam buku berjudul Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat menjelaskan bahwa berpikir kreatif adalah kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah.
Melihat urgensi berpikir kreatif dalam dunia bisnis, maka pada titik ini creative agency melihat peluang dengan menjadi pihak yang menawarkan solusi kreatif untuk membantu pelaku bisnis mencapai target bisnis yang diinginkan. Layanan yang ditawarkan oleh creative agency cukup beragam namun secara garis besar layanan yang ditawarkan tak lepas dari kegiatan “kreatif”.
Jasa yang Ditawarkan Creative Agency
Orang-orang yang bekerja dalam sebuah creative agency biasanya mereka yang memiliki kemampuan spesialisasi kreatif masing-masing seperti copywriter, videographer, photographer, art director, illustrator, dan lain sebagainya.
Saat bekerjasama dengan pelaku bisnis (klien), pekerjaan akan disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis, creative agency biasanya bekerja dengan sejumlah rentetan kegiatan.
Namun demikian, secara garis besar kegiatan creative agency bisa dibagi menjadi dua kategori besar yaitu strategi pemasaran kreatif dan desain kreatif. Dua kategori tersebut biasanya berjalan berkesinambungan karena sebagian besar klien akan membutuhkan keduanya.
-
Strategi Pemasaran Kreatif
Saat membantu pelaku bisnis mengembangkan strategi pemasaran, creative agency biasanya akan menganalisis permasalah awal, menawarkan strategi, mengeksekusinya, hingga tahap evaluasi.
Creative agency akan mengajak pelaku bisnis (klien) berkomunikasi tentang apa yang hendak dicapai serta kendala apa yang sedang dihadapi. Kendala yang dihadapkan klien ini kemudian dianalisis bersama tim. Setelah analisis yang dilakukan creative agency akan memberikan sejumlah solusi dalam bentuk strategi kreatif yang dapat dilakukan.
Pada tahap ini, klien akan memberikan pendapatnya tentang solusi yang ditawarkan, jika dirasa cukup bagus dan bisa diekseskusi maka creative agency akan melakukan eksekusi secara langsung. Setelah strategi dieksekusi, maka tahap akhir yang dilakukan adalah melakukan evaluasi kegiatan, apakah strategi tersebut dinilai berhasil atau tidak. Creative agency biasanya akan memberikan data yang relevan sebagai bentuk laporan dan evaluasi kepada klien.
-
Desain Kreatif
Desain kreatif adalah upaya yang dilakukan untuk melakukan desain yang baik dan menarik. Tentu, kegiatan dilakukan berdasarkan keinginan klien. Ini biasanya mencakup pembuatan konten yang baik menurut selera pasar.
Copywriter, videographer, photographer, art director, hingga illustrator bisanya akan bekerjasama untuk menghasilkan produk kreatif yang akan membuat pengaruh yang baik bagi klien. Produk yang dihasilkan dapat berupa pembutan logo perusahaan, konten media sosial, artikel pemasaran, hingga video promosi.
Manfaat Creative Agency bagi Pelaku Bisnis
-
Hemat Waktu
Creative agency terdiri dari orang-orang yang ahli dibidangnya, sehingga mereka dapat memahami dengan cepat apa yang dibutuhkan oleh pelaku bisinis. Mereka juga umumnya terbiasa menghadapi deadline ketat dan hasil maksimal.
-
Hemat Biaya
Jika pelaku bisnis harus membentuk tim sendiri dengan beragam keahlian yang dibutuhkan, tentu biaya yang harus dikeluarkan akan cukup menguras kantong. Menggunakan jasa creative agency dapat menjadi solusi menghemat biaya.
-
Perspektif Berbeda
Kerap kali cara pandang atau perspektif dari pihak lain dibutuhkan untuk kemajuan suatu bisnis. Creative agency yang merupakan orang dari luar bisa memberikan cara pandang yang berbeda yang mungkin selama ini tidak disadari oleh pelaku bisnis.
Nah, bagi Anda yang memiliki toko online di berbagai macam platform e-commerce sekarang tidak perlu lagi repot harus membuka aplikasi e-commrce satu per satu. Karena HiToko hadir untuk membantu Anda dengan layanan omnichannel. Omnichannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan omnichannel dari HiToko, Anda dapat mengatur semua produk, pesanan hingga chat dari berbagai toko online yang Anda miliki. Coba gratis sekarang juga!