Memahami Peluang Pasar Adalah Kunci Keberhasilan Bisnis
Halo sahabat HiToko! Bagi seorang pebisnis, memahami peluang pasar adalah kunci untuk kesuksesan bisnis. Sebab semakin besar peluang yang Anda miliki, maka semakin besar juga potensi keberhasilan.
Sayangnya, tidak semua pebisnis sudah mengetahui arti dari peluang usaha serta cara untuk mencarinya.
Namun tenang saja jika Anda juga belum begitu memahami tentang peluang pasar. Sebab Anda bisa mengerti lebih dalam mengenai hal ini dengan membaca penjelasan berikut.
Pengertian Peluang Usaha
Peluang pasar atau potensi pasar adalah suatu kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh seorang pebisnis untuk mencapai tujuan bisnis. Kesempatan tersebut dapat berupa keadaan pasar, kebutuhan konsumen, kondisi lingkungan dan berbagai hal lainnya.
Dengan mengetahui potensi pasar, pebisnis dapat mengambil langkah dan keputusan secara tepat.
Sebagai contoh, keputusan untuk bertahan atau keluar dari pasar sangat ditentukan oleh potensi pasar. Jika potensi pasar besar, maka pebisnis dapat memilih untuk bertahan. Namun jika potensi pasar kecil, pebisnis dapat keluar dari pasar tersebut.
Tanpa mengetahui potensi pasar, pebisnis bisa keliru dalam mengambil keputusan. Misalnya dengan tetap bertahan di dalam pasar yang potensinya sangat kecil. Tentu hal ini akan menyulitkan bisnis dalam mencapai keuntungan di masa mendatang.
Metode Peluang Usaha
Ada banyak cara mencari peluang pasar. Namun, setidaknya terdapat tiga metode yang biasa digunakan oleh para pebisnis. Berikut adalah ketiga metode tersebut.
1. Analisis SWOT
Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk mencari peluang pasar adalah metode analisis SWOT. SWOT merupakan singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang) dan threat (ancaman).
Metode ini dilakukan dengan melihat kondisi internal (kekuatan & kelemahan) perusahaan serta kondisi eksternal (peluang & ancaman). Dengan begitu, Anda bisa melihat kelebihan bisnis yang mampu mendapatkan minat dari calon pelanggan.
2. 5W + 1H
Anda pasti sudah kenal dengan istilah 5W + 1 H. Ternyata istilah ini juga dapat Anda gunakan untuk membantu mencari peluang pasar.
Buatlah jawaban atas apa produk yang Anda jual, kepada siapa produk ditujukan, kapan menjualnya, dimana lokasi yang tepat, mengapa produk Anda istimewa serta bagaimana cara menjualnya.
Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda akan lebih mudah dalam menentukan langkah bisnis ke depan.
3. Analisis Kompetitor
Cara analisis pasar yang selanjutnya adalah melakukan riset terhadap (calon) kompetitor. Sebab sangat penting bagi Anda untuk mengetahui lawan yang akan bersaing dengan Anda.
Jika Anda baru memulai bisnis, maka sebaiknya hindari pasar yang telah memiliki banyak kompetitor raksasa di dalamnya. Karena akan sangat sulit bagi Anda untuk bisa bersaing dengan kompetitor-kompetitor tersebut.
Manfaat Peluang Usaha
Sebagai kunci dari kesuksesan bisnis, memahami peluang usaha tentu memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengetahui peluang usaha.
1. Menentukan Kelayakan Bisnis
Dengan memahami peluang pasar, Anda bisa mengetahui kelayakan suatu bisnis untuk Anda jalankan. Jika peluang pasar sangat besar, maka tidak perlu ragu untuk memulai bisnis tersebut.
2. Mengenal Calon Pembeli
Memahami peluang pasar membuat Anda menjadi lebih dekat dengan calon pembeli. Hal ini akan membantu Anda dalam banyak aspek termasuk proses pengembangan produk.
3. Memprediksi Risiko
Bisnis selalu memiliki risiko. Dengan memahami peluang pasar, Anda bisa memprediksi risiko yang mungkin muncul di masa depan sehingga Anda bisa menyiapkan pencegahannya dengan lebih baik.
4. Menentukan Strategi Bisnis
Memahami peluang usaha akan mempermudah Anda dalam menentukan strategi bisnis. Contoh peluang pasar di masa sekarang yang mengedepankan penjualan secara digital. Maka Anda bisa memanfaatkan berbagai marketplace untuk mendapatkan banyak pelanggan marketplace.
Cara Melakukan Riset Peluang Usaha
Meski terdapat banyak metode untuk riset peluang pasar, namun terdapat beberapa kesamaan di antara metode tersebut. Berikut adalah beberapa cara utama yang perlu Anda lakukan dalam menganalisis pasar.
1. Mengenali Konsumen
Dengan mengenali calon pembeli, Anda bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang ada di pasar. Dengan begitu Anda bisa menyiapkan strategi bisnis untuk memenuhi kebutuhan agar mendapatkan kepuasan pelanggan.
2. Melihat Persaingan
Pasar yang sudah memiliki terlalu banyak kompetitor sangat berisiko untuk Anda masuki. Sebaliknya, jika belum ada persaingan di dalam pasar tersebut, kesempatan Anda untuk menjadi pemimpin pasar sangatlah besar.
3. Analisis Kondisi Lingkungan
Kondisi lingkungan dapat sangat berpengaruh terhadap kondisi pasar. Contohnya kondisi ekonomi suatu masyarakat akan mempengaruhi tingkat konsumsinya. Hal ini dapat Anda jadikan perhitungan ketika membuat strategi bisnis.
Perbanyak Keuntungan Melalui Berbagai Marketplace
Salah satu peluang pasar di zaman sekarang adalah penggunaan marketplace untuk berbelanja. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan hal ini dengan membuka banyak toko di berbagai marketplace.
Tidak perlu khawatir mengenai cara mengelola berbagai marketplace tersebut. Karena Anda bisa menggunakan HiToko untuk mengelola banyak toko hanya dari satu wadah.
Dengan berbasis sistem ERP, HiToko merupakan produk omnichannel yang menjadi solusi untuk para pebisnis di masa sekarang.
Apalagi dengan proses registrasi gratis yang tidak akan membuat bisnis Anda mengalami kerugian.
Perlu Anda ingat bahwa besarnya peluang pasar adalah sia-sia jika tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk menggunakan HiToko untuk membuka peluang usaha yang lebih besar.