Home/Tips Bisnis/Catat! Berikut 7 Marketplace Terbesar di Indonesia
Total Views: 270|Daily Views: 2

Catat! Berikut 7 Marketplace Terbesar di Indonesia

Marketplace terbesar di Indonesia

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Siapa sih yang tidak gemar belanja online? Meskipun ada banyak toko offline, tetapi tampaknya masyarakat saat ini lebih memilih belanja online. Terutama, belanja di marketplace terbesar di Indonesia.

Marketplace merupakan media pemasaran yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis online. Saat ini, sudah banyak pebisnis yang berjualan di marketplace atau e-commerce, mulai dari bisnis skala kecil hingga brand besar di Indonesia.

Ranking Marketplace di Indonesia 2022

Nah, bagi kamu yang bergelut di bidang bisnis dan ingin menjualkan produknya secara online, berikut ini rangkuman ranking marketplace Indonesia 2022. Ranking ini disusun dari yang terpopuler berdasarkan angka jumlah pengunjung web bulanannya untuk Q2 2022.

1. Tokopedia

Tokopedia, atau yang sering disebut sebagai toko ijo, merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Saat ini, Tokopedia menduduki ranking pertama dengan total pengunjung bulanan sebesar 158.346.667.

Banyak orang yang bahkan menganggap Tokopedia lebih unggul dari rivalnya dari segi kemudahan aplikasi dan website. Hal tersebut bisa dilihat dari kecepatan respons dan loading, serta bug yang minim baik di aplikasi ataupun website.

Fitur yang tersedia sebenarnya tidak jauh berbeda dengan para pesaingnya, dimana Tokopedia menawarkan kemudahan transaksi dan berbagai pilihan ekspedisi pengiriman. Selain itu, ada pula fitur statistik toko dan broadcast.

2. Shopee

Shopee merupakan marketplace yang berasal dari Singapura dan sangat identik dengan logo dan warna oranye. Bahkan marketplace ini sering dikatakan sebagai tempat jualan online terlaris di Indonesia. Jumlah pengunjung marketplace ini mencapai angka 131.296.667 orang, dimana angka tersebut menempatkannya di posisi kedua setelah Tokopedia yang menjadi pesaing utama.

Shopee selalu membuat promosi yang besar-besaran di Indonesia, sehingga tidak heran jika brand yang dibawanya dikenal hampir seluruh masyarakat Indonesia. Anda bisa melihatnya dari iklan di televisi, YouTube, atau bahkan ketika sedang scroll media sosial pun pasti ada iklan Shopee.

Hal ini menjadi tanda bahwa Shopee sangat memperhatikan marketing dan branding untuk mempersuasi khalayak agar menggunakan layanan dari marketplace tersebut.

3. Lazada

Lazada merupakan salah satu marketplace dengan banyak keunggulan yang ditawarkannya. Keunggulan tersebut beberapa di antaranya adalah promo ongkos kirim dan promo produk, metode pembayaran yang beragam, dan potensi penjualan dengan pasar yang luas.

Lazada pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 dan hadir di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam. Lazada sudah didukung dengan berbagai layanan marketing unik serta layanan jasa lainnya.

Lazada juga mempunyai fitur rewarding untuk para penggunanya, dimana Anda bisa memperoleh keuntungan seperti subsidi harga serta potensi terlibat di dalam kampanye promosi. Lazada sendiri berada di posisi ketiga dengan jumlah pengunjung web bulanannya sebanyak 26.640.000 visitors.

BACA  Pengertian SKU Manfaat Beserta Contohnya

4. Bukalapak

Bukalapak menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia sekaligus yang paling tua. Saat ini, mereka berada di posisi keempat dengan angka pengunjung web bulanan sebesar 21.303.333 pengunjung.

Bukalapak merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang memiliki misi untuk menciptakan perekonomian yang adil bagi semua pihak. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2010 dan kemudian berhasil menjadi perusahaan unicorn di tahun 2017.

5. BliBli

Marketplace selanjutnya adalah BliBli, yang menempati peringkat kelima dengan jumlah pengunjung web bulanannya sebesar 19.736.667 pengunjung. Blibli memiliki fitur menarik untuk seller yaitu Bliklan, yang dapat membantu Anda sebagai seller dalam mempromosikan produk yang dijual.

Iklan tersebut nantinya bisa muncul baik di aplikasi atau website BliBli. Misalnya pada halaman hasil pencarian, detail produk, atau halaman setelah pengguna selesai melakukan transaksi.

BliBli sendiri adalah platform marketplace buatan Indonesia yang memiliki model bisnis dengan fokus Business to Business. Mitra yang dimiliki oleh BliBli sendiri sudah mencapai angka lebih dari 100 ribu mitra dengan berbagai produk menariknya.

6. Orami

Orami merupakan marketplace yang khusus menyediakan berbagai produk wanita, ibu rumah tangga, dan bayi. Orami sendiri adalah gabungan dari marketplace Moxy dan Bilna. Segmentasi Orami sendiri memang cukup berbeda dengan marketplace lain, dimana hanya ditujukan untuk ibu hamil dan orang tua. Model bisnis yang diusungnya pun merupakan model inventori.

Maksudnya di sini adalah mengambil barang yang berasal dari brand tertentu untuk dijual. Dengan kata lain, penjualan dilakukan langsung oleh pihak Orami. Orami ada di posisi keenam dengan jumlah pengunjung web 16.176.667.

7. Ralali

Ralali merupakan marketplace yang mengusung konsep bisnis Business to Business atau B2B. Kategori produk yang dijual dalam Ralali di antaranya ada bahan bangunan, keperluan Horeca, peralatan kantor, dan lain-lain.

Layanan yang tersedia untuk seller yang berjualan di Ralali dapat berupa permintaan harga, layanan logistik, bantuan permodalan, penghubung antara brand dan distributor, dan lain-lain. Dengan jumlah pengunjung web sebanyak 10.830.000, Ralali mendapatkan urutan ketujuh dalam ranking marketplace ini.

Nah, agar pengelolaan berbagai bisnis dan jenis-jenis pelanggan Anda melalui marketplace terbesar di Indonesia semakin mudah, ada layanan Omnichannel dari HiToko yang dapat dijadikan tips sukses jualan di marketplace.

Omnichannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk Omnichannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!