Home/Strategi Marketing/Pengertian dan Tujuan Marketing Brand Dalam Suatu Bisnis
Total Views: 174|Daily Views: 2

Pengertian dan Tujuan Marketing Brand Dalam Suatu Bisnis

marketing brand

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Pasti sudah pernah mendengar ya mengenai pentingnya marketing brand bagi keberadaan suatu bisnis. Tak hanya berpengaruh dalam menarik minat konsumen, marketing juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan brand loyalty.

Brand loyalty ini dapat membangun hubungan yang baik antara brand dengan pelanggan. Dengan begitu akan memperkuat posisi bisnis mengingat pelanggan merupakan faktor utama kesuksesan suatu bisnis. Lalu apa saja hal-hal yang berhubungan dengan marketing dalam suatu bisnis?

Pengertian Marketing Brand

Marketing brand adalah suatu proses membangun relasi antara suatu brand dengan konsumennya. Untuk dapat menjalankan hal ini Anda tak hanya perlu melakukan promosi berlebihan terhadap produk yang dijual namun juga harus mempromosikan brand secara keseluruhan. Dengan begitu konsumen tak hanya mengenal merek produk namun juga brand suatu produk.

Marketing brand sendiri didefinisikan sebagai identitas dan karakteristik yang telah dirumuskan sebelumnya. Brand marketing dapat juga dikatakan sebagai cara dalam menghubungkan antara identitas, personality, hingga nilai yang ada pada brand yang dimiliki kepada konsumen.

Perbedaan Marketing dan Branding

Dalam dunia bisnis kata marketing brand akan selalu dihubungkan dengan branding. Padahal keduanya memiliki definisi dan peran yang berbeda. Branding merupakan suatu strategi yang menarik serta marketing merupakan strategi promosi.

Jika branding digunakan untuk mengenali diri maka marketing digunakan untuk memperkenalkan diri. Selain itu, branding memiliki sifat jangka panjang sedangkan marketing memiliki sifat jangka pendek yang dapat berubah kapan saja dengan cepat.

Tujuan Marketing Brand

Brand marketing ini memiliki peranan yang sangat jelas bagi suatu bisnis. Tujuannya adalah untuk membangun hubungan dengan konsumen dan juga membangun brand value. Dengan cara ini maka konsumen akan merasa kuat memiliki brand tersebut sehingga apa pun kebutuhannya maka brand tersebutlah yang akan dicari.

5 Langkah Mudah Membuat Brand Marketing Strategy

Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam membuat strategi brand marketing. Berikut cara mudahnya:

  • Memilih Nama Brand yang Singkat dan Mudah Diucapkan

Cara branding pertama yang begitu penting adalah mempersiapkan nama brand yang singkat dan mudah diucapkan. Saat ini menentukan nama brand bukanlah hal yang mudah. Pastikan bahwa ide dari nama brand tidak bersinggungan atau bahkan telah dimiliki oleh brand lain.

  • Menentukan Diferensiasi Produk

Jika kesuksesan bisnis adalah tujuan, maka Anda harus memikirkan ciri khas atau value bisnis Anda yang menjadi pembeda dari bisnis lainnya. Perbedaan ini dimaksudkan agar konsumen lebih mudah mengingat bisnis yang Anda miliki.

  • Membuat Brand atau Logo yang Mencerminkan Produk

Cara selanjutnya yang digunakan adalah membuat logo dengan makna atau latar belakang serupa dengan jenis produk Anda. Misalnya menyisipkan nama singkatan akan menambah daya tarik.

  • Memasang Iklan

Iklan suatu bisnis merupakan hal yang penting untuk mengenalkan kepada masyarakat. Anda tak perlu memaksa memasang iklan di baliho yang mahal karena kini terdapat sosial media yang bisa digunakan untuk memasang iklan.

  • Mengikuti Event atau Pameran

Cara lain yang harus dilakukan adalah mengikuti event atau suatu bazar. Acara ini akan membuat pelanggan mengenali produk yang Anda miliki. Pilihlah stand atau lokasi yang strategis dengan pengunjung yang datang.

BACA  Pelajari Produk Knowledge untuk Tingkatkan Penjualan

Hal yang Harus Dihindari Saat Membuat Strategy Marketing Brand Anda

Membuat strategy brand marketing bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ada beberapa hal yang harus dihindari saat membuatnya, berikut uraiannya:

  • Pemilihan Merek yang Sembarangan

Hal pertama yang harus dihindari adalah pemilihan merek yang sembarangan. Proses branding telah dimulai sejak Anda menentukan merek. Oleh karena itu pertimbangkan dengan baik merek yang akan digunakan.

  • Menggunakan Visual yang Terlalu Biasa

Kesalahan lain yang kerap dilakukan adalah penggunaan visual yang terlalu biasa. Penggunaan nama dan logo bisnis haruslah menggambarkan dan dapat mengkomunikasikan produk kepada pelanggan dengan baik.

  • Tidak Mengetahui Target Pasar

Kesalahan lainnya saat melakukan branding adalah tidak mengetahui bagaimana konsumen Anda. Jika sedari awal tak paham mengenai calon konsumen yang dituju maka proses branding dan marketing hanya akan menjadi sia-sia.

  • Menggunakan Media Sosial Dengan Tidak Tepat

Kesalahan lain yang cukup banyak dilakukan adalah penggunaan media sosial yang tidak tepat. Pasalnya media sosial saat ini digunakan oleh banyak orang sehingga penggunaan yang tidak tepat akan berpengaruh nyata pada produk Anda.

  • Tidak Memperhatikan Pesaing

Kesalahan lain yang juga banyak dilakukan adalah tidak memperhatikan kompetitor atau pesaing. Padahal pesaing adalah hal paling penting untuk dipantau mengenai strategi pemasaran agar dapat berkembang.

Demikian penjelasan tentang marketing brand dan bagi yang punya bisnis online maka perlu meningkatkan bisnis melalui strategy marketing. Kemudian bagi yang berjualan di banyak platform bisa menggunakan layanan Omnichannel dari HiToko.

Melalui produk Omnichannel ini maka mengelola toko-toko online semakin mudah karena semua toko-toko tersebut akan terintegrasi ke dalam satu wadah. Bagi yang tidak mau ribet lagi karena mesti berganti-ganti platform bisa mencoba layanan ini dan ada registrasi gratis untuk Anda.

Banner HiToko