Home/Tips Bisnis/Mengenal Berbagai Market Place di Indonesia
Total Views: 119|Daily Views: 1

Mengenal Berbagai Market Place di Indonesia

market place di indonesia

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Dunia internet saat ini memungkinkan terjadinya berbagai kegiatan yang sangat luas, seperti membangun bisnis. Salah satu bisnis yang tengah ‘in’ di masyarakat adalah hadirnya market place di Indonesia yang mampu memudahkan banyak orang di berbagai daerah untuk mendapatkan produk dan jasa yang diinginkan.

Namun, tahukah Anda apa itu marketplace juga perbedaan marketplace dan ecommerce serta bagaimana perkembangannya di Indonesia? Untuk itu artikel ini akan memberikan beberapa penjelasan secara lengkap. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Market Place?

Pengertian market place adalah sebuah platform yang memungkinkan untuk menjual berbagai produk yang berbeda yang berasal dari beragam jenis penjual. Berbeda dengan online shop yang hanya di peruntukan untuk satu penjual, marketplace ini berfungsi sebagai pihak ketiga yang menyediakan tempat bagi berbagai seller untuk menjual produknya ke konsumen.

Perbedaan Marketplace Dengan Ecommerce

Meskipun sering dianggap memiliki arti yang sama, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan, loh! Apabila Anda merupakan calon pebisnis online yang tengah mencari platform yang tepat untuk menjual produk, maka penting untuk mengetahui beberapa perbedaan di antara kedua istilah ini.

Simak beberapa perbedaan marketplace dan ecommerce, sebagai berikut:

1. Memiliki Pengertian yang Berbeda

Anda bisa mengetahui perbedaan marketplace dan e-commerce dengan mengetahui pengertiannya. Market place merupakan pihak ketiga yang menyediakan tempat untuk transaksi jual-beli online dengan berbagai jenis produk dari beragam seller. Sementara, e-commerce merupakan sebuah situs online yang dibuat oleh sebuah brand untuk memasarkan produknya kepada pelanggan.

2. Cara Membangun Branding Berbeda

Membangun branding yang baik tentu akan menentukan tingkat penjualan produk Anda. Perbedaan selanjutnya, menjadikan marketplace tempat yang cocok untuk Anda yang tidak ingin bersusah payah untuk membangun sebuah branding. Sebab, penggunaan market place di Indonesia saat ini sudah semakin populer dan banyak dikenal, misalnya Tokopedia, Shopee, BliBli dan sebagainya.

Berbeda dengan e-commerce yang membutuhkan waktu untuk membangun branding dari sebuah bisnis. Anda juga perlu melakukan promosi website agar lebih dikenal masyarakat dan banyak dikunjungi oleh calon pelanggan. Tentu saja, untuk membuat promosi yang gencar, membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

3. Perbedaan Kemudahan Akses untuk Pelanggan

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari kemudahan akses yang diberikan kepada konsumen. Berjualan di marketplace memang cukup praktis, tetapi Anda akan cenderung sulit untuk memiliki akses ke pelanggan. Anda hanya dapat mengirim pesan atau promosi melalui kolom chat.

BACA  Daftar Kerajinan Tangan yang Laku di Pasaran, Dijamin Cuan!

Berbeda dengan e-commerce yang dianggap dapat memberikan akses yang lebih mudah untuk berinteraksi dan menjangkau konsumen secara langsung. Anda bisa mempromosikan produk baru hingga memberikan informasi penjualan. Dengan akses ke pelanggan yang mumpuni, Anda sekaligus meningkatkan pelayanan dalam berbisnis.

4. Menggunakan Media Promosi yang Berbeda

Terakhir, kedua jenis metode penjualan ini menggunakan media promosi yang berbeda. Jika, marketplace menggunakan media komunikasi hanya melalui fitur kolom chat untuk menginformasikan penawaran produk kepada konsumen. E-commerce dapat memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai media komunikasi, seperti WhatsApp, Instagram, hingga berinteraksi secara langsung melalui email/nomor ponsel.

Nah, penentuan tempat penjualan produk akan menjadi faktor yang mendukung peningkatan bisnis Anda, sekaligus merupakan bagian dari tips sukses jualan di marketplace. Namun, jangan lupa untuk memahami berbagai jenis-jenis pelanggan marketplace agar mampu mengatasi masalah yang berkaitan ke depannya.

Perkembangan Marketplace Sejauh Ini di Indonesia

Ada beberapa faktor yang membuat perkembangan marketplace di Indonesia sejauh ini semakin pesat dari waktu ke waktu, yaitu banyak konsumen yang sudah melek digital, sistem berbelanja dengan orientasi mobile, upaya pemerintah dalam mendukung peningkatan bisnis UMKM dengan berbagai investasi.

Berikut ini merupakan beberapa contoh market place di Indonesia yang terbaik:

  • Tokopedia

Saat ini Tokopedia telah menjadi marketplace terbaik di Indonesia, dengan jumlah pengunjung mencapai 135 juta per tahun 2021. Hal ini dikarenakan, Tokopedia memiliki beragam pilihan produk yang tersedia dan mudah dijangkau. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis pilihan produk, mulai dari elektronik, fashion, makanan, hingga peralatan memasak.

  • Shopee

Shopee menjadi marketplace kedua terbaik yang ada di Indonesia, dengan pengunjung sebanyak 127 juta. Shopee sendiri memiliki kategori produk yang beragam dan didukung dengan harga yang terjangkau.

  • BliBli

Marketplace selanjutnya, yang memiliki perkembangan pasar yang cukup meluas adalah BliBli milik Djarum Group. BliBli dipilih oleh konsumen karena memiliki tingkat keotentikan yang tinggi dan reputasi yang baik. Produk yang dijual juga sangat beragam.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai market place di Indonesia sebelum membangun bisnis Anda. Agar lebih memudahkan pengelolaan bisnis Anda, kini terdapat layanan Omnichannel dari HiToko yang mampu mengintegrasikan berbagai toko online milik Anda dalam satu platform. Dengan produk Omnichannel, Anda tidak perlu bingung untuk berpindah dari satu platform ke platform lain. Yuk, coba registrasi gratis sekarang juga!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!