Market Penetration Adalah: Pengertian, Tujuan dan Penerapannya
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Pernahkah kamu mendengar istilah penetrasi dalam pasar bisnis? Penetrasi pasar atau market penetration adalah analisis pasar yang penting untuk para pebisnis yang akan menyusun strategi marketing paling tepat.
Ketika kamu akan membangun sebuah bisnis, tentu saja banyak hal yang perlu kamu ketahui dan Analisa terlebih dahulu. Mulai dari bagaimana segmentasi pasarnya hingga berbagai hal detail mengenai market penetration.
Bisnis yang dilakukan tanpa persiapan matang tentu saja tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Justru cenderung buang-buang modal dan waktu saja.
Pengertian Market Penetration
Pada dasarnya market penetration adalah cara untuk mengukur suatu produk atau jasa yang sudah digunakan konsumen dibandingkan dengan jumlah yang ditawarkan.
Katakanlah kamu akan membuat bisnis online di bidang fashion berupa tas dengan memanfaatkan kulit sintetis dengan harga yang relatif lebih murah daripada kulit asli.
Kemudian kamu melakukan riset dan analisis mendalam terhadap produk tersebut. Lalu kamu memperkirakan ada sekitar 700 yang tertarik untuk menggunakannya. Artinya kamu harus bisa menjualkan 70 tas per minggu dengan keterbatasan jumlah SDM perusahaan.
Melalui contoh tersebut maka kamu bisa mengukur berapa besaran perbandingan antara produk yang dihasilkan dengan tingginya pangsa pasar pada produk yang akan kamu buat. Nilai perbandingan itulah yang disebut dengan market penetration strategies.
Dengan kata lain, market penetration adalah strategi yang digunakan untuk mengukur besaran perbandingan antara produk yang ditawarkan dalam bisnis dengan jumlah konsumen yang tertarik untuk membelinya.
Jika dilihat dari contoh di atas maka bisa dikatakan besaran perbandingan penetrasi yang dimaksud sekitar 20 persen.
Baca juga:
Tujuan Market Penetration
Lebih lanjut, apa saja tujuan dilakukannya market penetration? Yuk simak penjelasannya berikut ini.
-
Brand Equity
Brand Equity atau yang lebih dikenal dengan ekuitas merek merupakan hal yang paling disukai perusahaan yang menjadi strategi penetrasi yang detail.
Ekuitas merek ini bisa digunakan untuk meningkatkan nilai produk atau perusahaan untuk memperluas peluang bisnis. Bahkan dengan adanya ekuitas merek bahwa kualitas produk perusahaan adalah yang terbaik dapat menekan biaya pemasaran loh.
-
Meningkatkan Penjualan
Kebanyakan bisnis tentu saja fokus terhadap peningkatan penjualan agar keuntungan yang didapatkan bisa maksimal. Nah strategi penetrasi ini bisa dilakukan untuk meningkatkan laba tersebut.
Sebab pencapaian bisa didapatkan dengan penyesuaian produk dengan permintaan pasar, sehingga lebih tepat sasaran.
Perusahaan pun menjadi lebih mudah dalam menentukan segmentasi pasar dari produk atau jasa yang dijual karena produk sudah sesuai dengan permintaan.
-
Positioning Produk
Produk pendatang baru biasanya akan lebih sulit untuk bersaing dengan brand yang sudah lebih dulu dikenal dan menguasai pangsa pasar.
Kesulitan tersebut biasanya lebih tertuju pada penetapan harga produk atau jasa dimana pendatang baru akan sulit jika memasang harga lebih tinggi daripada kompetitor yang sudah dipercaya konsumen.
Nah, strategi penetrasi ini bisa digunakan untuk menjustifikasi pasar. Katakanlah harga yang perusahaan pendatang baru terapkan tidak masalah tinggi asalkan bisa memposisikan brand dengan tepat di pasaran.
Misalnya bahwa produk yang perusahaan keluarkan kualitasnya lebih baik. Terdapat penambahan material atau bahan tertentu yang jauh lebih berkualitas dari kompetitor.
Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dari Market Penetration
Sebelum menerapkan market penetration, sebaiknya perusahaan memperhatikan beberapa hal berikut agar lebih tepat sasaran.
-
Menyesuaikan Harga
Penyesuaian harga menjadi salah satu strategi tepat untuk meningkatkan angka penjualan. Misalnya dengan menurunkan harga dari estimasi pasar maka bisa membantu meningkatkan kuantitas penjualan.
Namun bukan berarti harus selalu turun, sebab penurunan atau peningkatan harga harus melakukan Analisa terhadap kompetitor terlebih dahulu.
Yang terpenting menurunkan atau menaikkan harga jangan terlalu sering dilakukan karena akan membuat pasar bingung. Sekaligus menciptakan suatu kesan kurang baik terhadap kualitas dari produk yang ditawarkan.
-
Inovasi
Kreativitas dan inovasi menjadi hal penting dalam penerapan market penetration, dimana strategi yang cenderung monoton akan sulit untuk berhasil.
Sehingga kamu perlu menawarkan suatu perbedaan dari produk yang kamu buat. Hal ini terbukti efektif untuk meningkatkan penguasaan pasar.
Misalnya kamu bisa mengedukasi pasar mengenai produk atau jasa yang kamu buat, cara pembelian yang lebih mudah, perluas jaringan distribusi produk, customer referral dan menerapkan desain produk yang lebih user friendly.
-
Meningkatkan Promosi
Promosi produk menjadi strategi penting untuk melakukan penetrasi asalkan dilakukan dengan tepat agar hasilnya benar-benar signifikan.
Setidaknya melalui promosi bisa meningkatkan brand awareness dimana kamu bisa melakukan promosi jangka Panjang atau pendek sesuai dengan biaya dan kebutuhan perusahaan. Promosi juga harus dilakukan dengan perencanaan yang matang agar hasilnya bisa lebih maksimal.
Kesimpulan
Jadi, market penetration adalah suatu strategi bisnis yang dilakukan dengan cara mempertimbangkan antara produk yang kamu buat dengan permintaan pasar. Sebaiknya market penetration dilakukan dengan teknik analisa yang akurat agar hasilnya signifikan.
Untuk mempermudah strategi market penetration demi kemajuan bisnis, ada produk Omnichannel dari HiToko.
OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga !