Macam-Macam Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Pertanyaan seperti “Apa saja macam-macam kerajinan tangan yang bisa dijual” masih terus santer terdengar. Apalagi setelah dunia digital merambah ke berbagai lini kehidupan, industri kreatif pun turut bergeliat.
Inilah salah satu sisi positif dari perkembangan teknologi serta informasi, siapapun memiliki kesempatan sama untuk berkembang dan sukses. Lantas, mengapa banyak yang tertarik membuat kerajinan tangan?
Potensi Bisnis Menjual Kerajinan Tangan
Berbicara tentang kerajinan tangan, sebenarnya berkaitan erat dengan dunia seni. Itulah mengapa umumnya orang-orang yang tertarik dengan kerajinan tangan memiliki daya imajinasi dan kreativitas tinggi.
Namun menjalankan bisnis dengan menjual kerajinan tangan juga bukan isapan jempol semata. Berikut potensi bisnis menjual kerajinan tangan yang terbilang cukup besar:
1. Banyak Peminat
Hampir setiap orang menyukai dengan segala sesuatu yang mengandung nilai seni, meskipun ia bukanlah seorang seniman. Penyuka kerajinan tangan pun bisa datang dari segala generasi, mulai dari anak-anak hingga orang yang telah lanjut usia.
2. Modal Minim
Menuangkan seni tidak harus selalu membutuhkan modal besar, karena Anda bisa memanfaatkan barang-barang sekitar. Tangan kreatiflah yang akan mengubah barang biasa tersebut menjadi lebih istimewa dan memiliki value.
3. Harga Jual Tinggi
Ada sebuah pepatah yang mengatakan, bahwa seni itu mahal. Arti kata mahal di sini bukan hanya kiasan saja, hanya karena orang-orang tertentu saja yang bisa membuat barang seni tersebut.
Dari segi makna secara harfiah, harga kerajinan tangan memang umumnya jauh lebih mahal dari jumlah modal. Tentu saja hal ini juga akan memengaruhi penghasilan Anda sebagai pembuatnya, bukan?
4. Bisa Sebagai Side-Job
Anda bisa membuat kerajinan tangan yang laku dijual pada waktu senggang, seperti weekend maupun di sela-sela aktivitas harian. Dengan kata lain, siapapun bisa membuat serta menjalankan bisnis ini.
Tips Memasarkan Kerajinan Tangan
Di samping membuat, poin penting dalam berbisnis kerajinan tangan adalah pasar. Tak jauh berbeda dengan produk lain, di bawah ini tips untuk memasarkan hasil kerajinan tangan Anda:
1. Menentukan Jenis Produk
Sebelum membuat produk apapun, riset seolah sudah menjadi sebuah kewajiban. Begitu juga dengan kerajinan tangan, Anda juga perlu melakukan serangkain riset terlebih dahulu.
Misalnya, kerajinan tangan apa yang laku (banyak peminat) atau mempunyai potensi pasar yang berkelanjutan. Riset juga harus mempertimbangkan bahan baku, pastikan mudah untuk mendapatkannya.
2. Analisis Target Market
Tahap analisis target ini masih berkaitan dengan proses riset, karena memang saling berkaitan. Tipsnya adalah pilih pasar yang memiliki tingkat daya beli tinggi, seperti usia produktif, remaja, atau ibu rumah tangga.
3. Memilih Media Pemasaran
Pemasaran merupakan hal yang sangat krusial di dalam bisnis, sehingga pastikan Anda menggunakan berbagai media untuk mempromosikannya. Zaman sudah maju, tidak ada salahnya untuk mulai melirik sistem jualan online.
Ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan, seperti social media, website, forum, e-commerce, dan lain sebagainya. Ingat, setiap platform memiliki trik tersendiri, pastikan Anda memahami poin-poinnya.
4. Branding
Meski hanya berupa kerajinan tangan, branding tetap menjadi poin yang penting. Untuk itu, buatlah kerajinan tangan yang tidak hanya kreatif, tetapi juga inovatif dan mempunyai ciri khas tersendiri.
Dengan begitu, market bisa mengetahui bahwa sebuah karya yang ada merupakan milik Anda meski melihatnya secara sepintas. Jika branding ini berhasil, justru pasarlah yang akan mencari produk tersebut.
Contoh Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual
Tidak perlu bingung, karena ada cukup banyak jenis kerajinan tangan yang bisa dijual online maupun offline. Di bawah ini adalah beberapa contoh yang bisa Anda kerjakan dari rumah dan memiliki pasar lumayan bagus:
1. Rajutan
Siapa sangka, kemampuan untuk merajut benang wol menjadi sebuah produk bisa mendatangkan cuan. Sebab, teknik pembuatannya masih manual dan cukup rumit, sehingga nilai jualnya tinggi. Anda bisa membuat boneka, sweater, maupun syal.
2. Produk Berbahan Resin
Resin ialah jenis getah berwarna bening serta mudah membeku, jika terkena sinar matahari maupun sejenisnya. Cairan ini biasa orang pergunakan untuk membuat cincin, gantungan kunci, kalung, maupun anting. Pasarnya masih bagus, tinggal kreasikan saja.
3. Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
Botol, kaset CD, kertas, maupun kardus bekas merupakan jenis-jenis kerajinan bahan limbah yang bisa menjadi ladang rupiah. Di samping itu, bahan-bahan tersebut juga mudah untuk Anda remake menjadi sesuatu yang bernilai seni dan tentu saja laku.
Misalnya saja tempat tisu, hiasan dinding, celengan, bingkai foto, gantungan kunci, bunga, dan lain-lain. Untuk ide kreasinya, Anda bisa mencarinya melalui media sosial maupun peramban.
4. Sisa Tekstil
Punya sisa kain atau perca yang sudah tidak terpakai? Manfaatkan bahan tersebut untuk membuat tas, pembatas buku, tempat pensil, dompet, dan sebagainya. Selain mudah memperoleh bahan baku, harga jualnya juga tinggi.
5. Sepatu Lukis
Inovasi ini benar-benar berhasil menyita perhatian masyarakat, karena bisa tampil beda dari orang lain. Di sini Anda bisa menetapkan sistem PO, sehingga mampu meminimalisir kerugian.
Tak dimungkiri, kehadiran media online mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam pemasaran kerajinan tangan. Anda bisa melakukan promosi di berbagai media maupun membuat toko pada beberapa ecommerce. Takut ribet mengelolanya?
Tenang saja, karena kini sudah ada produk Omnichannel untuk mengintegrasikan toko-toko tersebut. Cukup satu platform dari HiToko, Anda akan mampu memasarkan macam-macam kerajinan tangan yang bisa dijual dengan satu genggaman. Nikmati kemudahannya dan registrasi gratis sekarang juga!