Home/Tips Bisnis/Layanan Pelanggan dan Manfaatnya untuk Tingkatkan Penjualan
Total Views: 477|Daily Views: 1

Layanan Pelanggan dan Manfaatnya untuk Tingkatkan Penjualan

Halo Sahabat HiToko! Apakah ada diantara Anda yang saat ini sedang berusaha mengembangkan bisnisnya? Dalam mengembangkan bisnis, terdapat beberapa strategi Pemasaran yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memperbaiki kualitas layanan pelanggan.

Layanan pelanggan atau juga biasa disebut sebagai customer service adalah pelayanan yang ditawarkan oleh perusahaan, sehingga pelanggan bisa berkomunikasi secara langsung dengan pihak perusahaan. Komunikasi tersebut bisa berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Manfaat Menerapkan Pelayanan Pelanggan yang Maksimal

Terdapat beberapa manfaat yang akan Anda peroleh apabila menerapkan pelayanan pelanggan secara maksimal. yaitu;

1. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Konsumen akan merasa terkesan dengan pelayanan yang baik dan prima, kesan baik tersebut akan membuat mereka betah dan menggunakan produk secara terus menerus.

2. Memperluas Jaringan

Tidak jarang konsumen yang loyal akan dengan senang hati merekomendasikan produk atau layanan yang menurut mereka terbaik. Sehingga memungkinkan untuk memperluas jaringan bisnis Anda. Secara tidak langsung Anda telah terbantu untuk melakukan promosi secara gratis melalui pelanggan Anda yang loyal.

3. Meningkatkan Penjualan

Pelanggan yang loyal dan jaringan bisnis yang semakin meluas akan berimbas pada meningkatnya jumlah penjualan produk. Inilah mengapa pelayanan terhadap pelanggan dengan cara yang maksimal merupakan salah satu strategi Pemasaran terbaik.

4. Membentuk Citra Positif Perusahaan

Manfaat lainnya adalah perusahaan Anda akan mendapat citra yang baik karena telah memenuhi kebutuhan dari para pelanggannya. Tidak hanya itu, kredibilitas perusahaan pun akan meningkat karena berhasil memberikan solusi dengan cara yang baik dan tepat.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, berikut beberapa jenis pelayanan yang bisa Anda terapkan.

Jenis-Jenis Layanan Pelanggan yang Bisa Anda Terapkan

Dari beberapa jenis pelayanan terhadap pelanggan yang tersedia, Anda bisa menerapkan semuanya atau bisa menerapkan jenis layanan sesuai kebutuhan.

1. Layanan secara Langsung

Jenis pelayanan ini mengharuskan Anda bertemu langsung dengan para pelanggan. Biasanya, pelayanan ini tersedia langsung di kantor atau perusahaan.

2. Layanan melalui Telepon

Selanjutnya, untuk layanan ini menggunakan media telepon sebagai sarana komunikasinya. Jenis pelayanan ini merupakan yang paling umum dan populer, karena dapat memudahkan pelanggan dengan tidak mengharuskan mereka datang langsung ke kantor untuk mendapatkan pelayanan.

3. Layanan melalui Email/Chat

Pesatnya perkembangan teknologi juga memberi pengaruh pada jenis layanan terhadap konsumen. Saat ini, pelanggan semakin mudah untuk berkomunikasi dengan perusahaan langsung melalui chat atau email. Karena sifatnya media interaktif, maka pelayan pelanggan juga bisa meresponnya secara langsung.

Layanan melalui Interactive Voice Response (IVR)

Jenis pelayanan ini lebih canggih apabila dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya, karena sudah melibatkan artificial intelligence (AI). Cara kerjanya adalah dengan secara otomatis menjawab sesuai dengan jenis keluhan pelanggan, melalui rekaman suara yang telah tersedia.

Upaya yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan beberapa layanan tersebut adalah dengan memperhatikan beberapa aspek penting. Aspek-aspek ini akan meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.

Aspek-Aspek Penting dalam Customer Service

Untuk menciptakan service excellence dalam bisnis Anda, berikut beberapa aspek yang perlu Anda terapkan.

1. Aspek Pengetahuan dan Keahlian

Umunya, para pelanggan menghubungi customer service ketika mereka kebingungan atau sedang menghadapi masalah yang berkaitan dengan produk. 

Untuk itu, penting bagi tim customer service untuk memiliki kemampuan dan keahlian khususnya yang berkaitan dengan produk. Sehingga permasalahan pelanggan pun bisa terselesaikan dengan baik.

2. Aspek Responsif

Respon yang cepat dan tanggap akan membuat pelanggan merasa terbantu. Terlebih lagi untuk permasalahan yang sifatnya urgent untuk segera diselesaikan. Namun, tidak hanya cepat, Anda juga perlu memperhatikan ketepatan respon tersebut. Semakin cepat dan tepat respon yang Anda berikan kepada pelanggan, maka mereka akan merasa puas dengan layanan tersebut.

3. Aspek Sopan dan Ramah Terhadap Pelanggan

Karena tim customer care kan berhubungan langsung dengan para pelanggan, maka sangat penting untuk memperhatikan aspek kesopanan serta keramahan.

Apakah Anda pernah mendengar istilah “pembeli adalah raja”? istilah tersebut mengandung arti bahwa perusahaan harus memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggannya. Tentu pelanggan akan senang apabila mereka dilayani secara sopan dan ramah.

4. Aspek Penampilan

Penampilan juga ikut andil dalam memaksimalkan pelayanan konsumen. pastikan Anda berpenampilan menarik dan rapi ketika berhadapan dengan konsumen. karena hal tersebut akan berpengaruh pada pembentukan kesan pada benak konsumen.

5. Aspek Tepat Waktu dalam Menepati Janji

Terkadang terdapat beberapa jenis permasalahan yang tidak bisa Anda selesaikan saat itu juga. Idealnya, tim customer service akan menjanjikan dan memberikan tenggat waktu untuk menyelesaikannya. Pastikan Anda menepati janji tersebut, jangan sampai membuat pelanggan menunggu terlalu lama.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar layanan pelanggan dalam pengelolaan bisnis, Anda bisa mendapatkan informasi lebih jelas pada Omnichannel. Sebagai wadah dalam mengembangkan bisnis, Omnichannel telah membantu banyak perusahaan dalam mengelola bisnisnya.

Anda bisa mengakses informasi seputar Omnichannel melalui HiToko. Tunggu apalagi, segera mendaftar sekarang juga di sini!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!