Home/Tips Bisnis/7 Cara Komplain SiCepat untuk Berbagai Keluhan
Total Views: 214|Daily Views: 1

7 Cara Komplain SiCepat untuk Berbagai Keluhan

Halo sahabat HiToko! Semenjak pandemi melanda Indonesia, jumlah pengguna yang ecommerce terus mengalami peningkatan. Sejak saat itu pula, semakin banyak yang mencari topik mengenai komplain SiCepat.

Baru hadir sejak tahun 2014, SiCepat seolah langsung memperoleh panggung tersendiri di masyarakat dan beberapa ecommerce. Tidak lain, karena pelayanan mereka yang terbilang lancar dan responsif.

Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Komplain SiCepat

Meski demikian, permasalahan tetap saja terjadi. Serupa dengan ekspedisi lain, permasalahan biasanya seputar pesanan yang rusak, melebihi batas waktu pengiriman atau estimasi, atau bahkan hilang.

Sebagai penjual, masalah-masalah seperti ini lumayan meresahkan, karena akan memengaruhi image di mata pelanggan. Belum lagi jika mendapatkan pelanggan yang rewel, bisa membuat pusing kepala.

Satu-satunya jalan untuk mengatasinya ialah menerapkan cara komplain SiCepat. Namun sebelum mengajukan komplain tersebut, Anda perlu memastikan beberapa hal terlebih dahulu, di antaranya:

1. Tracking Nomor Resi

Setiap ada pelanggan yang mengirim barang, pihak ekspedisi pasti akan memberikan resi. Selain sebagai bukti pengiriman, resi SiCepat juga berfungsi untuk memantau posisi pesanan melalui berbagai fitur tracking.

2. Ketahui Dulu Durasi Pengiriman

Ekspedisi tentu membutuhkan waktu untuk mengirim pesanan sampai ke tempat tujuan, sesuai dengan layanan yang pelanggan pilih. Sebaiknya, Anda ketahui dulu durasi dari layanan tersebut.

3. Mencatat Keluhan

Selain mengecek kedua hal di atas, pastikan Anda juga sudah mencatat permasalahan atau keluhannya. Misalnya, mengapa pesanan tidak juga bergerak, status di tracking belum berubah, hingga pengiriman dan retur SiCepat terlambat.

Dengan begitu, Anda bisa menjabarkan permasalahan yang terjadi kepada layanan customer service SiCepat. Pastikan menulisnya secara jelas dan hindari singkatan tidak lazim atau istilah yang kurang familiar.

Cara Komplain ke SiCepat

Kabar baiknya, ekspedisi SiCepat menyediakan banyak alternatif bagi pelanggan yang ingin mengajukan komplain. Setelah mempersiapkan ketiga hal di atas, Anda bisa komplain dengan cara:

1. Menghubungi Call Center

Layanan call center milik SiCepat terbilang cukup responsif untuk menangani berbagai keluhan yang masuk. Sayangnya layanan ini berbayar, sehingga pastikan nomor telepon Anda mempunyai cukup pulsa, lalu lakukan langkah-langkah berikut:

  • Aktifkan ponsel, kemudian masuk ke menu dial-up
  • Ketik tombol dengan urutan 021 – 50200050, tekan logo Call
  • Jika sudah tersambung, biasanya petugas akan menanyakan beberapa informasi terkait pesanan. Mulai dari nama pengirim dan penerima, nomor telepon masing-masing, ciri barang, hingga layanan yang digunakan

2. Komplain SiCepat WA

Saldo pulsa tidak mencukupi untuk menelepon call center? Tenang, Anda bisa menggunakan kuota internet untuk mengajukan komplain melalui nomor WhatsApp milik SiCepat, yakni 0813 1920 0030.

Cara ini terbilang lebih praktis, karena siapapun bisa mengaksesnya selama 24 jam penuh dan 7 hari dalam satu minggu. Selain mengajukan komplain, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengecek tarif, tracking, dan lain-lain.

Namun khusus pengajuan keluhan, awali dengan mengetik “SiCepat” terlebih dahulu (tanpa tanda petik). Nanti saat petugas yang membalas (bukan bot), ia akan membalas pesan tersebut berikut dengan solusinya.

3. Mengirim Email

Meski terbilang jadul, tetapi masih banyak yang memanfaatkan email untuk mengirim pesan, terutama dalam hal bisnis. Begitu juga dengan SiCepat yang juga masih responsif untuk membalas email-email masuk.

Tidak harus melalui PC, Anda bisa menggunakan ponsel untuk mengirim email ke alamat customer.care@sicepat.com. Alangkah lebih baik lagi, jika Anda menyertakan bukti keluhannya, seperti hasil tracking atau barang rusak.

4. Lewat Line

Line memang termasuk media sosial yang cenderung kurang populer, terutama di kalangan para pemuda. Namun jangan salah, karena ekspedisi SiCepat juga aktif dalam platform tersebut.

Mereka juga melayani berbagai pertanyaan seputar layanan pengiriman serta komplain dari pelanggannya. Klik saja pada bagian search bar aplikasi, lalu ketikkan nama akun @sicepat.

5. Melalui Akun Media Sosial

Demi lebih dekat dengan penggunanya, SiCepat juga membuat akun di berbagai media sosial, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Template atau format komplain ini tidak jauh berbeda dengan pengajuan via email.

Pastikan dalam format tersebut mencakup semua hal terkait resi, keluhan, serta data pengirim dan penerima. Apabila ingin lebih responsif, gunakan jalur pribadi, seperti Messenger atau Direct Message (DM).

6. Via Website

Serupa juga dengan pengiriman email, Anda mengakses website resmi SiCepat untuk mengirimkan keluhan. Jangan sampai salah alamat, website milik SiCepat hanya di sicepat.com/contactus.

Bedanya, format pada website sudah tertata rapi, sehingga Anda tinggal memasukkan informasi sesuai kolom. Setelah selesai mengisi formatnya, checklist pada bagian Captcha, lalu kirim. Selanjutnya, tinggal tunggu balasan dari pihak SiCepat.

7. Mendatangi Kantor Cabang

Apabila keenam cara SiCepat komplain di atas belum membuahkan hasil, Anda bisa melakukan langkah terakhir, yakni mendatangi kantor cabang terdekat. Datanglah pada jam operasional, agar responnya lebih cepat.

Syaratnya sangatlah sederhana, yaitu kartu identitas berupa KTP serta bukti resi pengiriman. Nanti petugas SiCepat akan membantu Anda untuk menyelesaikan keluhan tersebut atau minimal memberikan informasi.

Cara menyelesaikan komplain SiCepat memang menguras waktu dan energi, kan? Itu artinya, Anda membutuhkan sebuah platform khusus untuk mengelolanya, seperti produk Omnichannel

Layanan HiToko ini memungkinkan Anda untuk menyinkronkan status pesanan dan informasi pengiriman ke berbagai ecommerce. Dengan memakai produk ini, Anda tidak butuh yang lain. Masih mau menunda untuk menggunakan produk Omnichannel? Jangan lewatkan kesempatan, yuk segera Registrasi Gratis!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!