Home/Tips Bisnis/Kisaran dan Standar Gaji Admin Online Shop
Total Views: 2.100|Daily Views: 15

Kisaran dan Standar Gaji Admin Online Shop

Hitoko.co.id – Halo sahabat HiToko! Di era digital saat ini, keberadaan online shop mulai berkembang pesat. Lowongan admin toko online shop online semakin meningkat. Kira-kira berapa sih gaji admin online shop? Buat Anda yang tertarik menjadi admin, intip dulu yuk gaji admin yang dirangkum dalam artikel ini.

admin online shop

Image by jcomp on Freepik

Staf admin sendiri memanglah pekerjaan yang saat ini hampir dibutuhkan oleh seluruh perusahaan. Adapun tugas admin online shop sendiri cukup beragam mulai dari membalas chat dari toko online, admin sosial media, purchasing, dan sebagainya.

Gaji Admin Online Shop

Dalam hal ini, gaji menjadi admin pada online shop tentu saja berbeda-beda. Penentuan gaji ini ditentukan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

1. Lokasi Perusahaan

Besar tidaknya pendapatan admin online shop sangat ditentukan dari lokasi perusahaan. Setiap daerah menetapkan UMR atau UMK yang berbeda. Untuk itu, ketika Anda mencoba bekerja sebagai admin di Jakarta, tentu gajinya akan berbeda dengan di Yogyakarta.

Untuk itulah, kisaran gaji yang diberikan pun berbeda-beda. Pada beberapa kota ini misalnya memiliki gaji staff admin sebagai berikut:

  • Surabaya Rp 3,4 juta
  • Tangerang Rp 3,5 juta
  • Bekasi Rp 3,7 juta
  • Jakarta Rp 4 juta
  • Bandung Rp 4,8 juta

2. Ukuran Perusahaan

Butik pakaian

Image by Freepik

Penentu gaji admin online shop yang kedua ialah ukuran perusahaan. Misalnya saja Anda menjadi admin online shop pada perusahaan yang sudah star seller, tentu akan mendapatkan gaji berbeda dengan online shop yang masih memiliki sedikit penjualan.

Biasanya perusahaan yang sudah berkembang besar dan terkenal sebagai online shop indonesia akan memberikan gaji yang lebih besar. Tentu saja apabila dibandingkan dengan ketika Anda bekerja sebagai admin online shop yang masih dirintis satu kota sekalipun.

3. Kualifikasi yang Anda miliki

Kemampuan seorang admin toko online juga sangat menentukan gaji yang didapatkan. Walaupun Anda bekerja pada kota dan bidang yang sama, namun gaji Anda bisa saja berbeda dengan rekan Anda.

Selain kemampuan, faktor yang menentukan kualifikasi juga dilihat dari tingkat pendidikan. Biasanya staf dengan tingkat pendidikan tinggi mendapatkan gaji yang lebih besar. Status pekerja juga menentukan gaji sebagai admin.

Dibandingkan pekerja full diperusahaan, gaji part time sebagai admin tentu jauh lebih kecil karena bukan staf tetap. Untuk itu, banyak hal yang sangat menentukan besaran gaji dari seorang admin online shop.

4. Pengalaman

Selanjutnya, seorang admin online shop juga dilihat dari pengalaman yang sudah dilaluinya. Seorang admin yang telah berpengalaman biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan seorang fresh graduate.

Untuk itu, Anda tidak bisa mematok besaran pendapatan admin online shop karena akibat satu atau dua alasan, gaji ini bisa saja berbeda satu sama lain.

Kisaran Gaji Umum Admin Online Shop

Secara umum, apabila Anda hendak bekerja sebagai admin toko online, maka kisaran gaji yang bisa didapatkan sebagai admin ialah Rp 3.500.000 – 4.500.000. Namun, perlu diperhatikan juga ukuran toko online yang menjadi tempat Anda bekerja.

Tugas Seorang Admin Online Shop

Secara umum, tugas seorang admin online shop ketika bekerja adalah mengelola toko online yang menjadi tempatnya bekerja. Bisa jadi mengelola berbagai e-commerce yang digunakan oleh perusahaan.

Admin online shop ini juga harus membalas setiap chat yang masuk, memantau iklan dan postingan produk, serta melayani apabila calon konsumen bertanya-tanya terkait produk. Secara singkatnya, admin ini harus mengelola platform yang digunakan perusahaan.

Penutup

Sekian, itu saja pembahasan mengenai gaji admin online shop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang hendak mencari tahu terkait hal ini.

Nah untuk anda yang kesulitan mengelola semua toko offline dan online di beberapa marketplace, omnichannel bisa jadi solusi terbaik. Omnichannel adalah layanan pengelolaan berbagai toko offline dan online melalui satu aplikasi dengan beragam fitur pendukung lainnya sehingga mengelola toko jadi lebih mudah dan sederhana. HiToko sebagai salah satu penyedia jasa omnichannel siap bantu anda dengan kualitas layanan yang baik dan harga terjangkau. Kami juga menyediakan layanan gratis yang bisa anda coba. Yuk coba sekarang!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!