Home/Produk Update/Yuk, Kenali Arti Omnichanel dan 4 Manfaatnya!
Total Views: 485|Daily Views: 1

Yuk, Kenali Arti Omnichanel dan 4 Manfaatnya!

Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Omnichannel merupakan sebuah pendekatan yang mengintegrasikan semua channel yang digunakan oleh pengguna layanan untuk memastikan adanya pengalaman konsumen yang memuaskan.

mengenal omnichannel

Omnichannel saat ini dirasa sebagai alat yang memungkinkan untuk bersaing di dunia bisnis secara lebih ketat dan efektif, demikian menurut Hole dkk, 2019 dalam penelitian berjudul Omni Channel Retailing: An Opportunity and Challenges in the Indian Market.

Bagi pemilik bisnis yang berkecimpung di dunia penjualan online atau daring, omnichannel dapat menjadi pilihan tepat. Mengapa demikian?

Di era digital seperti sekarang, suatu brand umumnya memiliki beragam channel untuk memasarkan produknya, sebut saja Shopee, Lazada, Tokopedia, atau bahkan platform sosial media yang tengah digandrungi saat ini seperti TikTok Shop.

Pemilihan menggunakan banyak platform tersebut tentu merupakan strategi marketing agar mencapai konsumen dengan semaksimal mungkin. Tak dapat dipungkiri, setiap platform yang ada memilki konsumen setia masing-masing.

Namun, beragamnya channel atau platform yang digunakan juga dapat menjadi masalah tersendiri bagi brand untuk memasarkan produknya, karena setiap channel harus diurus satu per satu agar bisa tetap up to date dan berkembang.

Omnichannel di sini dapat menjadi solusi bagi brand agar tidak perlu repot memikirkan mengurus beragam channel tersebut. Omnichannel menawarkan kemudahan untuk brand melakukannya dengan satu pintu. Dengan kata lain omnichannel menawarkan integrasi semua platform yang digunakan oleh suatu brand.

Dengan menggunakan omnichannel memperbaharui stok, memperbaharui informasi produk, hingga laporan penjualan dari beragam channel bisa didapatkan hanya dalam suatu waktu.

Omnichannel menawarkan segudang manfaat bagi penggunanya, berikut 4 keuntungan menggunakan layanan omnichannel:

1. Pengumpulan Data Lebih Akurat

Dalam marketing, pengumpulan data pelanggan adalah salah satu ujung tombak yang tidak dapat dianggap remeh. Omnichannel menawarkan kemampuan menganalisis data konsumen. Data tersebut dapat dikerucutkan untuk menemukan kecenderungan atau karakteristik konsumen. Hal ini dapat digunakan sebagai dasar strategi marketing yang akan dipilih di kemudian hari.

2. Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Seperti yang telah dibahas di poin sebelumnya, karakteristik konsumen yang telah didapatakan bisa menjadi sumber acuan mempertahankan konsumen. Analisis karakteristik konsumen yang sudah menjadi pelanggan setia dapat dikembangkan lagi sehingga pelanggan setia tersebut tidak akan berpaling.

pelanggan

3. Hemat Biaya

Dengan menggunakan sistem integrasi yang ditawarkan oleh omnichannel biaya operasional dapat ditekan pada tingkat tertentu. Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggaji admin setiap platform yang digunakan. Pengurangan sumber daya manusia ini tentu juga mengurangi budget yang harus dikeluarkan.

4. Meningkatkan Efisiensi

Integrasi seluruh channel yang ditawarkan oleh omnichannel dapat menyederhanakan proses penjualan dan pemeliharaan setiap platform yang digunakan. Sistem satu pintu ini dapat memudahkan pengguna untuk mengakses semua platform dalam suatu waktu. Dengan kata lain, efisiensi bisnis semakin meningkat.

Begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan fitur omnichannel. Selain omnichannel, banyak fitur-fitur menarik lainnya yang bisa Anda nikmati di HiToko. Yuk, registrasi gratis sekarang!

Sumber: https://iopscience.iop.org/