Contoh Kemasan Unik untuk Menarik Perhatian Pelanggan
Halo sahabat HiToko! Pasti sudah tahukan bahwa setiap produk menggunakan kemasan. Ternyata, kemasan bukan hanya berfungsi untuk melindungi produk saja lho! Dengan menggunakan kemasan unik, Anda bisa menarik perhatian lebih banyak pelanggan.
Lalu, seperti apa sih kemasan yang unik itu dan apa saja contohnya?
Silakan simak artikel ini hingga tuntas agar Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat kemasan produk yang unik dan menarik perhatian.
Pentingnya Kemasan Unik untuk Bisnis
Kemasan merupakan salah satu elemen yang pasti ada di dalam setiap produk. Dengan menggunakan kemasan, produk dapat terlindungi ketika dipajang ataupun dikirim ke pelanggan.
Namun lebih daripada itu, ternyata kemasan produk juga memiliki manfaat lainnya. Khususnya jika Anda menggunakan kemasan yang unik dan berbeda pada produk.
Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan kemasan unik untuk bisnis Anda.
1. Menambah Daya Tarik Produk
Perlu Anda ketahui bahwa saat ini keputusan membeli produk bukan hanya dipengaruhi oleh manfaat produk. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli produk termasuk kemasan.
Kemasan yang unik dan berbeda dapat menambah daya tarik produk di mata pelanggan. Hal ini berpotensi untuk meningkatkan kemungkinan calon pelanggan membeli produk Anda.
Sebab kemasan tersebut akan membuat calon pelanggan Anda penasaran dan tertarik dengan produk.
Bahkan tidak sedikit pelanggan yang membeli suatu produk karena suka dengan kemasannya.
2. Meningkatkan Nilai Jual Produk
Apa yang Anda rasakan ketika membeli sebuah produk dengan kemasan berupa plastik polos biasa. Kemungkinan besar Anda akan merasa bahwa produk tersebut biasa-biasa saja dan memiliki harga yang cenderung rendah.
Kesan terhadap produk akan berbeda jika menggunakan kemasan yang lebih premium dan unik.
Pelanggan yang menerima produk akan menganggap bahwa produk memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan begitu, Anda bisa menetapkan nilai jual produk lebih tinggi ketika menggunakan kemasan yang unik.
3. Membantu Produk untuk Viral
Kemasan yang berbeda, seperti kemasan unik makanan mampu membantu produk Anda menjadi viral.
Apalagi dengan masifnya pengguna media sosial di zaman sekarang, banyak orang yang suka membagikan hal-hal unik. Oleh karena itu, produk dengan kemasan yang berbeda cenderung lebih mudah dibagikan oleh banyak orang.
Tentunya hal ini akan membantu meningkatkan brand awareness terhadap produk Anda. Bahkan lebih daripada itu, jumlah penjualan akan cenderung ikut meningkat ketika produk viral di media sosial.
Ide Kemasan Unik
Melihat pentingnya kemasan bagi sebuah produk, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan kemasan yang lebih unik dan berbeda.
Berikut ini adalah beberapa ide kemasan yang unik untuk Anda jadikan inspirasi dalam pengembangan produk.
1. Kemasan Praktis & Fungsional
Ketika membicarakan tentang kemasan, maka hal pertama yang terpikirkan adalah aspek estetika. Namun biasanya ketika aspek estetika terlalu ditonjolkan, akan cenderung melupakan aspek fungsi.
Untuk menciptakan kemasan yang berbeda, maka Anda bisa memikirkan aspek fungsi dari kemasan secara lebih dalam.
Misalnya dengan membuat tutup kemasan selai sebagai pisau oles. Selain unik, hal ini juga akan mempermudah pelanggan sehingga meningkatkan pengalamannya dalam mengonsumsi produk Anda.
2. Pemilihan Material Anti Mainstream
Jika Anda perhatikan, kebanyakan kemasan produk saat ini menggunakan material yang sama, yaitu plastik. Agar kemasan produk Anda berbeda, maka bisa memilih material yang anti mainstream dalam membuatnya.
Contohnya dengan menggunakan material yang dapat didaur ulang sebagai kemasan produk. Selain unik, penggunaan material daur ulang juga bisa Anda jadikan ide jualan untuk menyasar orang-orang yang cinta terhadap lingkungan.
3. Bermain dengan Desain
Kemasan yang unik dan menarik perhatian bukan hanya tentang bentuk dan bahan pembuatnya saja. Anda juga bisa berkreasi dengan desain agar kemasan produk menjadi berbeda dari kemasan lainnya.
Contoh seperti packaging unik makanan yang akan memiliki desain gambar berbeda ketika disusun dengan berbagai posisi.
Untuk membuat desain kemasan seperti ini memang membutuhkan kreativitas yang tinggi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk meminta pendapat dari seorang desainer ataupun ilustrator untuk menghasilkan kemasan terbaik.
Contoh Kemasan Unik
Masih kebingungan dalam membuat kemasan yang unik untuk produk Anda. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa melihat beberapa contoh desain kemasan unik berikut ini untuk menjadi inspirasi.
Permudah Penjualan Bersama HiToko
Selain menggunakan kemasan yang unik dan menarik, tentunya Anda juga perlu memikirkan aspek pemasaran. Semakin banyak channel pemasaran yang Anda gunakan, maka produk Anda juga semakin banyak dilihat orang.
Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan produk omnichannel untuk memasarkan produk melalui beberapa marketplace sekaligus.
Produk omnichannel seperti HiToko akan mempermudah Anda mengelola banyak toko hanya dalam satu wadah. Dengan begitu, potensi Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan akan lebih besar.
Proses pendaftaran untuk menggunakan layanan HiToko juga sangat mudah. Apalagi Anda juga bisa melakukan registrasi gratis sehingga tidak perlu mempermasalahkan tentang biaya.
Dengan menggunakan kemasan unik pada produk serta bantuan solusi praktis HiToko, peningkatan penjualan dalam setiap bulan bukan lagi angan-angan!