Home/Tips Marketplace/Jenis-jenis Pelanggan di Marketplace yang Perlu Kamu Tahu
Total Views: 928|Daily Views: 6

Jenis-jenis Pelanggan di Marketplace yang Perlu Kamu Tahu

Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Sebagai pemilik bisnis marketplace, kamu pastinya akan berinteraksi dengan berbagai pelanggan dengan kepribadian yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui jenis-jenis pelanggan di marketplace.

Bagi kamu yang belum begitu mengetahui apa saja jenis-jenis pelanggan di marketplace, artikel ini akan memberikan informasi terkait hal tersebut yang bisa kamu identifikasikan untuk menyesuaikan pendekatan agar dapat menangani kebutuhan spesifik dengan baik.

Jenis-jenis Pelanggan di Marketplace yang Perlu Kamu Tahu

1. Pelanggan baru

Pelanggan baru pasti memiliki banyak pertanyaan segala sesuatu tentang bisnis kamu tetapi mungkin tidak selalu punya keinginan untuk bertanya. Kamu bisa mengarahkan mereka ke pusat bantuan, sehingga mereka bisa mengerti profil tokomu dengan jelas dan mulai menyukai produk dan mungkin bisa menjadi pelanggan tetap.

Kebutuhan pelanggan baru kemungkinan besar melibatkan pencarian panduan melalui masalah yang mungkin dianggap sederhana. Namun, meskipun permasalahan pelanggan jenis ini tidak terlalu rumit untuk diatasi, namun tetap penting untuk melayani mereka dengan kemampuan terbaikmu.

Jika pengalaman pelanggan baru bagus, peluang untuk menciptakan loyalitas brand akan terbuka lebar. Harus diingat, pelanggan yang dipertahankan lebih potensial daripada pelanggan baru karena mereka sudah memiliki dasar kepercayaan terhadap brand kamu.

2. Pelanggan impulsif

Jenis-jenis Pelanggan di Marketplace yang Perlu Kamu Tahu

Pelanggan jenis ini cepat membeli ketika sesuatu menarik perhatian mereka, tetapi tidak selalu yang terbaik dalam membaca cetakan kecil. Jadi, dalam situasi di mana jenis pelanggan ini mendapatkan produk yang tidak persis seperti yang mereka pikirkan, mereka mungkin juga impulsif untuk menghubungi dukungan pelanggan.

Pelanggan impulsif terkadang memiliki perhatian dukungan yang sah dan karenanya pada awalnya mereka harus didekati seperti halnya tiket lainnya.

Namun jika menjadi jelas bahwa mereka menghubungi kamu, maka inilah saatnya untuk mengarahkan mereka sesegera mungkin. Pelanggan impulsif cenderung menghubungi help center dengan memberi pertanyaan tentang penggunaan produk, garansi, sampai dengan kebijakan pengembalian, sehingga akan membantu jika kasus seperti ini terjadi.

3. Pelanggan yang marah

Entah mereka mengalami hari yang buruk atau mengalami masalah yang sama terlalu sering, kamu mau tidak mau harus berurusan dengan beberapa pelanggan yang tidak terlalu ramah. Sesulit apapun pelanggan jenis ini untuk ditangani, penting untuk diingat bahwa mereka frustrasi karena suatu alasan.

Kamu harus memiliki strategi untuk pelanggan yang marah karena dapat berdampak besar bagi bisnis. Jadi kamu bisa mengatasinya dengan baik agar tidak membuat pelanggan semakin frustrasi.

Bicaralah dengan jelas dan tenang sambil menjelaskan kepada pelanggan apa yang perlu dilakukan agar mereka keluar dari kesulitan mereka. Jika pelanggan bersikap kasar atau menyakitkan, cobalah untuk tidak mengungkitnya dan fokus terhadap kendalanya.

BACA  Cara Daftar dan Login Lazada Seller Center

Bekerja untuk meningkatkan keterampilan empati bisa sangat efektif dalam menangani pelanggan yang frustrasi. Mampu melihat situasi dari sudut pandang pelanggan mungkin memungkinkan kamu untuk membayangkan kembali cara-cara di mana kamu dapat memberikan dukungan.

Namun hanya karena pelanggan marah bukan berarti aturan tidak berlaku bagi mereka. Jangan takut untuk bertanya apakah mereka ingin berbicara dengan supervisor jika interaksi antara kamu dan pelanggan tersebut menemui jalan buntu.

4. Pelanggan yang ngotot

Jenis-jenis Pelanggan di Marketplace yang Perlu Kamu Tahu

Pelanggan jenis ini biasanya melakukan sedikit riset sebelum menyelesaikan transaksi apa pun dan mungkin telah mencoba sejumlah solusi sebelum mereka menghubungi layanan pelanggan.

Saat berhadapan dengan pelanggan yang ngotot, penting untuk memberikan bukti bahwa kamu memiliki cara yang lebih efektif untuk menyelesaikan masalah mereka. Akses mudah ke basis pengetahuan atau konten informasi lainnya dapat sangat meningkatkan penyelesaian masalah seperti ini.

Pelanggan jenis ini dapat dengan mudah berubah menjadi pelanggan yang marah jika mereka merasa informasi yang kamu berikan tidak jelas. Salah satu strategi yang dapat memberikan dorongan untuk pemasaran adalah meminta pelanggan ini untuk membagikan pengalaman mereka di halaman FAQ perusahaan.

5. Pelanggan setia

Pelanggan setia sudah pasti menjadi salah satu jenis pelanggan favorit, tetapi mereka mungkin juga mengharapkan standar layanan yang lebih tinggi.

Setelah menjadi pelanggan selama bertahun-tahun, pelanggan setia adalah kebahagiaan sebuah bisnis. Namun ada tekanan tambahan bagi tim untuk menyadari dan mampu menangani kebutuhan spesifik apa pun yang mungkin dimiliki pelanggan ini.

Karena mereka sudah memiliki preferensi untuk perusahaan, pelanggan setia dapat menjadi cara untuk mendorong pemasaran organik jika kamu dapat membuat mereka membagikan kisah mereka di media sosial.

Ini juga membantu untuk menjadi proaktif dalam hal pelanggan setia. Itu berarti mendahului masalah sebelum meningkat atau bahkan terjadi. Dan bahkan jika masalah yang mereka miliki bukan sepenuhnya kesalahan perusahaan kamu, menawarkan diskon atau hadiah loyalitas dapat menjadi cara yang bagus untuk menenangkan pelanggan setia dan meningkatkan kemungkinan mereka akan memberi tahu pelanggan potensial lainnya tentang bisnis kamu.

Demikian jenis-jenis pelanggan di marketplace yang perlu kamu ketahui. Setelah memahami jenis-jenisnya, semoga kamu bisa lebih bisa mengatasi masalah yang berkaitan dengan satu atau beberapa sifat dari pelanggan. Bagi kamu yang baru memulai bisnis, kamu bisa memanfaatkan bantuan dari layanan aplikasi HiToko. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengetahui karakter dari konsumen yang berbelanja di tokomu melalui data-data yang diberikan oleh HiToko. Registrasi gratis sekarang melalui situs resmi HiToko.

Ramadhan Banner Hitoko