Home/Strategi Marketing/Ketahui Jenis-jenis Email Marketing
Total Views: 385|Daily Views: 4

Ketahui Jenis-jenis Email Marketing

jenis-jenis email marketing

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Untuk Anda yang tengah menjalankan usaha dan berencana mengembangkannya maka strategi menggunakan email marketing bisa dilakukan. Tentunya mengetahui jenis-jenis email marketing perlu dilakukan supaya bisa menggunakannya secara tepat.

Pengertian Email Marketing

Email marketing merupakan email yang isinya merupakan email dan nantinya dikirimkan untuk pelanggan ataupun calon pelanggan yang isinya berupa pesan ataupun konten komersial. Contoh isinya bisa berupa promo, event, produk, dan lainnya.

Email tersebut dikirimkan agar bisnis dapat terhubung bersama pelanggan maupun calon pelanggan dengan lebih personal. Email ini juga berguna untuk menjaga hubungan baik bersama pelanggan sehingga konversi penjualan bisa segera ditingkatkan.

Jenis-Jenis Email Marketing

Berikut ini terdapat beberapa jenis email marketing yang bisa digunakan untuk keperluan usaha Anda dan berikut adalah informasinya.

  • Newsletter

Newsletter adalah salah satu jenis email marketing yang bisa digunakan untuk mempromosikan jasa maupun produk. Sebelum pembuatan newsletter ini pastikan jika Anda sudah menentukan tujuannya terlebih dahulu. Terdapat tiga keunggulan di dalamnya seperti berikut ini.

Isi yang informatif membuat email akan dinilai positif bagi pelanggan. Anda dapat membuat orang lain untuk mengunjungi website ataupun blog melalui link yang sudah tertera di newsletter.

Newsletter memberikan informasi terbaru terkait dengan informasi terbaru usaha seperti promo, diskon, survei, dan lainnya.

Contoh newsletter untuk penggalangan dana korban banjir maka sebaiknya ceritakan secara garis besar dimana bencana tersebut terjadi dan siapa saja yang terkena dampaknya. Setelah itu jangan lupa di akhir tulisan berikan CTA seperti “Donasi Sekarang” untuk mengajak pembaca melakukan donasi.

  • Digest Email

Jenis-jenis email marketing selanjutnya yaitu Digest Email. Ini merupakan email yang menghasilkannya yaitu mailing list elektronik. Menggunakan email tersebut maka Anda dapat menentukan periode kapan email tadi digunakan dan juga dapat membatasi penerimanya.

Email ini sangat pas dipergunakan pada sebuah pertunjukan ataupun kontes. Jadi ketika Anda menyelenggarakan kontes maka email tadi dikirimkan secara berkala kepada pelanggan yang mengikuti kontes tersebut.

Contohnya Anda buatlah email pengumuman mengenai event yang akan Anda selenggarakan. Tujuannya agar para konsumen mau datang dan ikut berpartisipasi.

  • Email Khusus

Email ini merupakan email yang dibuat sendiri yang mana artinya email tadi berdiri sendiri serta hanya mengandung sebuah informasi tertentu dan umumnya akan memakai email yang berbeda. Anda juga bisa mengirimkan email marketing memakai email pribadi dan nantinya berisikan undangan supaya bergabung pada suatu grup.

BACA  Cara Membuat Iklan Bisnis Yang Efektif dan Tepat Sasaran

Keunggulan email ini yaitu Anda bisa mengirimkan lebih banyak email marketing dan Anda dapat mengukur hasil email marketing yang telah dibuat.

Contohnya Anda membuat suatu undangan di antara para konsumen untuk mau bergabung ke grup anggota supaya nantinya berbagai macam informasi terbaru berkaitan dengan produk bisa lebih cepat didapatkan.

  • Email Follow-up

Email ini berikan konten informatif dan email ini mempunyai manfaat dalam menjaga supaya pelanggan tetap setia dengan Anda. Keunggulan email ini yaitu tersedianya informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Kelemahannya jika tidak terdapat segmentasi maka dapat membuat pelanggan menjadi lari.

Contohnya buatlah konten yang berisikan produk yang Anda miliki misal informasi terkait pentingnya kesehatan kulit. Maka buatlah konten yang menarik dan nantinya diarahkan menggunakan CTA agar pelanggan membeli produk yang Anda miliki tadi.

  • Email Sponsorship

Jenis email ini bisa dicoba ketika Anda ingin menjangkau masyarakat secara lebih luas dan pelanggan baru. Menjangkau konsumen lebih luas merupakan salah satu dari sifat-sifat penting yang wajib dimiliki wirausaha. Keunggulan email ini Anda bisa dengan lebih spesifik dalam menentukan segmen yang ingin dijangkau.

Contoh email ini Anda melakukan kerja sama dengan pihak tertentu dan memberikan informasi terkait kerja sama tadi. Tentunya dengan kerja sama dengan sponsor terkenal akan membuat publik merasa penasaran dengan apa yang ditawarkan.

  • Email Transaksional

Email ini umumnya akan keluar dikarenakan suatu tindakan tertentu yang sudah diambil sebagai pemicunya yang mana memungkinkan Anda untuk segera menyelesaikan transaksi tersebut.

Contohnya ketika Anda berbelanja di toko online dan kurang tahap pembayaran saja maka Anda akan memperoleh email rincian barang beserta harganya. Nantinya melalui email tersebut Anda diminta untuk segera menyelesaikan transaksi.

Itulah hal yang perlu Anda ketahui mengenai pengertian dan jenis-jenis email marketing yang ada. Tentunya keberadaan email tadi masih sangat efektif untuk menjangkau pelanggan dan mempertahankan pelanggan setia.

Untuk menjaga konsumen agar tetap royal tidak selalu menggunakan email marketing namun juga dengan cara memberikan pelayanan yang maksimal terutama jika Anda memiliki banyak toko online di beberapa marketplace.

Nah, HiToko dengan Omnichannel hadir sebagai salah satu solusinya. Produk Omnichannel membantu mengintegrasikan semua layanan ke satu platform saja. Sehingga Anda tidak perlu kesulitan dalam membuka banyak marketplace. Jadi tunggu apa lagi segera lakukan registrasi gratis sekarang juga.

Banner HiToko