Jangkauan Adalah: Definisi, Strategi, dan Manfaat
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Jika bisnis yang kamu bangun sudah berjalan stabil, target selanjutnya adalah memperluas jangkauan pasar. Dengan kata lain, memperbesar bisnis kamu. Jangkauan adalah luas area tertentu atau luas persebaran data. Dalam hal bisnis tentu saja area pangsa pasar yang menjadi target penjualan produk perusahaan.
Jadi, memperluas jangkauan pasar menjadi hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis semakin luas. Semakin luas jangkauan pasar bisnis kamu maka potensi meningkatnya angka penjualan semakin terbuka lebar. Bahkan brand awareness bisnis kamu akan semakin meningkat pula.
3 Strategi Memperluas Jangkauan Pasar
Lebih lanjut, agar kamu memahami lebih lanjut mengenai jangkauan adalah persebaran target pasar, sebaiknya simak berikut strategi jitu yang bisa kamu terapkan.
-
Pakai Iklan Yang Berbayar
Iklan berbayar menjadi salah satu strategi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis kamu. Misalnya kamu bisa memanfaatkan iklan Google Ads, TikTok Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan lain-lain.
Iklan tersebut merupakan cara ampuh untuk bisa menarik konsumen, sebab bisnismu sudah terjun ke dunia digital. Sehingga target pasar akan lebih mudah untuk menjangkau produk yang perusahaanmu tawarkan.
Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini mayoritas masyarakat adalah pengguna teknologi dan internet. Jika kamu masih naif dengan hal ini, maka bisnis kamu tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Justru cenderung kalah jauh dari para kompetitor yang sudah memaksimalkan strategi bisnisnya.
Jangan lupa untuk membuat konten iklan yang menarik, sehingga potensi untuk user mengabaikan iklanmu semakin kecil. Buatlah konten yang benar-benar dibuat dan didesain dengan serius.
-
Kolaborasi Dengan Brand Lain
Jangan melulu menganggap bahwa brand lain adalah kompetitor yang secara mutlak saling bersaing. Padahal melakukan kolaborasi bisa memperluas jangkauan pemasaran bisnis kamu loh, sekaligus meningkatkan brand awareness.
Sebab jangkauan adalah tujuan dari peningkatan angka penjualan yang sangat berpengaruh pada pengembangan bisnis.
Saat ini sudah banyak brand-brand besar yang melakukan kolaborasi dengan mengeluarkan produk unik yang membuat banyak orang penasaran.
Bukan tidak mungkin nantinya target pasar dari brand yang kamu ajak kolaborasi juga akan menjadi target pasar brand kamu juga.
-
Membuat Program Affiliate
Affiliate program adalah teknik pemasaran berbasis digital yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa dengan cara memanfaatkan berbagai platform internet.
Contoh dari penggunaan affiliate marketing ini adalah link referral, publisher, backlink dan lain-lain yang bisa membantu meningkatkan jangkauan pasar perusahaan.
Dari sisi pebisnis tentu saja hal ini sangat menguntungkan, karena penjualan produk akan meningkat. Kemudian orang yang melakukan registrasi dari program yang kamu buat juga bisa mendapat penghasilan tambahan.
Baca juga:
Keuntungan Menggunakan Affiliate Marketing
Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai pebisnis ketika menggunakan strategi affiliate marketing.
-
Keuntungan jangka panjang
Bagi perusahaan yang sudah memiliki channel promosi maka menerapkan strategi affiliate marketing bukanlah hal sulit. Terlebih jika dibangun secara matang serta dikenal banyak orang. Kamu hanya perlu memberitahukan mengenai program tersebut dari berbagai media promosi.
Jika penawaran yang perusahaan kamu buat menarik, sudah pasti banyak orang yang ikut bergabung menjalankan promosi bersama perusahaanmu.
Affiliate marketing juga menjadi salah satu strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness.
Cara ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang berlaku untuk jangka panjang. Sebab semakin banyak link brand kamu tersebar maka akan semakin banyak orang mengetahui informasi mengenai brand kamu.
-
Tidak Menambah Karyawan
Ketika kamu menerapkan strategi affiliate marketing maka kamu tidak harus membayarkan upah tiap bulan pada orang yang sudah memasarkan brand kamu. Kamu hanya perlu untuk membagi keuntungan penjualan produk pada mereka yang sudah berhasil menjual produk brand kamu.
Agar bisa berjalan dengan lancar, kamu harus benar-benar mempersiapkan strategi affiliate marketing dengan matang. Salah satunya berkaitan dengan kesepakatan besaran komisi yang akan didapatkan oleh para marketer per produk yang berhasil mereka jual.
Biasanya untuk pembagian komisi dibuat dalam presentasi. Dimana marketer bisa mengambil selisih keuntungan harga produk yang berhasil terjual. Sehingga antara pebisnis dan marketer sama-sama mendapatkan keuntungan.
Affiliate marketing menjadi strategi yang perlu kamu pertimbangkan sebagai pebisnis. Sebab banyak keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan ketika menerapkan strategi tersebut. Selain itu, bisa memberi peluang bagi orang-orang yang ingin mendapat penghasilan tambahan.
Jangkauan adalah tujuan strategi perusahaan untuk memperluas target pasar. Untuk mendukung pengelolaan bisnis yang baik maka kamu bisa menggunakan omnichannel.
Terlebih jika bisnismu dijalankan melalui beberapa marketplace sekaligus, sehingga kamu butuh integrasi marketplace sebagai cara memperluas jangkauan pasar. Seluruh pengelolaan bisnis dapat terintegrasi dari satu platform saja. Nah, platform omnichannel ini bisa kamu temukan di HiToko secara gratis loh.
OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga!